-->

Puskesmas Gunungtua Laksanakan Vaksinasi Covid-19 Untuk Nakes

HARIAN9 author photo


PALUTA| H9
Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Gunungtua, kecamatan Padang Bolak, kabupaten Padang Lawas Utara (Paluta) melaksanakan Vaksinasi Covid-19 tahap pertama, Rabu (10/02).

Vaksinasi Covid-19 ini dipimpin oleh Kepala Puskesmas Gunungtua dr Herlina Sonera Batubara yang dipantau oleh Kepala Dinkes Paluta dr Sri Prihatin MKes didampingi Kabid P2P dr Afrida Henny Simamora dan dikawal oleh pihak personil TNI/Polri.

Kepala Puskesmas Gunungtua dr Herlina Sonera Batubara menyebutkan bahwa vaksinasi Covid-19 ini untuk tenaga kesehatan (Nakes) di lingkup UPT Puskesmas Gunungtua.

Katanya, vaksinasi Covid-19 ini merupakan langkah dalam rangka memutus rantai penyebaran Covid-19, dan juga sekaligus untuk sosialisasi pada masyarakat luas bahwa vaksin ini aman.

“Sasaran vaksinasi kali ini sebanyak 100 orang  yang merupakan Nakes dilingkup UPT Puskesmas Gunungtua,” sebutnya.

Lanjutnya, pelaksanaan vaksinasi Covid-19 ini di tangani oleh 5 orang petugas vaksinator dibantu sejumlah petugas screening,  petugas  Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI) serta petugas entry data.

Dijelaskannya, dalam pelaksankan vaksinasi ini peserta yang mau di vaksin harus melalui 4 tahapan antara lain pada Meja 1 yakni tempat pendaftaran untuk mencocokan data peserta dengan e-tu ket dan identitas diri. Selanjutnya meja kedua yakni tempat screening dimana petugas melakukan anamnesa dan pemeriksaan fisik sederhana untuk melihat kondisi kesehatan dan mengidentifikasi penyakit penyerta (komorbid).

“Di meja ketiga peserta vaksin langsung diberikan vaksin Covid-19 secara aman oleh perugas vaksinasi dan selanjutnya meja keempat yakni meja pencatatan dan observasi petugas mencatat hasil pelayanan vaksinasi dan penerima vaksin di observasi selama 30 menit untuk memonitor kemungkinan KIPI dan penerima vaksin diberikan kartu atau berkas yang menyatakan bahwa yang bersangkutan sudah di vaksinasi,” jelasnya.

Herlina juga menambahkan, pelaksanaan vaksinasi ini dijadwalkan berlangsung dan selesai dalam waktu 5 hari kedepan.

“Bisa saja nanti ada yang ditunda untuk vaksinasi setelah pemeriksaan kesehatan. Tapi mudah-mudahan lancar dan ditargetkan selesai 5 hari kedepan,” ujarnya.

Terpisah, Kepala Dinkes Paluta dr Sri Prihatin MKes menyebutkan bahwa pelaksanaan vaksinasi ini dilakukan secara bertahap di seluruh 17 Puskesmas yang ada di kabupaten Paluta dan RSUD Paluta.

Ia menyebutkan, pihaknya sudah menyiapkan vaksinator terlatih sebanyak 5 orang disetiap Puskesmas dan 10 orang di RSUD Paluta.

“Vaksinasi dilakukan secara bertahap di seluruh Puskesmas dan RSUD. Dan kita akan melakukan pemantauan secara berkesinambungan ke seluruh puskesmas sebagai pusat pelaksanaan vaksinasi,” pungkasnya.(WD-009)

Komentar Anda

Berita Terkini