-->

Pemkab Paluta Gelar Simulasi Vaksinasi Covid-19

HARIAN9 author photo


PALUTA| H9
Satuan Tugas Penanganan Covid-19 kabupaten Padang Lawas Utara (Paluta) melakukan simulasi vaksinasi Covid-19 di aula rapat Bupati Paluta, Senin (8/9).

Simulasi vaksinasi Covid-19 dihadiri oleh Bupati Paluta Andar Amin Harahap SSTP MSi yang juga ketua Satgas Penanganan Covid-19, Kajari Paluta Andri Kurniawan SH MH, Kakan Kemenag Paluta Permohonan Siregar, Sekdakab Paluta H Burhan Harahap, Kadis Kesehatan Paluta dr Sri Prihatin Harahap MKes, Danramil 05 PB Kapten Misran Edi Dalimunthe, sejumlah pimpinan OPD, MUI Paluta beserta petugas Nakes yang bertugas untuk melakukan vaksinasi.

Kepala Dinas Kesehatan Paluta dr Sri Prihatin Harahap MKes menyebutkan simulasi vaksinasi ini merupakan persiapan untuk pelaksanaan vaksinasi yang dijadwalkan pada 09 Februari mendatang.

Dikatakannya, dalam simulasi tersebut dilakukan pemeriksaan kesehatan kepada peserta yang akan mengikuti vaksinasi nantinya yakni dari kalangan pejabat esensial dilingkungan Pemkab Paluta.

“Simulasi untuk persiapan pelaksanaan vaksinasi besok kepada pejabat esensial Pemkab Paluta,” ujarnya kepada awak media, Senin (08/02).

Ia menjelaskan, ada 4 meja yang akan dilalui peserta vaksinasi yakni pada meja pertama peserta melakukan pendaftaran dengan menunjukkan e-ticket dan identitas diri. Selanjutnya peserta menuju meja kedua yakni meja format skrining diman petugas kesehatan melakukan anamnesa dan pemeriksaan fisik sederhana untuk melihat kondisi kesehatan dan mengidentifikasi penyakit penyerta (komorbid) dan jika peserta sehat, maka vaksinasi dapat dilanjutkan.

Kemudian, dimeja ketiga calon penerima vaksin langsung diberikan vaksin Covid-19 secara aman oleh petugas vaksinasi. Dan selanjutnya di meja ke empat yakni meja pencatatan dan observasi petugas mencatat hasil pelayanan vaksinasi dan penerima vaksin di observasi selama 30 menit untuk memonitor kemungkinan KIPI dan penerima vaksin diberikan kartu atau berkas vaksinasi.

“Jadi calon penerima vaksin diperiksa kondisi kesehatannya terlebih dahulu antara lain tegangan darah, kadar gula darah serta apakah ada penyakit penyerta pada calon penerima vaksin,” terangnya.

Kepala Dinkes Paluta dr Sri Prihatin juga menyebutkan bahwa pelaksanaan vaksinasi dijadwalkan akan dimulai pada 09 Februari dan orang pertama penerima vaksin Covid-19 dikabupaten Paluta nantinya adalah Bupati Paluta Andar Amin Harahap SSTP MSi.

Pantauan, Bupati Paluta Andar Amin Harahap SSTP MSi bersama sejumlah pejabat esensial lingkup Pemkab Paluta menjalani pemeriksaan kondisi kesehatan dan prosedur lainnya pada simulasi vaksinasi Covid-19 di aula rapat Bupati Paluta.(WD-009)

Komentar Anda

Berita Terkini