-->

Vaksinasi Covid-19 Untuk Nakes Di Puskesmas Pangirkiran Berjalan Lancar

HARIAN9 author photo


PALUTA|H9
Pelaksanaan vaksinasi Covid-19 bagi tenaga kesehatan (Nakes) di Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Pangirkiran, kecamatan Halongonan, Kabupaten Padang Lawas Utara (Paluta) telah selesai dilaksanakan dengan lancar dan aman.

Hal ini disampaikan oleh Kepala Puskesmas Pangirkiran Asmidar STr.Keb kepada awak media, Jumat (12/02).

“Alhamdulillah proses vaksinasi untuk Nakes di Puskesmas Pangirkiran sudah selesai dan berjalan lancar,” ujarnya.

Dikatakannya, sasaran awal vaksinasi di Puskesmas Pangirkiran adalah sebanyak 43 orang dan yang divaksin hanya 22 orang.

Hal ini dikarenakan setelah dilakukan pemeriksaan kesehatan (skrining) terhadap peserta, hanya 22 orang Nakes yang layak dan memenuhi persyaratan untuk divaksin.

“Sasaran awal vaksinasi 43 orang, tapi setelah di skrining hanya 22 orang yang memenuhi syarat dan sisanya 21 orang tidak bisa divaksin atau dicancel karena berbagai hal seperti tekanan darah yang tidak normal, adanya penyakit penyerta (Komorbid) dan beberapa persyaratan lainnya yang tidak terpenuhi,” jelasnya.

Asmidar menambahkan bahwa pelaksanaan vaksinasi Covid-19 tersebut berlangsung selama 2 hari dan berjalan sukses tanpa adanya Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI) terhadap peserta vaksinasi.

Lanjutnya, sesuai dengan protokol kesehatan ada beberapa tahapan yang dilakukan sebelum Nakes tersebut diberikan vaksin Covid-19 antara lain tahapan pertama dilakukan pendaftaran dan penyesuaian identitas diri (e-ticket) yang dilanjutkan tahap kedua pemeriksaan kesehatan (skrining) dimana para Nakes akan diberikan beberapa pertanyaan dan dilakukan cek suhu tubuh dan tensi darah.

Dan jika semuanya normal, Nakes akan masuk ke meja tiga yakni pemberian vaksin dan setelah diberi vaksin, Nakes akan mengikuti masa observasi selama 30 menit.

“Dan Alhamdulillah, setelah pemberian vaksin tahap pertama ini berjalan lancar tanpa adanya KIPI ataupun keluhan dari peserta vaksinasi,” katanya.

Ia menjelaskan bahwa untuk rentang waktu pemberian dosis vaksinasi Covid-19 ini sesuai aturan adalah 14 hari. Dimana tahap pertama dilaksanakan pada 10-11 Februari dan tahap kedua dijadwalkan setelah dua minggu atau 14 hari kedepan.

Tak lupa ia mengucapkan terima kasih kepada pihak TNI/Polri yang telah ikut serta mengawal dan mengamankan pelaksanaan vaksinasi Covid-19 selama 2 hari sehingga berjalan dengan lancar dan aman.

“Terima kasih kepada pihak TNI/Polri dan semua pihak yang telah ikut serta berperan dalam mensukseskan pelaksanaan vaksinasi ini sehingga berjalan lancar dan aman,” ucapnya.

Pada kesempatan ini dirinya juga menghimbau kepada masyarakat nantinya untuk tidak takut diberikan vaksin jika sudah tiba gilirannya serta tetap mematuhi protokol kesehatan yang dianjurkan pemerintah.

Turut hadir dalam pelaksanaan vaksinasi Covid-19 di Puskesmas Pangirkiran tersebut Kepala Dinas Kesehatan Paluta dr Sri Prihatin Harahap MKes didampingi Kabid P2P dr Afrida Henny Simamora yang melakukan peninjauan pelaksanaan vaksinasi.(WD-009)

Komentar Anda

Berita Terkini