-->

KUA Kejuruan Muda Laksanakan Tes Uji Mampu Baca Al Qur'an

HARIAN9 author photo


ACEH TAMIANG| H9
Dalam rangka pemilihan Datok Penghulu (Kepala Desa-red) di  Kecamatan Kejuruan Muda, Kantor Urusan Agama (KUA) laksanakan uji mampu baca Al Qur'an, kegiatan berlangsung di Aula setempat pada rabu (17/02/2021). 

Di sela-sela kegiatan uji tes baca Al Qur'an, Suharno, SAg kepala KUA Kejuruan Muda menyampaikan, ada sekitar empat Kampung yang akan melaksanakan pesta Demokrasi pemilihan kepala Desa yaitu, Pangkalan, Tanjung Mancang, Kampung Jawa dan Karang Jadi,"jelasnya.

"Berdasarkan surat dari Camat Kejuruan Muda tertanggal (05/02/2021) bahwa KUA diminta untuk memfasilitasi pelaksanaan uji mampu baca Al Qur'an untuk calon Datuk penghulu keempat Desa tersebut. 

"Selanjutnya KUA Kejuruan Muda membentuk tim penilai diantaranya   Suharno, SAg Kepala KUA Kejuruan Muda, Anwar, SE staf KUA, Drs. Abdul Manaf Penghulu KUA, Amrul Amani, Spd.I MPU perwakilan Kecamatan Kejuruan Muda, Ainul Mardiah SAg, Penyuluh agama ahli madya, Sariyanto, S.Sos Da'i Kecamatan Kejuruan Muda

"Sedangkan untuk calon Datok Penghulu dari Kampung Pangkalan terdiri dari Erlina, Tengku Dedy Wijaya, Agustina Sari dan dari Kampung Karang Jadi yaitu Suriyanto, Asri Mansyur, Yusli, Wagiran, Surip, Suyanto, Irawan. 

Lebih lanjut Suharno menambahkan, untuk teknis penilaian yang pertama adalah Tajwid nilainya 40, fashahah nilainya 40 dan yang ketiga adab membaca Al-Qur'an dengan nilai 20, jadi totalnya 100,"terangnya.

"Sedangkan untuk acuan mampu membaca Al-Qur'an yaitu, angka 0 sampai dengan 59 adalah kurang atau tidak lulus, 60 sampai 75 masuk kategori cukup dinyatakan lulus, 76 sampai 85 termasuk baik dan lulus, 86 sampai dengan 100 baik sekali serta lulus memuaskan,"tegas Suharno sembari menyatakan, semoga pelaksanaan uji baca Al Qur'an dapat berjalan lancar. (WD-013). 

Komentar Anda

Berita Terkini