-->

Bupati Buka Pelaksanaan STQH Ke III Tingkat Kabupaten Paluta

HARIAN9 author photo


PALUTA| H9
Bupati Padang Lawas Utara (Paluta) Andar Amin Harahap SSTP MSi membuka secara resmi Seleksi Tilawatil Qur’an dan Hadist (STQH) ke III tingkat kabupaten Paluta tahun 2019 di lapangan SD Negeri Batu Gana, Kecamatan Padang Bolak Julu, Minggu (21/03).

Kegiatan STQH ke II tingkat kabupaten Paluta yang dibuka sekitar pukul 20.30 Wib malam mengangkat tema STQH ke III Membentuk karakter bangsa yang beragama untuk menuju Indonesia maju yang berperadaban memperlombakan 10 kategori diikuti oleh 12 kafilah dari 12 kecamatan yang ada di Paluta.

Turut hadir ketua DPRD Paluta Mukhlis Harahap SHI, Sekdakab Paluta H Burhan Harahap SH, Kakan Kemenag Paluta Drs H Permohonan Siregar, Kajari Paluta Andri Kurniawan SH MH, ketua MUI Paluta H Mukti Ali Siregar, Dandim 0212 TS diwakili Pabung Mayor Hasran Harahap, ketua TP PKK Paluta Ny Ade Aan Rostiani Andar Harahap, pimpinan OPD Paluta, Danramil 05 PB, Kapolsek Padang Bolak, sejumlah pimpinan Ponpes di Paluta, camat se Paluta, Ormas, OKP beserta undangan lainnya.

Dalam laporan Ketua LPTQ Paluta H Burhan Harahap SH yang disampaikan oleh Asisten I Setdakab Paluta Saripuddin Harahap menyebutkan bahwa pelaksanaan STQH ke II tingkat kabupaten Paluta dijadwalkan akan digelar selama hari yakni tanggal 21-23 Maret 2021.

“Peserta sebanyak 248 orang dari 12 kecamatan di Kabupaten Paluta dengan rincian 188 orang peserta dan pendamping 60 orang,” katanya.

Ia menambahkan, STQH ke III tingkat kabupaten Paluta ini memperlombakan 10 cabang antara lain Tilawah anak-anak, Tilawah Dewasa, Tahfizh Qur’an 1 juz dan tilawah, Tahfizh Qur’an 5 juz dan tilawah, Tahfizh Qur’an 10 juz, Tahfizh Qur’an 20 juz, Tahfizh Qur’an 30 juz, Tafsir Bahasa Arab, 100 Hadist Nabi dan 500 Hadist Nabi sehingga akan menghasilkan 60 juara atau pemenang.

Tambahnya, pemenang dari STQH ke III tingkat kabupaten Paluta ini nantinya akan mewakili kabupaten Paluta pada pelaksanaan STQH tingkat Provinsi Sumatera Utara yang dijadwalkan akan digelar di Pematang Siantar pada April mendatang.

Senada, Camat Padang Bolak Julu Rahmad Hidayat Harahap SSTP mengatakan, sebagai tuan rumah tentu pihaknya merasa berbangga bersama masyarakat atas digelarnya STQH ke III tingkat kabupaten Paluta di kecamatan Padang Bolak Julu untuk yang pertama kalinya.

Karena itu, pihaknya akan berusaha sedaya mampu untuk menjaga dan mengupayakan pelaksanaan STQH ke III tingkat kabupaten Paluta ini berjalan dengan baik hingga selesai nanti.

“Suatu kebanggaan buat kami kecamatan Padang Bolak Julu sebagai tuan rumah pelaksanaan STQH untuk yang pertama kalinya ini. Dan kami akan sekuat tenaga melayani semua kafilah serta mengupayakan pelaksanaan kegiatan ini dapat berjalan dengan baik," ucapnya.

Sementara, Bupati Paluta Andar Amin Harahap SSTP MSi saat membuka acara seleksi peserta STQH ke III tingkat kabupaten Paluta tahun 2021 menyampaikan Pemkab Paluta sangat mendukung dan mengapresiasi penyelenggaraan STQH tingkat kabupaten Paluta untuk mendorong terwujudnya masyarakat Paluta yang Beriman, cerdas, maju dan beradat.

Katanya, pelaksanaan STQH tentunya bukan hanya sekedar acara seremonial, namun harus benar-benar menggambarkan penilaian yang benar. Cabang yang dilombakan harus benar-benar dilaksanakan sesuai aturan atau kaidah dengan harapan setelah lomba akan memberi manfaat bagi masyarakat kabupaten Paluta.

“Selain sebagai sarana menjaring Qori dan Qori’ah, STQH ini juga upaya menggelorakan syiar Islam hingga pelosok desa. Karena itu STQH kali ini sengaja kita gelar di kecamatan ini bukan hanya sekedar menjadi ajang perlombaan semata, tapi lebih dari itu harus dijadikan sebagai peneguhan syiar islam sehingga Qari Qariah yang lahir melalui perhelatan akbar ini dapat menjadi sumber cahaya yang menerangi kehidupan masyarakat Kabupaten Paluta,” harapnya.

Pada kesempatan ini, Andar juga mengatakan bahwa secara pribadi ia akan memberikan hadiah umroh kepada sejumlah orang peserta yang berhasil meraih juara pada pelaksanaan STQH ke III tingkat kabupaten Paluta. 

Pada STQH sebelumnya Bupati Paluta memberikan hadiah sebagai motivasi yakni tiket umroh untuk 5 orang pemenang. 

“Untuk tahun ini Inshaa Allah akan saya tambahi orangnya yang dapat tiket umroh untuk pemenang dan dewan hakim. Yang pasti lebih dari 5 orang yang akan menerima tiket umroh,” sebutnya.

Pelaksanaan STQH ini juga diharapkan dapat meningkatkan pemahaman dan pengamalan kandungan Al Qur’an sehingga nantinya dapat diaplikasikan dalam kalehidupan bermasyarakat.

“Selamat bertanding kepada seluruh peserta, semoga nantinya bisa menjadi contoh dan teladan yang berpedoman kepada Al Qur’an di tengah kehidupan masyarakat,” harapnya.

Sebelum memberikan sambutan, Bupati Paluta terlebih dahulu mengukuhkan dewan hakim yang akan bertugas dalam pelaksanaan STQH ke III tingkat kabupaten Paluta tahun 2021 

Kemudian, usai memberikan sambutan Bupati Paluta Andar Amin Harahap SSTP MSi melakukan pemukulan bedug sebagai tanda akan dilaksanakannya STQH ke III tingkat kabupaten Paluta tahun 2021.(WD009)

Komentar Anda

Berita Terkini