-->

Sergai

Drs. Parulian Nasution, MM, Jabat Plh. Bupati Tapsel

HARIAN9 author photo


TAPSEL| H9
Drs. Parulian Nasution, MM, Jabat Plh. Bupati Tapsel resmi menjabat sebagai
Pelaksana Harian (Plh) Bupati Tapanuli Selatan (Tapsel), terhitung sejak Kamis (18/2/2021) sampai dengan dilantiknya Bupati dan Wakil Bupati Tapsel yang definitif, menggantikan H.Syahrul M Pasaribu, SH yang mengakhiri masa jabatan 2 periode (10 tahun).

Penugasan Drs. Parulian Nasution, MM, sebagai Plh. Bupati Tapsel, tertuang dalam radiogram Gubernur Sumatera Utara Nomor 131/1403/2021 tertanggal 16 Februari 2021, ditandatangani Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi.

Kabag Humasy Pemkab Tapsel Isnut Siregar, S.Sos mengatakan Drs. Parulian Nasution, MM yang saat ini juga menjabat sebagai Sekretaris Daerah Kabupaten (Sekdakab) Tapsel, setelah berakhirnya masa jabatan Bupati dan Wakil Bupati Tapsel periode 2016-2021, Syahrul M. Pasaribu dan Aswin Efendi Siregar, pada Rabu (17/2/2021). 

" Penugasan Plh. Bupati Tapsel itu tertuang dalam radiogram Gubernur Sumatera Utara Nomor 131/1403/2021 tertanggal 16 Februari 2021, sebagai tindaklanjut Gubsu terhadap surat Dirjen Otonomi Daerah Kementerian Dalam Negeri tentang Kabupaten/Kota yang masa jabatan Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah nya berakhir pada 17 Februari 2021,," ujar Isnut.

Disebutkannya Sekretaris Daerah ditugaskan menjadi Plh. Kepala Daerah, merupakan amanah dari Pasal 131 ayat (4) Peraturan Pemerintah (PP) No.49 tahun 2008 tentang Perubahan Ketiga atas PP No.6 tahun 2005 tentang Pemilihan, Pengesahan, Pengangkatan dan Pemberhentian Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah. 

" Plh. Kepala Daerah bertugas melaksanakan tugas rutin pemerintahan. Hal-hal berkaitan dengan pengambilan kebijakan yang sifatnya strategis dalam aspek keuangan, kelembagaan, personel, perizinan dan kebijakan strategis lainnya, dapat dilaksanakan setelah mendapat izin Gubsu. Kemudian dalam penyelenggaraan wewenang dan kewajiban Bupati/Wali Kota yang bersifat strategis, dapat dilaksanakan setelah terlebih dahulu berkoordinasi, melaporkan dan mempertanggungjawabkannya kepada Gubsu, " katanya.

Terpisah, Plh. Bupati Tapsel, Drs. Parulian Nasution menyatakan siap mengemban amanah. Tugas-tugas Plh. Bupati akan dijalankannya dengan sebaik mungkin dan tidak akan mengecewakan Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi. Karena, dengan bermodalkan pengetahuan dan pengalaman yang didapatnya selama kepemimpinan Bupati Tapsel Syahrul M. Pasaribu, dipastikan roda pemerintahan dan program pembangunan akan berjalan sebagaimana biasanya.

" Insya Allah selama masa penugasan sebagai Plh. Bupati Tapsel ini, kita akan jalankan program pemerintahan daerah dengan sebaik mungkin. Ini amanah yang wajib untuk dipertanggungjawabkan di dunia dan akhirat. Plh. Bupati bertugas mengisi dan menjalankan tugas kepala daerah, mulai berakhirnya masa jabatan Bupati lama sampai dilantiknya bupati baru. Insya Allah pemerintahan yang kita serahkan ke bupati baru nantinya dalam kondisi yang baik. Tolong bantu saya, "  kata Parulian Nasution. (WD.014)   

Komentar Anda

Berita Terkini