-->

2.800 Vaksin Covid-19 Sinovac di Terima Bupati Palas

HARIAN9 author photo


PALAS| H9
Bupati Padang Lawas (Palas) H. Ali Sutan Harahap (TSO) bersama Kapolres Padang Lawas AKBP Jarot Yusviq Andito, S.I.K dan Plt Kadis Kesehatan dr. Ummi Sahara Matondang menerima kedatangan vaksin Covid -19 Sinovac di pendopo rumah dinas Bupati Jalan Ki Hajar Dewantara Sibuhuan, Selasa (2/2/2021), kemarin.

Serah terima vaksin Sinovac Covid -19  yang dibawa tim gabungan Polres Padanglawas dan Dinkes Padang Lawas dari Medan di pendopo rumah dinas Bupati, terlihat hadir antara lain Anggota Dewan H. Fahmi Anwar Nasution, Wakapolres Kompol JW Sijabat, SH, Sekda Arpan Nasution, Kanit Laka Iptu Irmanto, Kasat Sabhara AKP M.Husni Yusuf dan sejumlah pimpinan OPD serta tenaga kesehatan dari Dinkes Palas.

Dalam penerimaan vaksin tersebut yang dikawal oleh beberapa kendaraan penjemputan vaksin diantaranya mobil dinas kepolisian dan mobil dinas Kesehatan Padanglawas.

Bupati Palas H. Ali Sutan Harahap mengatakan, vaksin Sinovac yang diterima dalam keadaan baik dan akan ditempatkan sesuai ketentuan yang berlaku.

“Vaksin telah kita terima pada hari ini dan akan ditempatkan sesuai dengan ketentuan di gudang Farmasi  Kabupaten Padanglawas .Dengan ketersedian  vaksin Sinovac  Covid-19, sudah siap untuk pelaksanaan vaksinisasi,” tegas Bupati Ali Sutan.

Sementara itu, Kapolres Padang Lawas AKBP Jarot Yusviq Andito, SIK menegaskan, vaksin ini akan dijaga dengan sangat ketat, karena dikhawatirkan nantinya terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, oleh karena itu pihak keamanan akan berjaga dengan sangat ekstra.

Kapolres Palas menambahkan, kegiatan proses  penjemputan vaksin Covid-19 dari Medan berjalan baik berkat kerjasama antara Pemerintah Kabupaten Palas  bersama dengan Polri dan TNI serta unsur Forkopimda.

Sebelumnya, Plt Kadis Kesehatan Kabupaten Padanglawas dr. Ummi Sahara Matondang mengatakan, vaksin yang diterima dari Dinas Provinsi Sumut telah tiba dengan aman di daerah Kabupaten Palas.

Dimana, rincian vaksin CoronaVac (Sinovac). 2.800 Vial, Alkohol Swab. 28 box, dan ADS 0.5 ml (Oneject). 2.800 Pcs serta Safety Box. 25 Pcs.

Dikatakan dr. Ummi, vaksinasi akan diutamakan kepada 1.389 tenaga kesehatan dan sejumlah unsur Forkopimda. Begitu juga ASN yang bekerja dan berintraksi langsung melayani masyarakat umum.

“Dari 2.800 Vial vaksin Sinovac Covid -19 tersebut ,akan dilakukan penyuntikan pertama kepada 1.398 tenaga kesehatan. Setelah suntikan pertama dilaksankan,  berselang seminggu kedepan kembali dilakukan penyuntikan ulang kedua ,” terang Plt Kadis Kesehatan.

Selain itu Kata Ummi, untuk pelaksanaan vaksinasi akan dilaksanakan minggu depan dengan tim vaksinator yang telah disiapkan sebanyak 275 orang tersebar di 16 Puskesmas yang ada di Palas.

“Jadwalnya belum ditentukan. Namun yang pasti akan dilaksanakan minggu depan,” tandasnya.

Mengakhiri rangkaian penerimaan vaksin tersebut, Dinas Kesehatan melakukan pemeriksaan terhadap seluruh kelengkapan vaksin yang baru tiba di Kabupaten Padangl Lawas. (WD41)


Komentar Anda

Berita Terkini