-->

Wujudkan Pemerintahan Bersih, Bupati Kukuhkan Tim Saber Pungli Palas

harian9 author photo




PALAS| H9
Bupati Padang Lawas (Palas), H. Ali Sutan Harahap (TSO) mengukuhkan Unit Pemberantasan Pungutan Liar (UPP) Saber Pungli Kabupaten Padang Lawas yang dilaksanakan di Pendopo Rumah Dinas Bupati Jalan KI Hajar Dewantara Sibuhuan, Kabupaten Palas, Provinsi Sumatera Utara (Sumut), Rabu (13/01/2021).

Turut hadir di acara pengukuhan Tim Saber Pungli Kabupaten Padang Lawas, Wakil Bupati Palas, drg. H. Ahmad Zarnawi Pasaribu, CHt, MM, M.Si, Ketua DPRD Kabupaten Palas, Sekdakab Palas Arpan Nasution, S.Sos, Pimpinan OPD dan Forkopimda.

Sebelum pengukuhan dilakukan penandatangan perwakilan dari pemerintah Kepala Inspektorat, Isnpektur Harjusli Fahri Siregar SSTP, pihak Kejaksaan langsung oleh Kejari Padang Lawas, Kristanti Yuni Purnawanti SH,  MH dan Kepolisian langsung oleh Kapolres Padang Lawas, AKBP Jarot Yusviq Andito. S.I.K.

Bupati Padang Lawas, H Ali Sutan Harahap secara simbolis menyematkan Pin Saber Pungli kepada Ketua Pelaksana dan Wakil Ketua I dan II yang dilanjutkan pengukuhan Tim Saber Pungli Kabupaten Padang Lawas, Ketua Pelaksana Waka Polres Padang Lawas, Kompol JW Sijabat SH, Wakil Ketua I, Harjusli Fahri Siregar SSTP dan Wakil Ketua II, Kasi Intel Kejaksaan, Husudungan Parlindungan Sidahuruk, SH, MH, bersama seluruh anggota Saber Pungli.

Bupati Padang Lawas, H Ali Sutan Harahap selaku  Dewan Pembina UPP Kabupaten Palas mengatakan, mewujudkan pemerintahan yang baik dan bersih melalui tata kelola pemerintahan yang akuntabel ditujukan dengan tertib administrasi dan bebas dari korupsi.

“Pungli bukan hanya perbuatan menyimpang yang menghambat pelayanan publik dan menjadikan ekonomi biaya tinggi. Pungli terus menggerus kepercayaan publik, “ujar Bupati Palas.

Oleh karena itu lanjut Bupati, upaya pemberantasan dan pencegahan Pungli merupakan hal yang sangat penting yang harus kita laksanakan bersama untuk mewujudkan pemerintahan yang baik dan bersih.

Ali Suta berharap sejak dibentuknya Unit Pemberatasan Pungli (UPP) di Kabupaten Palas ini tidak ada lagi Pungli, para oknum yang masih Pungli sudah harus menghentikannya yang nantinya menjadi persoalan sendiri.

Pada kesempatan itu, Bupati juga tak lupa mengingatkan kepada seluruh ASN di lingkungan pemerintah terutama yang berkaitan dengan pelayanan publik .Kalau tidak mau berurusan dengan Tim Saber Pungli jangan lakukan pungutan liar kepada masyarakat.

"Saya ingatkan, Tim Saber Pungli ini sudah memiliki Call Center sebagai tempat pengaduan masyarakat ,”tegas Ali Sutan. 

Dengan adanya UPP ini merupakan alarm bagi kita semua untuk terus evaluasi diri dan evaluasi instansi maupun lembaga tidak hanya pemerintah, Unit Pemberantasan Pungli ini juga berlaku untuk semua.

“Hindari pungli khususnya ASN, untuk lebih meningkatkan kinerja karena perhatian pemerintah sudah dilakukan melalui tambahan tunjangan penghasilan (TPP),”timpal Bupati Ali Sutan

Bupati Palas Sebelum mengakhiri sambutannya,  mengucapkan selamat bertugas kepada Tim Saber Pungli agar segera melakukan konsolidasi untuk menentukan program aksi tahun 2021.

Segera lakukan mapping dalam rangka pengawasan di tempat yang dinilai rawan. Namun rencana aksi yang baik yang bersifat preventif baru kemudian represif ,”ujar Ali Sutan.

Selain itu Bupati Palas Ali Sutan Harahap juga mengajak seluruh elemen ikut berperan dalam pemberantasan pungutan liar. Sehingga penyakit ini dapat hilang dari Kabupaten Padang Lawas. (WD41)

Komentar Anda

Berita Terkini