-->

Apel Gelar Pasukan Antisipasi Karhutla Dipimpin Bupati Palas

HARIAN9 author photo


PALAS| H9
Bupati Padang Lawas (Palas), Ali Sutan Harahap, memimpin apel gelar pasukan dan peralatan kesiapsiagaan penanggulangan kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Lapangan SKPD Terpadu Sibuhuan, Kamis (4/3).

Adapun apel gabungan rersebut  terdiri dari TNI, Polri, Satpol PP dan Damkar, BPBD, Tin dan Regu Pemadam Kebakaran yang sudah ada dibentuk oleh Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Dinas Kesehatan, Dinas Sosial, Disperkimhub Kabupaten Palas dan Lainnya.

Bupati Palas H. Ali Sutan didampingi Wakil Bupati Ahmad Zarnawi, Sekda Arpan Nasution, Dandim 0212/TS Letkol Inf. Roy Chandra Sihombing dan Kapolres Palas AKBP Jarot Yusviq Andito, mengecek satu persatu peralatan yang ada.

Menurutnya apel ini dilakukan untuk mengecek kesiapan personel serta kelengkapan sarana dan prasarana yang ada dalam penanganan bencana.

"Instruksi Presiden sudah sangat jelas terkait pelaksanaan tugas dalam penanggulangan karhutla dan bencana alam lainnya," kata Ali Sutan Harahap.

Instruksi presiden tersebut, sambungnya, menjadi acuan untuk selalu siap siaga dalam menghadapai fenomena perubahan iklim dan cuaca ekstrem yang berpotensi menimbulkan bencana seperti karhutla.

Untuk diketahui betsama, Kabupaten Padang Lawas termasuk daerah yang rawan bencana kebakaran hutan dan lahan, baik yang sengaja dibakar untuk pengembangan lahan pertanian maupun yang terbakar karena pengaruh cuaca.

Ali Sutan berharap sinergritas antara Pemda, TNI, Polri dan masyarakat tetap dijaga.

"“Saya yakin bahwa tugas yang dipercayakan dan diamanahkan bukan secara kebetulan tetapi telah diseleksi terlebih dulu sebagai petugas kesiapsiagaan, “timpal Bupati Palas yang akrab disapa Tongku Sutan Oloan (TSO) oleh masyarakat tersebut.  (WD41)

Komentar Anda

Berita Terkini