-->

Pesan Gubsu pada Lima Kepala Daerah yang Dilantik

HARIAN9 author photo


MEDAN | H9
Setelah melantik enam kepala daerah hasil Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak tahun 2020, pada sesi pertama, Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi melantik lagi lima kepala daerah pada sesi kedua, Jumat (26/2) siang, di Aula Tengku Rizal Nurdin, Rumah Dinas Gubernur Sumut, Jalan Jenderal Sudirman Nomor 41, Medan. 

Pada sesi kedua ini yang dilantik adalah Walikota Sibolga Jamaluddin Pohan dan Wakil Walikota Sibolga Pantas Maruba Lumbantobing, Bupati Labuhanbatu Utara Hendriyanto Sitorus dan Wakil Bupati Labuhanbatu Utara Samsul Tanjung, Bupati Tapanuli Selatan Dolly Putra Parlindungan Pasaribu dan Wakil Bupati Tapanuli Selatan Rasyid Assaf Dongoran, Bupati Toba Poltak Sitorus dan Wakil Bupati Toba Tonny M Simanjuntak, Bupati Pakpak Bharat Franc Bernhard Tumanggor dan Wakil Bupati Pakpak Bharat Mustyuhito Solin.

 

Usai mengambil sumpah/janji dan melantik para kepala daerah tersebut, Gubernur berpesan agar amanah jabatan yang dipercayakan masyarakat melalui Pilkada dapat dikerjakan dengan baik. Sebab kepala daerah bukan sekadar kekuasaan, melainkan tanggung jawab moral kepada rakyat, terlebih lagi kepada Tuhan YME.

 

“Untuk menjalankan itu, saudara-saudara tidak mungkin bekerja sendiri atau hanya berdua saja. Bangun kekuatan dengan memaksimalkan potensi yang ada, untuk menciptakan semangat kebersamaan. Jika Pilkada serentak 2020 yang lalu masih meninggalkan jejak polarisasi di masyarakat, saudara wajib merekatkan kembali jalinan komunikasi dan silaturahmi,” ujar Gubernur.

 

Selanjutnya kepada pejabat yang dilantik, Gubernur juga mengingatkan agar segera mengaktualisasikan janji-janji kampanye yang menjadi visi misi. Serta yang tidak kalah penting yakni penanganan Covid-19 yang hingga kini masih belum usai. Sehingga penerapan protokol kesehatan (prokes) sangat penting dijalankan sambil terus disosialisasikan ke masyarakat.

 

“Saya inginkan saudara-saudara berpikir dan bekerja out of the box. Munculkan kreativitas, inovasi maupun terobosan baru yang sesuai aturan,” jelas Edy.

 

Sedangkan kepada para istri pejabat yang dilantik, dirinya minta untuk tetap menjadi penopang dan pendukung. Menyalurkan energi positif bagi para suami serta mengingatkan untuk selalu dalam jalur yang benar.

 

Sementara Bupati Labuhanbatu Utara (Labura) Hendriyanto Sitorus menyampaikan apresiasi kepada masyarakat yang telah memberikan kepercayaan untuk memimpin pemerintahan pada periode 2021-2024. Terkait persoalan yang sempat menimpa pejabat sebelumnya, ia berkomitmen akan mengembalikan keyakinan rakyat terhadap hadirnya Pemerintah Kabupaten (Pemkab) dengan kepemimpinan yang baru.

 

“Segera kita akan rapatkan bersama Bappeda dalam menyusun RPJMD. Untuk persoalan hukum yang lalu, kita akan bersihkan, agar pemerintah berjalan dengan baik,” pungkasnya.

Hadir dalam pelantikan tersebut Wakil Gubernur Sumut Musa Rajekshah, Ketua DPRD Sumut Baskami Ginting, Ketua TP PKK Sumut Nawal Lubis, Wakil Ketua I TP PKK Sumut Sri Ayu Mihari, Pangdam I/BB Hassanudin, Sekretaris Daerah Provinsi Sumut R Sabrina, serta perwakilan unsur Forkopimda Sumut.

 

Diketahui, untuk penegakan protokol kesehatan, pelantikan kepala daerah hasil Pilkada serentak 2020 ini sengaja dibagi dalam dua sesi. Sesi pertama dilaksanakan pukul 08.00 WIB untuk enam kepala daerah, yakni Medan, Binjai, Tanjungbalai, Asahan, Serdangbedagai dan Humbang Hasundutan. Sedangkan sesi kedua pukul 14.00 WIB untuk lima kepala daerah, yakni Sibolga, Pakpak Bharat, Labuhanbatu Utara, Tapanuli Selatan dan Toba.(pr01)

Komentar Anda

Berita Terkini