-->

Bupati Palas Resmikan Jembatan Aek Batang Kumuh

HARIAN9 author photo


PALAS| H9
Bupati Padang Lawas (Palas) H. Ali Sutan Harahap (TSO), meresmikan jembatan  Batang Kumuh sebagai akses transportasi penghubung antar Desa Trans Aliaga Desa Ujung Batu III dan Desa Ujung Batu II, yang berlokasi di Kecamatan Hutaraja Tinggi, Rabu (03/03/2021).

“Pekerjaan pembangunan jembatan Aek Batang Kumuh ini dimulai tahun 2017 dengan ukuran bentang 30 meter  dan lebar 5 meter, dengan total biaya Rp 4,6 miliar. Dianggarkan selama  tiga tahap yang bersumber dari anggaran Dana Alokasi Umum (DAU)”, terang Bupati Ali Sutan.

Dikatakan Bupati, tahap I dimulai dari tahun 2017 dengan pagu Rp2,5 miliar, kemudian dilanjutkan tahap II pada tahun 2019 dengan biaya Rp1,1 miliar, dan selesai pada tahap III tahun 2020 dengan pagu anggaran Rp1.milar.

Bupati berharap, jembatan ini  bermanfaat memperlancar arus perekonomian maupun distribusi barang dan jasa, yang mana berpengaruh untuk meningkatnya pertumbuhan ekonomi serta pendapatan masyarakat.

Bupati mengajak, maayrakaat untuk menjaga   dan dipelihara dengan baik, sehingga manfaat jembatan membantu masyarakat guna terwujud misi visi kita didalam membangun kabupaten . Padanglawas beriman , cerdas ,sehat ,sejahtera dan berbudaya ( Bercahaya), harap Bupati Palas.

“Dengan terwujudnya pembangunan jembatan ini, memberi  manfaatnya yang langsung  dirasakan masyarakat Desa Trans Aliaga III, namun juga akan dirasakan masyarakat Palas pada umumnya”, sambung Ali Sutan.

Bupati menambahkan, manfaat jembatan ini dapat meningkatkan kemudahan aksebilitas masyarakat serta memberikan manfaat yang besar bagi pembangunan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Sebelumnya Kades Ujung Batu III, Mardi menyampaikan terimakasih atas kehadiran Bupati dan wakil beserta rombongan.

“Atas nama masyarakat Desa Trans Aliaga mulai dari ujung batu I sampai V kami mengucapkan terima kasih kepada Bupati Palas yang telah mengalokasi pembangunan jembatan kedaerah ini sehingga mewujudkan kesejahteraan masyarakat ,”kata Mardi mewakili Kepala Desa lainnya.

“Jembatan ini sangat bermanfaat bagi masyarakat desa  untuk mengangkut hasil produksi pertanian dan perkebunan juga sebagai akses sarana lalulintas warga yang tudakmlagi mengalami kesulitan “, ujar Mardi.

Sementara, tokoh masyarakat setempat, Sujito menyampaikan, dimana sebelumnya, bagi masyarakat baik yang bepergian dan memasuki Desa Ujung Batu III dari Desa Ujung Batu II, biasanya menggunakan rakit dengan tempuh 35 menit, bila musim hujan harus memutar lagi dan sudah ada memakan korban.

“Kami tidak dapat lagi mengucapkan terimakasih dengan rangkaian kata-kata, kepada Bapak Bupati Palas, atas dibangunnya akses jembatan ini”, kata Sujito.

Tampak hadir mendampingi Bupati TSO ,Wakil Bupati Zarnawi dan sejumlah pimpinan OPD ,Kapolres Palas ,AKBP Jarot Yusviq Andito .SIK dan Perwira Penghubung Kodim 0212/TS Kapten Arh M.Saleh Hasibuan .(WD41)


Komentar Anda

Berita Terkini