-->

Sergai

Unit Reskrim Polsek Barumun Kembali Tangkap Pengedar dan Pemakai Narkoba

HARIAN9 author photo


PALAS| H9
Unit Reskrim Polsek Barumun, Polres Palas menangkap terduga pengedar dan pemakai Narkoba jenis Sabu-sabu didua lokasi yang berbeda, lokasi pertama di Jalan umum simpang Desa Sibuhuan Julu, Lingkungan VI, Kelurahan Pasar Sibuhuan, Kecamatan Barumun, Kabupaten Padang lawas (Palas), Provinsi Sumatera Utara (Sumut). Dan di Dalam bangunan rumah milik seorang tersangka  pemakai, yang berada di Jalan KH.Dewantara Kelurahan Pasar Sibuhuan Kecamatan Barumun,  Kabupaten Palas, Provinsi Sumut, Hari Jumat, (19 /02/2021) sekira Pukul 02.00 Wib sampai dengan Selesai.

Tersangka tersebut adalah berinisial AD alias Marakal, (34), warga Lingkungan IV, Kelurahan Pasar Sibuhuan, Kecamatan Barumun, Kabupaten Palas, Sumut, merupakan sebagai seorang tersangka pengedar Sabu, dari tangan tersangka ditemukannya barang bukti yang disita oleh petugas Unit Reskrim Polsek Barumun berupa 1 (satu) bungkus rokok kosong merek Luffman didalamnya berisikan: 1 (satu) bungkus plastik klup transparan didalamnya betikan 7 (tujuh) bungkus plastik kecil berisikan sabu seberat 0,35 gram, 2 (dua) bungkus plastik klip kosong, 1(satu) buah pipa kaca, 1 (satu) buah jarum dan 1(satu) biji pipet agua gelas yang ujungnya runcing (sekop).

Dan ARS alias Ucok, (53), yang berpropesi seorang wiraswasta warga Jalan Ki Hajar Dewantara, Kelurahan Pasar Sibuhuan, Kecamatan Barumun, Kabupaten Padang Lawas (Palas), Provinsi Sumut, terduga sebagai seorang pemakai sabu. Dari lokasi rumahnya Ditemukan barang bukti oleh petugas Unit Reskrim Polsek Barumun berupa, 1 (satu) buah plastik kecil transparan berisikan sabu seberat 0,32 gram, 2 (dua) buah mancis warna kuning pada lubang gasnya tertancap jarum, sering disebut dengan istilah kompor, satu buah mancis warna biru dan 4 (empat) buah pipet aqua yang ujungnya runcing.

Kapolres Palas AKBP Jarot Yusviq Andito, S.I.K., melalui Kapolsek Barumun AKP Miptahuddin, SE, Sabtu, (20/02/2021) kepada Harian9.com membenarkandan menjelaskan, Tersangka kami tangkap berkat laporan dari masyarakat. 

Menindak lanjuti informasi dari masyarakat, Kamis. (18/02/2021) sekira pukul 23.00. Wib, tersangka AD alias Marakal, (34), penduduk Lingkungan IV, Kelurahan Pasar Sibuhuan, Kecamatan Barumun, Kabupaten Palas, orang sebagai pengedar narkotika golongan I (sabu). 

Saat itu tersangka pelaku sedang menumpang becak mesin dari Lingkungan IV, Keluraha Pasar Sibuhuan, Kecamatan Barumun, Kabupaten Palas, menuju Lingkungan VI, Kelurahan Pasar Sibuhuan, Kecamatan Barumun, Kabupaten Palas.

Setelah mendapat adanya laporan dari masyarakat tersangka telah keluar dengan menumpang becak bermotor, Petugas Unit Reskrim Polsek Barumun kami langsung melakukan pemantauan dan penyelidikan  di Lokasi sekitar Lingkungan VI, Kelurahan Pasar Sibuhuan, Kecamatan Barumun, Kabupaten Palas. Tepatnya di Jalan Umum Simpang menuju arah ke Desa Sibuhuan Julu, melihat becak bermotor yang ditumpangi oleh tersangka terlihat berhenti.

Selanjutnya Petugas kami Unit Reskrim Polsek Barumun Bripka Parmata Daulay bersama Bripka Wedi Rahman Nasution langsung mendatanginya dan langsung menyuruh turun penumpang yang ada didalam becak bermotor tersebut.

Setelah penumpang becak bermotor tersebut turun, Bripka Parmata Daulay menyuruh pelaku untuk mengeluarkan isi yang berada dari kantong celana, yang dikeluarkan oleh pelaku berupa satu bungkus rokok Luffman yang terjatuh ketanah, kemudian Bripka Parmata Daulay Mengambil rokok tersebut dari tanah dan membuka tutup, maka kelihatanlah isi dari dalam kotak rokok tersebut barang bukti yang dimaksud diatas.

'Alhasil dengan cepat melakukan penangkapan terhadap tersangka pelaku" tidak bisa berkutik lagi saat ditemukan barang bukti. Selanjutnya pelaku dan barang buktinya dibawa dan diamankan  kekantor polisi Mapolsek Barumun,” Ungkap Kapolsek Barumun AKP Miptahuddin, SE, menjelaskan.

Ditambahkan Kapolsek Barumun AKP Miptahuddin, SE, kemudian terhadap tersangka Pelaku Marakal, kami lakukan introgasi, dikarenakan barang bukti yang sudah di dapat oleh petugas banyak bukti-bukti kuat bahwa pelaku mengedarkan sabu.

“Akhirnya tersangka mengakui terus terang semua barang haram tersebut yang didapat dari tangannya, asal usulnya dari orang lain dengan cara membelinya kepada terduga pelaku Ucok yang beralamat di Jalan Ki Hajar Dewantara, Kelurahan Pasar Sibuhuan, Kecamatan Barumun, Kabupaten Padang Lawas Palas." Sebut Kapolsek Barumun AKP Miptahuddin SE.

Lalu petugas mendatangi tempat tersebut dan dilakukan penangkapan terhadap tersangka didalam bangunan rumahnya dan dari kantong celana pendek warna putih yang dipakai tersangka ditemukan barang bukti berupa satu bungkus plastik kecil transparan berisikan sabu, 

Selain itu ditemukan juga didalam ruangan kamar tidurnya dua buah mancis warna kuning yang pada lubang gasnya ditancapkan jarum dengan istilah kompor dan satu buah mancis warna biru, selanjutnya dari ruang kamar mandi ditemukan empat biji pipet aqua yang ujungnya telah diruncingkan,” Beber Kapolsek Barumun AKP Miptahuddin, SE.

“Saat ini untuk tersangka ucok. Guna penyelidikan lebih lanjut tersangka beserta barang buktinya di amankan di Mapolsek Barumun,” Kata Kapolsek Barumun AKP Miptahuddin SE.

Dari penangkapan terhadap kedua tersangka setidaknya kami juga berhasil mengamakan barang bukti berupa 7 (tujuh) buah plastik kecil berisikan" sabu yang dikemas dengan plastik kecil dengan berat 0,35 Gram dan siap edar serta 0,32 gram, dengan total 0,67 gram sabu.

“Terhadap kedua tersangka pelaku karena perbuatanya, kita jerat dengan Pasal 114 ayat (2) Jo dengan pasal 112 ayat (2) UU RI Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika,” Pungkas Kapolsek Barumun AKP Miptahuddin SE. (WD41)

Komentar Anda

Berita Terkini