-->

BI Dorong Peningkatan Produktivitas Pertanian Melalui Program Pendampingan

HARIAN9 author photo


 PADANGSIDIMPUAN| H9
Bank Indonesia (BI) tetap mendorong adanya peningkatan produktivitas hasil pertanian melalui program pendampingan BI.

Hal itu disampaikan Kepala Perwakilan BI Sibolga Aswin Kosotali saat melakukan audensi dan tatap muka dengan Walikota Padangsidimpuan Irsan Efendi Nasution, SH, di Ruang kerja Walikota Padangsidimpuan, Selasa (16/3/2021).

Dalam audensi sekaligus silaturahmi tersebut, guna menjalin kerjasama antara BI dengan Pemko Padangsidimpuan dalam program pendampingan petani khususnya komoditas bawang merah dan cabai merah.

" Bawang merah dan cabai merah merupakan salah satu komoditas sumber tekanan inflasi yang persisten setiap tahun sehingga perlu ada upaya untuk tercapainya keseimbangan antara sisi penawaran dan permintaan, " kata Aswin.

Oleh karena itu, menurut dia, perlu dilakukan upaya peningkatan produksi dan efisiensi biaya produksi agar terjaga ketersediaan pasokan dengan harga terjangkau.

" Untuk pendampingan yang dilakukan oleh BI terhadap petani bawang merah dan cabai merah ini di antaranya dari sisi peningkatan kapasitas sumber daya manusia (SDM) dan kualitas produksi, bantuan teknis, perluasan akses pemasaran, pembiayaan, dan fasilitasi sarana prasarana produksi melalui program sosial BI, " ucapnya

WWalikotaPadangsidimpuan Irsan Efendi, SH menyambut baik program yang ditawarkan BI Sibolga tersebut. Menurutnya kedatangan BI Sibolga sangat tepat, mengingat petani di Kota Padangsidimpuan sangat konsen terhadap budidaya Bawang Merah dan Cabai merah.

" Langkah tersebut penting dilakukan mengingat pertanian organik merupakan proses budidaya pertanian yang menyelaraskan keseimbangan ekologi, keanekaragaman varietas, serta keharmonian dengan iklim dan alam lingkungan, " terang Walikota. (WD.014)
Komentar Anda

Berita Terkini