-->

Bupati Paluta Disuntik Vaksin Covid-19 Dosis Kedua

HARIAN9 author photo


PALUTA|H9
Bupati Padang Lawas Utara (Paluta) Andar Amin Harahap SSTP MSi kembali menjadi orang pertama yang divaksinasi Covid-19 dosis kedua, Selasa (23/02).

Vaksinasi dosis kedua ini juga diberikan kepada 10 orang pejabat esensial dilingkungan kabupaten Paluta diantaranya, Pabung Paluta Kodim 0212 TS, DPRD dan sejumlah pimpinan OPD Kabupaten Paluta.

Bupati Paluta Andar Amin Harahap SSTP MSi mengatakan vaksinasi dosis kedua ini merupakan kelanjutan dari vaksinasi dosis pertama yang dilakukan setelah 14 hari penyuntikan dosis pertama.

Ia menghimbau masyarakat untuk tidak takut di vaksin, vaksin ini salah satu cara atau ikhtiar kita untuk mencegah penyebaran virus covid 19 tersebut. Bahkan menurut dia dengan divaksin badan jauh lebih sehat.

”Alhamdulillah, saya hari ini telah divaksin covid 19 dosis ke 2 bersama Forkompida dan sejumlah OPD,” katanya.

Dikatakannya, dari vaksinasi dosis pertama hingga dosis kedua hari ini, dirinya dan bersama pejabat esensial yang menerima vaksin mengatakan tidak merasakan efek atau gejala apapun yang mengkhawatirkan.

Hal ini membuktikan bahwa vaksin Covid-19 tersebut aman untuk tubuh sebagai langkah pemerintah untuk melindungi masyarakat dari pandemi Covid-19.

“Ini membuktikan bahwa vaksin ini aman untuk kita dan kami berharap nantinya masyarakat tidak takut untuk menerima vaksinasi dan ikut mensukseskan vaksinasi Covid-19 serta tetap mematuhi protokol kesehatan,” tegasnya.

Senada, Kepala Dinas Kesehatan kabupaten Paluta dr Sri Prihatin Harahap MKes menyebutkan bahwa pemberian vaksin kedua kali ini memberi kesempatan sistem imun tubuh untuk memproduksi lebih banyak antibodi dan juga memberi tubuh pasokan sel memori yang kuat terhadap suatu virus agar tubuh memiliki ingatan yang cukup kuat dan lama untuk melawan terhadap virus tersebut.

Ia menyebutkan, vaksin ini tidak akan secara total melindungi tubuh, tetapi setidaknya membantu kita untuk memberikan perlindungan imun kekebalan pada kita. 

“Sekalipun kita sudah divaksin, protokol kesehatan harus tetap dilaksanakan,” ujarnya.

Sebab katanya, salah satu jalan terbaik mengatasi persebaran virus Corona adalah merubah perilaku kita sehari-hari dengan tetap mematuhi protokol kesehatan yang dianjurkan pemerintah antara lain memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menghindari kerumunan dan mengurangi mobilitas.

Ia juga menyebutkan bahwa vaksinasi Covid-19 untuk tenaga kesehatan di kabupaten Paluta untuk dosis pertama sudah mencapai 99 persen dan saat ini sudah mulai dilaksanakan vaksinasi Covid-19 untuk dosis kedua bagi Nakes yang divaksin dosis pertama.

“Pemerintah memberikan vaksinasi kepada kita semuanya dan harapan kita semuanya dan kita manfaatkan sebaik-baiknya dalam rangka menyempurnakan, melengkapi protokol kesehatan yang sudah kita laksanakan semuanya,” pungkasnya.(WD-009)

Komentar Anda

Berita Terkini