-->

BPJamsostek: Jumlah Kecelakaan Kerja di Sumut Menurun

HARIAN9 author photo


MEDAN| H9
Jumlah Kecelakaan kerja di Sumatera Utara dalam beberapa tahun terakhir mengalami penurunan. Hal ini terungkap dalam acara penutupan Bulan K3 (Kecelakaan, Kesehatan dan Kerja) di Kantor BPJS Ketenagakerjaan di Medan, Kamis, (11/12/2021).

Deputi Direktur Wilayah BPJS Ketenagakerjaan Sumatera Bagian Utara, Panji Wibisana mengatakan penurunan ini disebabkan budaya K3 sudah berjalan baik di Sumut.

"APINDO dan stake holder selalu mendengungkan pelaksanaan K3 dan menjadikan masyarakat berbudaya K3" kata Panji Wibisana.

Dia mengatakan pihaknya sekarang mendengungkan slogan 'Saya pilih sehat dan selamat' agar pekerja dapat meningkatkan produktifitas kerja di perusahaan masing masing.

Panji mengatakan budaya K3 bisa meningkatkan produktifitas kerja pekerja karena minim kecelakaan di tempat kerja.

Untuk itu dia berharap perusahan terus memperhatikan kesejahteraan pekerjanya dengan menjadi mitra dengan BPJS Ketenagakerjaan.Kendati demikian, bila ada kecelakaan, pihak selalu memberikan terbaik kepada pekerja agar bisa bekerja kembali.

Kepala Dinas Ketenagakerjaan Provinsi Sumatera Utara, Baharuddin Siagian mengatakan pihaknya berharap K3 di Sumut bisa nihil.

"Agar Sumut bisa jadi contoh," katanya.

Kendati pelaksanaannya saat ini belum sempurna Baharuddin mengatakan pihaknya selalu melakukan pembinaan KE di perushaan besar dan sedang.

Selain itu pihaknya selalu melakukan kerja sama dengan APINDO dan BPJS Ketenagakerjaan memenuhi hak hak pekerja seperti gaji dan uang lembur serta perlindungan tenaga kerja.

Teti, Perwakilan APINDO Sumut mengatakan pihaknya terus mendengungkan budaya K3 ke perusahan perusahaan di Sumut.

"Kita terus mendengungkan K3, kenapa, karena walau sudah di tanggung BPJS Ketenagakerjaan tetapi bila terjadi kecelakaan kerja perusahan akan menjadi prihatin." Katanya.

Misalnya seperti kemarin ada kecelakaan kerja sampai harus menggunakan tangan bionik, tapi secara psikis tidak seperti sedia kala tutupnya.(PP04)

Komentar Anda

Berita Terkini