-->

Vaksin Covid-19 Tiba Di Kabupaten Paluta

HARIAN9 author photo


PALUTA|H9
Sebanyak 2600 via Vaksin Covid-19 yang dijemput oleh tim gabungan Satuan Tugas Penanganan Covid-19 (Satgas) kabupaten Padang Lawas Utara (Paluta) tiba di kabupaten Paluta, Selasa (02/02).

Tim gabungan Satgas Penanganan Covid-19 kabupaten Paluta yang membawa vaksin disambut Sekdakab Paluta H Burhan Harahap SH didampingi Kadis Kesehatan Paluta dr Sri Prihatin MKes, Kadis Kominfo Lairar Rusdi Nasution SSTP, Sekretaris BPBD Paluta Ali Ja’far Harahap, Kapolsek Padang Bolak AKP Zulfikar, Danramil 05 PB Kapten Misran Edi Dalimunthe beserta sejumlah tim pengamanan TNI/Polri di gudang Farmasi milik Dinkes Paluta sekitar pukul 08.15 Wib.

Sekdakab Paluta H Burhan Harahap SH menyampaikan selamat datang dan terima kasi kepada tim gabungan Satgas Penanganan Covid-19 kabupaten Paluta yang menjemput vaksin Covid-19 dengan selamat dan lancar.

Dikatakannya, sesuai daftar dari Dinkes Sumut yang dibawa tim, ada 2600 vial vaksin beserta perlengkapannya yang dibawa oleh tim.

“Tim gabungan tiba di Paluta dengan membawa 2600 vial vaksin bersama peralatan vaksinasi dengan selamat dan aman,” ujarnya.

Tambahnya, vaksin yang dijemput ini di prioritaskan untuk tenaga kesehatan dan sejumlah pejabat esensial di kabupaten Paluta.

Dan untuk jadwal pelaksanaan vaksinasi direncanakan pada 09 Februari mendatang secara bertahap di seluruh wilayah kabupaten Paluta.

“Pelaksanaan Vaksinasi dijadwalkan pada 09 Februari jika tidak ada perubahan jadwal,” tambahnya.

Masih menurut Sekdakab Paluta H Burhan Harahap SH, vaksin dengan merk Sinovac ini untuk sementara akan disimpan di dalam Cold Chain (pendingin) gudang farmasi milik Dinkes Paluta sebelum didistribusikan ke seluruh kecamatan yang ada di kabupaten Paluta.

Ia juga menyebutkan bahwa gudang farmasi sebagai tempat penyimpanan vaksin akan dijaga ketat oleh petugas dari pihak TNI/Polri sebelum digunakan nantinya.

“Untuk sementara disimpan dalam cold Chain atau pendingin di gudang farmasi dan akan dijaga penuh oleh personil TNI/Polri sebelum didistribusikan dan digunakan nantinya,” sebutnya.

Pada kesempatan ini ia berpesan kepada seluruh masyarakat agar mendukung kelancaran pelaksanaan vaksinasi ini demi pencegahan Covid-19 khususnya di kabupaten Paluta.

Ia juga mengajak seluruh masyarakat untuk tetap mematuhi protokol kesehatan dan berdoa bersama agar pandemi Covid-19 ini cepat selesai dan berakhir.

Terpisah, Kepala Dinkes Paluta dr Sri Prihatin menyebutkan bahwa vaksin ini dijadwalkan akan didistribusikan ke puskesmas pada 09 Februari dan akan dilaksanakan vaksinasi secara bertahap.

“Untuk vaksinasi tahap pertama kita jadwalkan pada 09 Februari dan sesuai arahan dari pihak Provsu, vaksinasi tahap pertama harus selesai paling lambat 21 Februari mendatang,” ujarnya.

Ia juga menyebutkan, untuk pelaksanaan vaksinasi pihaknya sudah menyiapkan 38 petugas yang sudah dilatih dan petugas akan ditambah lagi yang saat ini sedang menjalani pelatihan.

Ia juga menyebutkan vaksinasi ini nantinya akan dilaksanakan di 17 Puskesmas yang tersebar di seluruh wilayah kabupaten Paluta, RSUD dan Posko Satgas Covid-19 kabupaten Paluta yang nantinya orang yang divaksin adalah tenaga kesehatan sebagai prioritas utama ditambah sejumlah pejabat esensial di kabupaten Paluta.

Pantauan, vaksin Covid-19 untuk kabupaten Paluta dengan merk Sinovac disimpan dalam Cold Chain (pendingin) milik gudang farmasi Dinkes Paluta dan dikawal oleh petugas dari TNI/Polri.(WD-009)

Komentar Anda

Berita Terkini