-->

Polsek Barumun Ringkus Bandar dan Sita 65,46 Gram

harian9 author photo


PALAS| H9
Satuan Unit Reserse Kriminal (Reskrim) Kepolisian Sektor (Polsek) Barumun Polres Padang Lawas (Palas), berhasil menangkap bandar Narkoba jenis sabu, berinisial MAH alias Ali Rotong,  (40) yang berprofesi sebagai swasta.Warga Kecamatan Hutaraja Tinggi Kabupaten Palas. Bersama seorang pria berinisial JE, (25), juga berprofesi yang sama sebagai swasta,  warga Kecamatan Hutaraja tinggi, Kabupaten Palas, Selasa,  (12/01/2021) sekira pukul 05.00 wib, ikut ditangkap karena memiliki barang haram tersebut langsung dari Tangan tersangka diduga kuat bandar narkoba jenis sabu AR.

Dengan barang bukti sebanyak 11 (sebelas) bungkus Plastik bening diduga berisikan sabu dengan berat 55,04 gram, 1 (satu) buah kotak HP i9Pro didalam kotak HP itu berisikan: 2 (dua) buah timbangan digital merek (Scale&HWH) dan uang kontan Rp. 150.000,(seratus lima puluh ribu rupiah)

Dalam penangkapan kedua orang tersebut disaksikan oleh Bripka Parmata Daulay,  Bripka Wedi Rahman Nasurion,  dan Herman Syahrial alias Nyai. 


Kapolsek Barumun AKP Miptahuddin, SE, Selasa (12/01/2021), menjelaskan tersangka MAH alias Ali Rotong ini bersama JE diringkus atas perintah dari Bapak Kapolres Palas AKBP Jarot Yusviq Andito,  S.I.K. untuk dikembangannya hasil penangkapan sebelumnya serta berawal dari informasi masyarakat tentang adanya pengedar narkoba yang sangat meresahkan warga.

"Sehingga kami langsung bergerak cepat mencari dimana keberadaan pelaku, berkat keuletan dan kegigihan petugas di lapangan, akhirnya pelaku berhasil ditangkap bersama temannya saat sedang berada di rumahnya dan langsung dilakukan penggeledahan, pelaku juga merupakan seorang yang selama ini kerap menjual dan diduga kuat jadi bandar narkotika jenis sabu,” ujar Kapolsek Barumun AKP Miptahuddin,  SE.

AR diringkus dalam bangunan rumah tepatnya dilubang sumur rumah milknya, Desa Sibodak Jae,  Kecamatan Hutaraja Tinggi, Kabupaten Palas. Selasa, (12/01/2021) sekitar jam 05.00 WIB.

Menindak Lanjuti keterangan dari tersangka yang ditangkap sebelumnya berinisial KSL alias IRUL, yang menerangkan bahwa sabu yang berada ditangannya berasal dari tersangka AR. Rotong.

Selasa. (12/012021) sekira pukul 01.30 wib,  langsung dibawah kendali Kapolsek Barumun AKP. Miptahuddin,  SE, menuju arah Desa Sibodak Jae Kecamatan  Hutaraja Tinggi, Kabupaten  Palas dan atas bantuan kepala Desa Sibodak Jae H. Ibnu Mulkan Lubis,  mendatangi bangunan rumah milik tersangka kuat yang diduga Bandar AR.

Sesampainya dilokasi rumah yang dituju tersebut, dan dikarenakan tersangka AR tidak mau membuka pintu rumahnya walaupun telah mengatakan polisi yang datang, tak mau juga membuka pintu rumahnya.  Sehingga pintu bagian depan didobrak dan terbuka milihat tersangka AR bersama temannya setelah ditanyai berinisial JE merupakan penduduk dari desa  lubuk bunut Kecamatan Hutaraja Tinggi, Kabupaten Palas, dalam keadaan posisi duduk dilantai ruang kamar tidur.

Ke 2 (keduanya) langsung ditangkap, kemudian melakukan penyisiran disekitar bangunan rumah tersebut, tepatnya dilokasi sumur rumah samping dapur Brigadir Ismail Hasibuan dan Brigadir Dusky Siregar melihat adanya sisa yang diduga sabu dipapan penutup lubang sumur,  setelah dibuka penutupnya dengan pergunakan penerangan senter, dan menyenter kedalam bagian lubang sumur alhasil dari menerangu oakau senter didalam air dilihat adanya beberapa bungkus pelastik bening diduga berisikan sabu. 

Selanjutnya tersangka AR dibawa kearah sumur tersebut, untuk menyaksikan dan dipertanyakan kepadanya siapa orang yang telah memasukkan sabu yang dimaksud kedalam lubang sumur,  tersangka AR dengan jelas mengakui bahwa dialah yg memasukkan bungkusan plastik bening berisikan sabu serta timbangan digital dimaksud kedalam sumur rumahnya. 

Setelah di duga sabu telah terangkat keatas semuanya berjumlah sebanyak 11(sebelas) bungkus dan 1(satu) buah kotak HP merek i9Pro berisakan barang barang dimaksud dan uang kontan Rp.  150.000.-( seratus lima puluh ribu rupaih) diamankan oleh petugas.

Tersangka MAH alias AR dan temannya tersangka JE, berikut barang bukti dimaksud diatas dibawa dan diamankan kekantor Polisi Polsek Barumun Polres Padang Lawas guna untuk dilakukan proses hukum yang berlaku. 

Sebelumnya,  Kapolsek Barumun Barumun AKP Miptahuddin,  SE mengatakan Seorang pria berinisial KSL alias Irul (24), warga Lingkungan II, Kelurahan Pasar Sibuhuan, Kecamatan Barumun, Kabupaten Padang Lawas (Palas). Provinsi Sumatera Utara (Sumut), ditangkap Satuan Unit Reserse Kriminal (Reskrim) Kepolisian Sektor (Polsek) Polres Padang Lawas.

“Pria yang kesehariannya diketahui berprofesi pengguran (tidak bekerja), ditangkap oleh petugas Unit Reskrim Polsek Barumun hari Senin (11/01/2021), sekira pukul 23.15 WIB, sampai selesai,  saat sedang berada di Depan rumah kos kosan yang ditempati oleh saudari berinisial L di Lingkungan VI, Kelurahan pasar Sibuhuan, Kecamatan Barumun, Kabupaten Padang lawas,” ujar Kapolres Palas AKBP Jarot Yusviq Andito, SIK, melalui Kapolsek Barumun AKP Miptahuddin, SE, Selasa (12/01/2021).
Kapolsek Barumun AKP Miptahuddin,  SE.  menjelaskan, penangkapan terhadap pria yang diduga kuat sebagai pengedar Narkotika ini berawal dari informasi  masyarakat. Senin, (11/01/2021) sekira pukul 22.30 wib,  bahwa tersangka Irul yang merupakan penduduk Lingkungan  II, Kelurahan Pasar Sibuhuan, Kecamatan Barumun, Kabupaten Palas,  orang sebagai pengedar Narkotika Gol. I (sabu) diwilayah hukum Polsek Barumun Polres Padang Lawas,.

Irul membawa Narkotika Gol. I Sabu, berangkat dari Lingkungan  II, kelurahan Pasar Sibuhuan, Kecamatan  Barumun, Kabupatwn Palas, menuju arah rumah kos kosan milik dari saudari L yang berada di Lingkungan VI, kelurahan Pasar Sibuhuan, Kecamatan Barumun, Kabupaten Padang Lawas dengan mengendarai Sepeda motor Honda Vario, lengkap dengan memakai helm dan pakai masker.

Dikatakan Kapolsek Barumun AKP Miptahuddin,  SE.,  Setelah mendapat informasi dari masyarat tersebut,  unit Reskrim Polsek Barumun melakukan penyelidikan ke bangunan rumah kos kosan milik saudari L yang berada tersebut diatas di lingkungan VI, kelurahan Pasar Sibuhuan, Kecamatan Barumun Kabupaten Palas, dimana pintu bangunan rumah kos kosan dalam keadaan terbuka.

Setelah tersangka Irul turun dari sepeda motornya, diparkirkan persis didepan pintu masuk kumudian menyembunyikan 1(satu) buah helm yang dipakainya kebawah pagar bunga depan pintu masuk,  saat itu Bripka Wedi Rahman Nasution bersama dengan Bripka Parmata Daulay langsung menangkap tersangka Irul dan Bripka Wedi Rahman Nasution mengambil 1(sstu) buah Helm tersebut yang disembunyikan tersangka Irul, lalu dibawa masuk kedalam bangunan ruang depan yang disaksikan oleh saksi L dan Herman Syahrial Nasution alias Nyai dari dalam lubang dibalik busa Helm ditemukan barang bukti berupa  1 (satu) bungkus plastik bening didalamnya diduga berisikan sabu dengan berat 10,42 gram. Dan dari Saku Celana Pendek jeans warna abu rokok bagian depan ditemukan uang kontan sebesar Rp. 800.000.-(delapan ratus Ribu rupiah).

Hasil pemeriksaan yang dilakukan oleh petugas kami terhadap tersangka KSL alias Irul dengan terus terang mengakui bahwa barang harambtersebut,  yang berada dalam busa helm adalah milik tersangka dan didapatkannya dari seorang bandar sabu AR warda dari desa sibodak jae,  kecamatan hutaraja tinggi, kabupaten Palas,  Selasa (12/01/2021), sekira pukul 5.00 WIB.

Tersangka irul bersama barang buktinya dibawa dan diamankan ke kantor Polsek Barumun guna dilakukan pemeriksaan sesuai hukum yang berlaku.  Pungkas Kapolsek Barumun.  AKP miptahuddin,  SE. (WD41)

Komentar Anda

Berita Terkini