-->

Sergai

Tingkatkan Biaya Publikasi, PWI dan KWUPS Dukung Dinas Kominfo Sergai

HARIAN9 author photo


SERDANG BEDAGAI | H9

Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Serdang Bedagai (Sergai) dan Koordinator Wartawan Unit Pemkab Sergai (KWUPS) mendukung Dinas Kominfo Sergai untuk meningkatkan biaya publikasi dan kerja sama dengan media.

Dukungan ini langsung di sampaikan ketua PWI Sergai Anwar Efendi Siregar di Sei Rampah, selasa (19/01/2021). Anwar menilai langkah Dinas Kominfo untuk menambah biaya publikasi dan kerja sama antar media itu sudah cukup tepat. 

Anggaran publikasi dan kerja sama antar media di Pemkab Sergai tergolong sangat kecil tidak sebanding dengan jumlah media yang telah terverifikasi oleh Diskominfo. Apalagi ditengah pandemi Covid-19 banyak media nasional maupun lokal yang gulung tikar lantaran krisis yang melanda diberbagai aspek.

"Dukungan Pemerintah sangat dibutuhkan. Sebab, wartawan juga sebagai pejuang yang ikut andil dalam kemerdekaan dan setelah kemerdekaan khusus sebagai pilar ke empat setelah eksekutif, yudikatif dan legislatif"ungkap Anwar. 

Begitu juga dikatakan Darmawan selaku Koordinator Wartawan Unit Pemkab Sergai terpilih juga meminta DPRD Sergai mendukung langkah Diskominfo untuk meningkatkan biaya publikasi antar media. Selain jumlah media tidak sebanding dengan jumlah anggaran, tujuan Kominfo tersebut akan mengembalikan ekonomi para jurnalis.

"Tahun ini program Pemerintah salah satunya pemulihan ekonomi pasca pandemi covid-19 jadi harus di dukung dengan anggaran, jika anggaran tidak sebanding dengan jumlah jurnalis maka jangan harap program itu juga bisa berjalan mengingat Pemerintah juga mendukung untuk membantu para media yang juga berdampak pada situasi pandemi Covid-19"ucapnya.

Terpisah Kepala Dinas Kominfo Sergai Drs. H. Akmal Koto, MSi mengatakan akan tetap berupaya untuk meningkatkan mitra kerja sama antara media dan wartawan. Sejauh ini di akui Akmal, ada sekitar 118 wartawan dengan berbagai media baik elektronik, online dan cetak telah di verifikasi legalitasnya melalui aplikasi roms.serdangbedagaikab.go.id. 

"Sebagai mitra kerja sama publikasi memang tidak sebanding dengan jumlah media dengan biaya publikasi yang hanya kisaran 500 juta pertahun," ujar Akmal. 

Dikatakan, Akmal, kerja sama dengan media melalui wartawan dengan bentuk publikasi pemberitaan itu diatur sesuai dengan masing-masing poin kepada wartawan dan medianya. 

"Anggaran untuk kerjasama dan publikasi di Dinas Kominfo saat ini tergolong kecil. Sementara media setiap tahun terus tumbuh khususnya media online,"papar Akmal Koto.

Akmal Koto akan berupaya untuk meningkatkan biaya publikasi untuk media melalui wartawannya."Kita akan berupaya yang terbaik untuk mitra kita kepada media semoga semuanya bisa terkaver dengan baik,"pungkasnya.(WD023) 

Komentar Anda

Berita Terkini