-->

Susun Ranwal RKPD Tahun 2022, Pemkab Paluta Gelar Forum Konsultasi Publik

HARIAN9 author photo


PALUTA|H9
Sebagai langkah untuk penyusunan rancangan awal (Ranwal) Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) Tahun 2022, Pemerintah Kabupaten Padang Lawas Utara (Paluta) melalui Badan Perencanaan, Penelitian dan Pengembangan (Baperlitbang) menggelar Forum Konsultasi Publik di aula serbaguna kantor Bupati Paluta, Senin (01/02).

Kegiatan yang mengangkat tema ‘Padang Lawas Utara Mandiri’ yang dimulai pukul 09.00 Wib dibuka oleh Wakil Bupati Paluta H Hariro Harahap SE MSi dihadiri oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Paluta H Burhan Harahap SH dihadiri oleh Kepala Baperlitbang Paluta Ridwan Efendi Daulay SSTP MM, sejumlah anggota DPRD Paluta, pimpinan OPD Paluta, pimpinan BUMN, perusahaan swasta, OKP/Ormas, LSM/Pers, akademisi, tokoh masyarakat, tokoh agama beserta undangan lainnya dan menghadirkan narasumber diantaranya dari Kepala BPS Paluta Bahar Arif Lubis SE MSi dan kepala Inspektorat Paluta Erwin Hotmansyah Harahap SSTP.

Dalam sambutan Wakil Bupati Paluta H Hariro Harahap SE MSi saat membuka Forum Konsultasi Publik mengatakan kegiatan yang dilaksanakan ini merupakan rangkaian dari proses perencanaan pembangunan untuk mematangkan rancangan awal RKPD Tahun 2022 mendatang.

“Sebagai langkah untuk menentukan arah kebijakan pembangunan dengan mengedepankan skala prioritas pembangunan daerah, forum konsultasi publik ini perlu dilaksanakan,” ucapnya.

Dikatakannya, pemerintah daerah sesuai kewenangannya menyusun rencana pembangunan daerah dengan prinsip-prinsip meliputi merupakan satu kesatuan yang utuh dalam sistem perencanaan pembangunan nasional, dilakukan pemerintah daerah bersama pemangku kepentingan berdasarkan peran dan kewenangan masing-masing, mengintegrasikan rencana pembangunan daerah, dilaksanakan berdasarkan kondisi dan potensi yang dimiliki masing-masing daerah sesuai dengan dinamika perkembangan daerah dan nasional.

Kepala Baperlitbang Paluta Ridwan Efendi Daulau SSTP MM dalam pemaparannya mengatakan tujuan dilaksanakannya forum konsultasi publik adalah untuk menjaring aspirasi dan harapan para pemangku kepentingan terhadap prioritas dan sasaran pembangunan pada tahun yang direncanakan.

Kemudian, merumuskan masukan dan saran terhadap Ranwal RKPD Kabupaten Paluta tahun 2022 yang akan menjadi pedoman penyusunan rancangan Renja perangkat daerah.

“Terciptanya keselarasan prioritas pembangunan nasional yang searah dengan visi misi Kabupaten Paluta,” ujarnya.

Selain itu, dalam mewujudkan sinergi pembangunan dan mengatasi keterbatasan kemampuan keuangan daerah, Pemkab Paluta juga mengupayakan pendanaan dari APBN serta sumber dana lainnya.

“Komitmen, konsistensi, disiplin, kerja keras, semangat dan partisipasi seluruh pemangku kepentingan di kabupaten Paluta dalam pelaksanaan RKPD mutlak diperlukan untuk mewujudkan sasaran-sasaran pembangunan tahun 2022,” tukasnya.

Sementara, dalam laporan panitia pelaksana yang disampaikan oleh Sekretaris Baperlitbang Iskandar Muda Hasibuan SSTP menyampaikan bahwa pelaksanaan forum konsultasi Ranwal RKPD Kabupaten Paluta tahun 2022 dijadwalkan berlangsung satu hari yang bertujuan untuk mengoptimalkan proses perencanaan pembangunan guna mewujudkan tujuan pembangunan daerah serta mendapatkan masukan dan saran guna penyempurnaan Ranwal RKPD Tahun 2022.

Dan hasil yang diharapkan dari forum konsultasi publik ini adalah penyempurnaan Ranwal RKPD Kabupaten Paluta tahun 2022 untuk dijadikan pedoman dalam musyawarah perencanaan pembangunan (Musrenbang) untuk menyusun dokumen perencanaan dan penganggaran tahun 2022.

Pantauan wartawan, usai bimbingan dan arahan sekaligus membuka acara oleh Wabup Paluta H Hariro Harahap SE MSi, acara dilanjutkan dengan pemaparan dari para narasumber yakni kepala BPS Paluta Bahar Arif Lubis SE MSi yang memaparkan tentang potret kinerja ekonomi makro kabupaten Paluta diantaranya pertumbuhan ekonomi kabupaten Paluta dan Provsu 2015-2019, struktur dan pertumbuhan PDRB menurut lapangan usaha tahun 2019, pertumbuhan ekonomi menurut Kab/Kota di Sumut tahun 2019, struktur dan pertumbuhan PDRB subkategori pertanian, peternakan, perburuan dan jasa tahun 2019, struktur perekonomian kabupaten Paluta, PDRB per kapita menurut Kab/Kota di Sumut tahun 2019, PDRB per kapita kabupaten Paluta, ketenagakerjaan, IPM, dimensi IPM, kemiskinan serta GINI Ratio.

Kemudian narasumber lainnya kepala Inspektorat Paluta Erwin Hotmansyah Harahap SSTP MM memaparkan tentang pergeseran paradigma peran APIP, sistematika dokumen rencana pembangunan daerah dan rencana perangkat daerah, sistem pengawasan perencanaan, konsistensi antara perencanaan dan penganggaran, integrasi perencanaan pembangunan dan penganggaran daerah serta keterkaitan program prioritas dengan program SKPD Paluta.

Pelaksanaan kegiatan forum konsultasi publik diisi dengan sesi tanya jawab dan penyampaian usulan oleh peserta dan digelar dengan mematuhi protokol kesehatan.(WD-009)

Komentar Anda

Berita Terkini