-->

Tradisi Pedang Pora Melepas Wakapolres Tapsel

harian9 author photo


TAPSEL| H9
Polres Tapanuli Selatan menggelar ppacara pedang pora melepas pejabat lama Wakapolres Tapanuli Selatan Kompol Hamonangan Hasibuan, SH, di halaman Mapokres Tapauli Selatan Jalan SM. Raja Padangsidimpuan, Senin (4/1/2021).

Upacara pedang pora dilaksankan oleh para Perwira Polres Tapanuli Selatan, dengan membentuk barisan memanjang, yang dihadapan mereka terbentang karpet merah menuju pintu gerbang keluar Mako Polres Tapanuli Selatan.

Acara diawali dengan pengalungan bunga dan jabatan tangan antara Kapolres Tapanuli Selatan AKBP. Roman Smaradhana, SH, SIK, MH beserta Ketua Bhayangkari Tapanuli Selatan Ny. Roman Smaradhana kepada Kompol Hamonangan Hasibuan, SH beserta istri, yang dilanjutkan dengan melangkahkan kaki sambil memberi hormat kepada pasukan pedang pora di bawah gapura pedang.

Rasa harupun terpancar dari wajah Kompol Hamonangan Hasibuan, SH dan istri saat berpelukan dengan Kapolres Tapanuli Selatan AKBP. Roman Smaradhana, SH, SIK, MH sembari melangkahkan kaki menaiki mobil dinas Polres Tapanuli Selatan untuk diantar menuju kediaman Kompol Hamonangan Hasibuan.

Usai prosesi pedang pora, Kapolres Tapanuli Selatan AKBP. Roman Smaradhana, SH, SIK, MH mengatakan, upacara pedang pora merupakan prosesi pelepasan pejabat kepolisian untuk menghormati perwira yang akan pindah tugas ataupun memasuki masa Purna Bhakti.

" Tradisi pedang pora dilaksanakan dalam rangka melepas tugas pejabat, dengan kata lain itu merupakan sebuah penghormatan bagi perwira yang akan meninggalkan komando ke tempat tugas yang baru dan tradisi ini sudah dilakukan sejak dulu, " katanya.

Sementara itu sebelum  pelaksanaan upacara pedang pora, di aula Pratidina Mako Polres Tapanuli Selatan, dilaksanakan acara ramah tamah pisah sambut antara Wakapolres Tapanuli Selatan yang lama Kompol Hamonangan Hasibuan, SH yang memasuki masa Purna Bhakti, dengan Wakapolres Tapanuli Selatan yang baru Kompol Rahman Takdir Harahap.

Kapolres AKBP. Roman Smaradhana Elhaj, SH,SIK,MH  menyampaikan ucapan terima kasih kepada Kompol Hamonangan Hasibuan, SH, yang telah mendukungnya selama melaksanakan tugas  di Polres Tapanuli Selatan kurang lebih 8 bulan. 

" Atas nama pribadi dan keluarga , saya memohon maaf bila selama kita bertugas terdapat kata dan perbuatan yang kurang menyenangkan. Selamat jalan kepada Kompol Hamonangan Hasibuan, semoga dapat kembali ke tengah-tengah masyarakat, " ucap Roman. (WD.014)
Komentar Anda

Berita Terkini