-->

Genap Setahun, Program Sinergi Puspa Binjai Segera Dirampungkan

HARIAN9 author photo

BINJAI| H9
Tak terasa sudah setahun Forum Partisipasi Publik Untuk Kesejahteraan Perempuan dan Anak (Puspa) Wilayah Binjai berdiri. Dimana pada tanggal 3 Februari 2020 yang lalu Puspa Binjai di resmikan langsung oleh Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Wilayah Sumatera Utara sebagai mitra.


Ketua Puspa Binjai, Sugi Hartaty, SE mengatakan program sinergi yang saat ini sedang dirampungkan adalah pendataan manual atau door to door untuk memvalidasi jumlah anak berdasarkan gender, pernikahan dini, anak putus sekolah dan hak sipil anak.

"Kenapa harus di mulai dengan data? tentunya agar dalam solusi yang kita ambil FK Puspa bersama kelurahan mendorong percepatan solusi tiap temuan yang terjadi di lapangan dan datanya sudah terintegrasi semua sehingga kami akan berkoordinasi dgn beberapa SKPD yang terkait," katanya, Kamis (4/2/2021).

Sebelumnya Puspa Binjai telah membantu membedah rumah Fitri yang dahulu tinggal di kandang kambing sekarang sudah mendapatkan rumah yang lebih layak.

"Juga berbagai pendampingan dan penyelesaian juga telah dilakukan, baik untuk masalah KDRT, kejahatan seksual pada anak, kekerasan anak, dan yang teranyar yang masih dalam proses adalah program kelurahan cengkeh turi menuju Dakela (Desa Kelurahan Layak Anak), Puspa akan menjadi pilot project dalam pelaksanaannya nanti," ujarnya.

Setelah semua yang dilakukan selama ini, tentunya Ketua Puspa Binjai sangat berterima kasih dengan dukungan semua pihak yang membantu terlaksananya semua program yang sudah berjalan karena semua anggaran yang dilakukan masih dengan biaya swadaya Puspa Binjai sendiri.

"Melalui ini kami sampaikan agar anggaran anggaran untuk kegiatan SDM perempuan dan anak bisa jadi prioritas untuk mempermudah kerja dan goals yang sudah kita ikrarkan bersama," ujarnya.

Sekali lagi semoga FK Puspa Binjai bisa menjadi jembatan dalam pembangunan SDM perempuan dan anak di kota Binjai menuju Binjai kota layak anak. (PR01)
Komentar Anda

Berita Terkini