-->

Masyarakat Desa Sei Tualang Lakukan Orasi Soal PT ST

HARIAN9 author photo


LANGKAT| H9
Memasuki hari 8 masyarakat Desa Sei Tualang Kecamatan Brandan Barat Kabupaten Langkat tetap bertahan melakukan orasi di lokasi jalan Desa Sei Tualang yang sudah di sediakan tenda dan dapur umum.

Menurut  Syamsiah warga Dusun I(Satu) Desa Sei Tualang membeberkan kepada kru H9, Senin(8/2/21) sekira pukul 17.30 Wib tentang beberapa hal menyangkut keberadaan Hak Guna Usaha( HGU)   yang sudah hampir 40 tahun berdiri tanpa memberikan manfaat bagi warga Desa Sei Tualang.

Lebih lanjut Syamsiah menjelaskan masyarakat Desa Sei Tualang tetap bertahan sampai tuntutan masyarakat di kabulkan .Semua berkas sudah kami siapkan untuk kepentingan hukum apabila di perlukan.

Dengan berapi api Syamsiah juga menegaskan Demo dan orasi yang kami lakukan tidak ada kepentingan  Politik dan tidak ada pesan sponsor, ini murni aspirasi dari seluruh masyarakat Desa Sei Tualang. 

HGU PT ST sudah berakhir  tahun 2019 namun pihak Perusahaan perkebunan sawit tersebut memperpanjang HGU tanpa sepengetahuan warga Desa dan Kepala Desa Sei Tualang,beber Syamsiah.

Selesai orasi masyarakat melakukan doa dan bubar dengan tertib menuju ke tenda yang berada di samping kantor Koramil 18 Brandan Barat

Hasil pantauan tim Kru H9 di sepanjang jalan lintas Sumatera Dusun III Desa Sei Tualang terpasang beberapa  spanduk yang berisi tuntutan masyarakat seperti HGU melanggar semangat kemerdekaan bangsa Indonesia dan banyak menjadikan masyarakat budak perkebunan. PT.Sri Timur kembalikan tanah kami agar kami bisa hidup layak.Sedangkan spanduk yang  paling  menarik terdapat  nama Presiden Jokowi, Gubernur dan Bupati dengan kalimat yang sangat menyentuh Pak Jokowi tolong kami warga Desa Sei Tualang kami tidak mau Desa kami ada HGU, kami tidak mau hidup tertindas  oleh kapitalis penjajah gaya baru, segera cabut HGU PT Sri Timur dan kembalikan tanah kami yang dirampas oleh perkebunan( WD.042)
Komentar Anda

Berita Terkini