-->

Penataan Pedagang K5 Prioritas Usulan Musrenbang Kecamatan Padangsidimpuan Utara

HARIAN9 author photo


PADANGSIDIMPUAN|H9
Program pembangunan fisik dan penataan pedagang Kaki Lima (K5) jadi prioritas mendominasi usulan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Tahun 2022 tingkat Kecamatan Padangsidimpuan Utara yang berlangsung di aula Kantor Camat Padangsidimpuan Utara Kota Padangsidimpuan, Rabu (17/2/2021).

Musrenbang Kecamatan Padangsidimpuan Utara yang mengusung tema 'Perwujudan Padangsidimpuan Sejahtera', dilaksanakan dengan mematuhi Protokol Kesejatan (Prokes) Covid-19, diikuti Lurah, Kepala Lingkungan dan pemangku kepentingan lainnya, dibuka Walikota Padangsidimpuan Irsan Efendi Nasution, SH, dihadiri Wakil Ketua DPRD Rusydi Nasution, anggota DPRD dari Dapil Padangsidimpuan Utara, Staf Ahli Walikota, para Asisten, pimpinan OPD, Forkopimcam dan undangan lainnya.

Dalam sambutannya Walikota Padangsidimpuan Irsan Efendi Nasution, SH, berharap agar Musrenbang yang digelar ini tetap mengacu kepada tata cara evaluasi rancangan peraturan daerah tentang RPJPD dan RPJMD, dimana dalam proses penyusunan dokumen perencanaan, wajib mengikut sertakan seluruh komponen masyarakat yang ada. 

" Saya mengapresiasi penyajian perencanaan di Kecamatan Padangsidimpuan Utara sudah mengadoosi Sistem Informasi Pemerintah Daerah (SIPD) dan Musrenbang Kecamatan ini merupakan rangkaian panjang dari siklus perencanaan pembangunan  guna memotret usulan pembangunan dari masyarakat yang saat ini tersaji dalam SIPD, " ujar Walikota.

Dijelaskan, rencana pembangunan tidak semua dapat terakomodasi atau terealisasi setiap tahun nya, ada skala prioritas dan kemampuan keuangan daerah dan dengan SIPD ini, seluruh usulan tersimpan dalam database dan kepada mitra kami anggota DPRD yang hadir, diharapkan agar usulan rencana pembangunan dari masyarakat kiranya menjadi pertimbangan dalam pokok pikiran anggota dewan.

" Ke depan agar terus ada perbaikan dari tahun ke tahun. Artinya kedepan akan lebih baik dari hari ini dan usulan yang disampaikan diharapkan merupakan program prioritas yang selaras dengan visi misi Walikota dalam membangun Kota Padangsidimpuan, " ucapnya.

Walikota juga menekankan, dalam Musrenbang tersebut pihaknya tetap menyoroti agar usulan penting dari tingkat masyarakat tetap menjadi prioritas utama dan didahulukan. "Jadi usulan yang menjadi kebutuhan masyarakat sebagai program prioritas. Bukan sekedar keinginan saja, " paparnya.

Wakil Ketua DPRD Rusydi Nasution, menyampaikan, dengan keikutsertaan semua stakeholder yang ada, akan melahirkan komitmen bersama bagi pemangku kebijakan dalam mencapai tujuan Musrenbang yang berkualitas, efektif, efesien, transparan, dan akuntabel.

Menurutnya  Musrenbang ini guna menyerap aspirasi khususnya di tingkat Kecamatan dan pelaksanaan Musrenbang di tingkat Kecamatan adalah untuk memfasilitasi dan menyampaikan aspirasi masyarakat di tingkat Kecamatan, khususnya di Kecamatan Padangsidimpuan Utara kepada pemerintah kota.  

Disebutkannya, walupun wajah Kota Padangsidimpuan terletak di Kecamatan Padangsidimpuan Utara, namun pembangunan harus dipastikan bisa benar-bebar dirasakan oleh semuanya masyarakat Kota Padangsidimpuan dan skala prioritas memang harus menjadi pedoman walupun dengan keterbatasan anggaran. Namun bisa mitigasi dengan inovasi kebijakan, program dan pemanfaatan / penguatan jejaring.

" Program kegiatan yang diusulkan diharapkan akan dibahas serta disusun menjadi prioritas. Inilah yang nantinya akan disampaikan kepada Pemerintah Kota untuk dilaksanakan pada tahun 2022, sesuai dengan rencana kerja pemerintah daerah, ” terangnya. 

Camat Padangsidimpuan Utara H. Zulkifli Lubis, SH melaporkan ada ratusan usulan didapat dari pelaksanaan Musrenbang tingkat Kelurahan dan berasal dari warga di masing-masing Kelurahan di Kecamatan Padangsidimpuan Utara dan harapan kami agar kiranya usulan ini dapat terakomodir terkhusus kepada anggota DPRD yang hadir sehingga dapat terealisasi.

" Bahwa terdapat 162 usulan skala prioritas yang diajukan yang sudah disajikan dalam SIPD setelah melalui rembuk warga dan Musrenbang tingkat Kelurahan, yang akan dimasukkan pada Musrenbang Tingkat Kecamatan Padangsidimpuan Utara, namun untuk pembahasannya nanti akan dipilih program-program yang menjadi prioritas untuk kepentingan masyarakat lebih luas, " terang Zulkifli

Dikatakannya, di Kecamatan Padangsidimpuan Utara ada 16 Kelurahan dan kebanyakan usulan dari masyarakat yang masuk di Musrenbang mayoritas soal fisik berupa perbaikan jalan atau saluran, serta program pembangunan penataan pedagang K5 yang akan di relokasi ke penampungan pasar tradisional bekerjadama dengan pihak swasta.

" Namun pembangunan social keagamaan dan pembangunan sumber daya manusia juga tidak kalah penting yang semua usulan datang dari berbagai aspirasi masyarakat mulai dari Musrenbang di tingkat Kelurahan. inilah nanti akan dirumuskan yang mana akan menjadi skala prioritas di wilayah Kecamatan Padangsidimpuan Utara, ” ucapnya. (WD.014)

Komentar Anda

Berita Terkini