-->

BBPLK Kota Medan Gelar Join Practise Kejuruan Waiter, Cookery dan Pastry

HARIAN9 author photo


MEDAN| H9
Kepala Balai Besar Pengembangan Latihan Kerja  (BBPLK) Medan, Muhammad Ali mengatakan pihaknya menempah calon tenaga kerja yang berusia 18 tahun ke atas untuk dibina ikut pelatihan agar bisa ditempatkan di bursa kerja maupun bisa mampu membuka usaha sendiri untuk membantu perekonomian keluarga.

Hal itu dikatakannya dalam acara join practise kejuruan waiter, cookery dan pastry yang berlangsung di Restoran Swarna Dwipa - BBPLK Medan Jl Gatot Subroto km 7,8 Medan, Selasa (16/3/2021).

"Kami menggelar join practise kejuruan waiter, cookery dan pastry dengan mengundang sejumlah jurnalis, untuk menikmati berbagai kuliner hasil dari peserta mengikuti pendidikan selama 2 bulan di BBPKL Medan. Kita ajak kawan-kawan jurnalis sebagai penikmat kuliner dan memberikan pendapatnya di kegiatan ini," katanya.

Dikatakannya, masyarakat atau calon peserta yang mau ikut pelatihan melakukan pendaftaran secara online. Kemudian dilakukan ujian secara tertulis. Bagi yang lulus ujian tertulis, barulah bisa menjadi peserta yang kemudian bisa ikut pelatihan sesuai kelas yang diinginkan. 

"Kami tak memungkiri kalau calon peserta yang berminat ikut pelatihan di BBPLK ini cukup membeludak, ada sekitar 300-an pendaftar. Namun karena kondisi Covid-19 dengan anggaran terbatas, maka pihaknya hanya mampu mengambil 16 peserta,"ujarnya.

Para peserta pelatihan yang mengikuti kelas pelatihan selama dua bulan tanpa dipungut bayaran,  nantinya akan ditempatkan di hotel ataupun di bursa kerja sesuai dengan keterampilan yang sudah mereka miliki. 

"Kami bekerja sama dengan berbagai platform pasar kerja. Jadi misalnya ada lowongan di Jakarta, kami menginformasikan kepada peserta pelatihan binaan kami. Meski pandemi Covid-19 belum berakhir dan sektor pariwisata terpuruk, tapi kami tidak menyerah untuk menempah peserta agar mendapatkan peluang kerja di hotel atau bisa membuka usaha sendiri secara  mandiri sesuai keterampilan yang sudah mereka miliki," katanya optimis.

Ketua FKLPI Sumut (Forum Komunikasi Lembaga Pelatihan dan Industri), Hasustan Kosim, SH.,M.Pd./Abok mengatakan sebelum mengundang jurnalis, pihaknya juga mengundang para General Manajer se Kota Medan, Kepala Kepala Dinas Se Sumatera Utara, beberapa lembaga hingga Kadin, APINDOSU (Assosiasi Pengusaha Indonesia Sumatera Utara) maupun lembaga diluar Medan.

"Kita berharap adanya pelatihan ini, dapat memberikan peluang baru bagi calon tenaga kerja untuk lebih berkarya, atau dapat diterima di perusahaan, hotel maupun lembaga untuk meningkatkan perekonomian," katanya.

Bagi masyarakat yang ingin mengikuti pelatihan BBPLK Medan, bisa mengikuti media sosial BBPLK Medan di Instagram: @bbplk_medan (https://www.instagram.com/bbplk_medan/) serta facebook di: https://facebook.com/BBPLKMedan.

Adapun pada acara ini peserta BBPLK menyajikan menu untuk sarapan pagi baik menu lokal dan menu eropa. Para jurnalis yang diundang dan disajikan juga dengan lengkap mulai dari makanan pembuka (appetizer), makanan utama(main course) dan makanan penutup(dessert). (PP04)

Komentar Anda

Berita Terkini