-->

Bupati Buka Musrenbang Penyusunan RKPD Kabupaten Paluta Tahun 2022

HARIAN9 author photo


PALUTA| H9
Bupati Padang Lawas Utara (Paluta) Andar Amin Harahap SSTP MSi membuka secara resmi Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) tahun 2021 dalam rangka penyusunan Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) tahun 2022 di gedung serbaguna kantor Bupati Paluta, Selasa (30/03).

Kegiatan yang mengangkat tema yakni ‘percepatan pemulihan ekonomi dan kesehatan masyarakat menuju Padang Lawas Utara mandiri’ dihadiri oleh Gubernur Sumatera Utara yang diwakili Kadis PMD Provinsi Sumut Ir H Asfan Sofian Batubara, Wabup Paluta Hariro Harahap SE MSi, Kapolres Tapanuli Selatan AKBP Roman Smaradhana Elhaj SH SIK MH, Kajari Paluta Andri Kurniawan SH MH, Ketua DPRD Paluta Mukhlis Harahap SHi, Dandim 0212/TS Letkol Inf Rooy Chandra Sihombing SIP, Pabung Paluta Kodim 0212/TS Mayor ARM Hasran Harahap, TP PKK Paluta, DWP Paluta, Asisten dilingkungan Setdakab Paluta, pimpinan OPD Paluta, Camat se Paluta, Ormas/OKP, tokoh masyarakat,tokoh agama, tokoh adat beserta undangan lainnya.

Bupati Paluta Andar Amin Harahap SSTP Msi saat memberikan bimbingan dan arahan yang sekaligus membuka bahwa tahapan penyusunan RKPD tahun 2022 dilaksanakan dengan pendekatan partisipatif yang diawali dari penyelenggaraan Musrenbang di tingkat desa/kelurahan, Musrenbang tingkat kecamatan dan di akhiri dengan penyelenggaraan Musrenbang tingkat kabupaten. 

Hal ini dilakukan agar RKPD yang disusun dan ditetapkan nantinya bisa menyelesaikan segala permasalahan yang ada di daerah kita ini, dimana penyelenggaraan Musrenbang kabupaten ini Pemkab Paluta mengundang semua pemangku kepentingan untuk bersama-sama membahas dan merumuskan program pembangunan yang akan dilaksanakan tahun 2022.

Dikatakannya, dalam dokumen RPJMD kabupaten Paluta tahun 2018-2023 telah ditetapkan tema pembangunan setiap tahunnya yang mana tahun 2022 tema pembangunan kabupaten adalah Padang Lawas Utara yang mandiri.

Penyelarasan tema pembangunan daerah terhadap tema pembangunan nasional dan provinsi merupakan hal yang wajib dilaksanakan oleh seluruh pemerintah daerah. Mengacu pada penyelarasan dimaksud maka tema pembangunan tahun 2022 harus diformulasikan kembali sehingga tema pembangunan kabupaten Paluta tahun 2022 adalah percepatan pemulihan ekonomi dan kesehatan masyarakat menuju Padang Lawas Utara mandiri’ dengan fokus pembangunan diarahkan pada :

1. Peningkatan produktivitas angkatan kerja,
2. Optimalisasi pemberdayaan pemuda,
3. Optimalisasi pengawasan dan pengendalian internal pemerintah daerah,
4. Meningkatkan pola hidup masyarakay,
5. Optimalisasi pemberdayaan perempuan,
6. Peningkatan kesejahteraan petani dan pekebun,
7. Peningkatan kualitas manajemen lembaga koperasi dan UMKM,
8. Implementasi pelaksanaan E-Government dilingkungan pemerintah daerah.

Untuk itu, dirinya berharap apa yang menjadi aspirasi masyarakat melalui Musrenbang desa/kelurahan, Musrenbang kecamatan dan pokok-pokok pikiran DPRD serta saran dan masukan dari para pemangku kepentingan pada saat Musrenbang kabupaten ini menjadi bahan dan masukan yang sangat berharga untuk penyusunan rencana kerja OPD Paluta.

“Dengan menggunakan sistem informasi pemerintah daerah yang sudah mengintegrasikan perencanaan dengan penganggaran, diharapkan bisa meningkatkan kinerja perencanaan pembangunan yang efektif, efisien dan tepat sasaran,” pungkasnya.

Pantauan, usai bimbingan dan arahan sekaligus membuka acara oleh Bupati Paluta Andar Amin Harahap SSTP MSi, acara dilanjutkan dengan pemaparan dari para narasumber serta sesi tanya jawab dengan peserta.(WD009)

Komentar Anda

Berita Terkini