-->

Karang Taruna Kabupaten Paluta Gelar Temu Karya Daerah Ke II

HARIAN9 author photo


PALUTA|H9
Bupati Padang Lawas Utara (Paluta) Andar Amin Harahap SSTP MSi membuka langsung acara Temu Karya Daerah (TKD) II Karang Taruna Kabupaten Paluta yang digelar di aula hotel Sapadia, Paranginan, Gunungtua, Rabu (24/02).

Pelaksanaan TKD ke II Karang Taruna kabupaten Paluta tersebut menghasilkan keputusan secara aklamasi untuk memilih Mula Rotua Siregar sebagai ketua Karang

Taruna Kabupaten Paluta periode 2021-2026.

Turut hadir ketua Karang Taruna Provinsi Sumatera Utara Dedi Darmawan beserta rombongan, ketua DPRD Paluta Mukhlis Harahap, pimpinan OPD Kabupaten Paluta, Camat se kabupaten Paluta, OKP/Ormas, TNI/Polri, pengurus Karang Taruna Kabupaten dan kecamatan se kabupaten Paluta beserta undangan lainnya.

Ketua Panitia TKD Ke II Karang Taruna Kabupaten Paluta Machmud Pratama Harahap diwakili Sekretaris panitia Adehotma Harahap dalam laporannya menyampaikan bahwa Karang Taruna adalah organisasi sosial sebagai wadah dan sarana pengembangan setiap anggota masyarakat yang tumbuh dan berkembang atas dasar kesadaran dan tanggung jawab sosial dari, oleh dan untuk masyarakat terutama generasi muda diwilayah desa/kelurahan yang bergerak dibidang usaha kesejahteraan sosial.

Lanjutnya, tujuan digelarnya TKD II ini selain untuk memilih kembali Ketua dan Pengurus Karang Taruna Kabupaten Paluta yang baru, juga sebagai langkah untuk meningkatkan kinerja yang mampu bersinergi dengan pemerintah melalui ide-ide dan kreatifitas yang membangun.

“Langkah dan upaya peningkatan kinerja sesuai tema yang kita angkat yakni ‘Pemuda bekerja, Karang Taruna berkarya, Paluta sejahtera’,

Bupati Paluta Andar Amin Harahap SSTP MSi selaku Pembina Karang Taruna Kabupaten Paluta dalam sambutannya menyampaikan Karang Taruna harus menjadi organisasi pemuda terdepan sekaligus motor penggerak. Sebab menurutnya, karang taruna adalah satu-satunya organisasi sosial pemuda yang memiliki struktur hingga desa, dan semoga Karang Taruna bisa menjadi contoh bagi organisasi pemuda lainnya.

Menurutnya, Karang Taruna sebagai tempat berhimpunnya para pemuda senantiasa meningkatkan dan menguatkan fungsi kelembagaan dan perannya dalam masyarakat, serta diharapkan mampu menjaga nilai-nilai kearifan lokal yang dimiliki dan menjadi sentral untuk mempercepat pembangunan. 

“Karang Taruna harus terlibat aktif dalam setiap fase pembangunan mulai dari tahap perencanaan, pelaksanaan, maupun pengawasan,” imbuhnya.

Selain itu, sambungnya, Karang Taruna harus mampu menunjukan perannya dan tegas memposisikan dirinya, dimana Karang Taruna harus tampil sebagai mediator dan fasilitator untuk membawa aspirasi pemuda kepada pemerintah sekaligus menjadi mitra pemerintahan desa dalam menjalankan berbagai program pembangunan, terutama dalam hal pengentasan kesenjangan sosial masyarakat.

“Selamat melaksanakan Temu Karya, dan siapapun nanti yang diberikan amanah untuk jadi pemimpin serta pengurus Karang Taruna kabupaten Paluta, semoga amanah dan mampu membangun kreatifitas dalam mendukung laju pembangunan di daerah kabupaten Paluta,” ucapnya.

Ketua Karang Taruna Sumut Dedi Darmawan dalam sambutannya mengucapkan apresiasi dan terima kasih kepada Karang Taruna Kabupaten Paluta  yang telah melaksanakan TKD Ke II Kabupaten Paluta.

Ia juga menjelaskan bahwa Karang Taruna ini merupakan organisasi besar serta wadah pemuda pemudi untuk bersosial, guna kepentingan masyarakat banyak dengan tetap bersinergi bersama pemerintah dalam mendukung program-program yang dijalankan pemerintah terutama dibidang sosial.

“Karang Taruna itu organisasi besar yang harus bersinergi dengan pemerintah dan mendukung prigram pemerintah terutama dibidang sosial dalam memajukan daerah,” ujarnya.

Karena itu, ia berharap kepada ketua terpilih untuk terus berkoordinasi dan bersinergi dengan pemerintah agar program kerja Karang Taruna dapat sejalan dengan program kerja pemerintah daerah setempat.

Sementara itu, ketua terpilih Mula Rotua Siregar dalam pidatonya mengucapkan terima kasih kepada jajaran pengurus Karang Taruna kabupaten dan kecamatan di seluruh wilayah kabupaten Paluta yang sudah memberikan amanah dan kepercayaan kepada dirinya untuk memimpin Karang Taruna kabupaten Paluta 5 tahun kedepan.

“Terima kasih kepada seluruh keluarga besar Karang Taruna kabupaten Paluta baik dari kecamatan yang sudah memberikan kepercayaan kepada saya untuk memimpin Karang Taruna 5 tahun kedepan,” ucapnya.

Dikatakannya, setelah temu karya ini akan segera dilakukan penyusunan pengurus serta rapat kerja Karang Taruna untuk membahas program kerja yang selaras dan bersinergi dengan program kerja pemerintah kabupaten Paluta.

Dirinya berharap, seluruh pengurus dan kader karang taruna yang sudah memberikan amanah ini kepadanya agar dapat mendampingi dan membantu dirinya untuk menjalankan roda organisasi Karang Taruna kabupaten Paluta kedepannya.

Pantauan, kegiatan temu karya diikuti oleh seluruh pengurus Karang Taruna dari 12 Kecamatan yang ada di wilayah kabupaten Paluta dengan menerapkan protokol kesehatan yang dianjurkan pemerintah.(WD-009)

Komentar Anda

Berita Terkini