-->

Bupati Paluta Pimpin Apel Terpadu Kesiapsiagaan Penanganan Karhutla

HARIAN9 author photo


PALUTA| H9
Bupati Padang Lawas Utara (Paluta) Andar Amin Harahap SSTP MSi pimpin Apel terpadu kesiapsiagaan penanganan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) tahun 2021 di halaman kantor Bupati Paluta, Kamis (04/03).

Dalam apel kesiapsiagaan tersebut turut Hadi Kapolres Tapsel AKBP Roman Smaradhana Elhaj, ketua DPRD Paluta Mukhlis Harahap, Kajari Paluta Andri Kurniawan SH MH, perwakilan Dandim 0212 TS, pimpinan OPD Paluta, pimpinan perusahaan se kabupaten Paluta serta peserta apel dari personil TNI/Polri, BPBD Paluta, Dishub, Satpol PP dan Damkar, Manggala Agni, petugas kesehatan serta undangan lainnya.

Bupati Paluta Andar Amin Harahap SSTP MSi dalam arahannya menyampaikan bahwa sebagai tindaklanjut arahan presiden RI dalam acara rapat koordinasi nasional penanganan Karhutla, maka daerah perlu membuat langkah-langkah strategis dalam upaya pengendalian Karhutla.

Katanya, pengendalian Karhutla merupakan suatu konsep kerja yang merupakan satu kesatuan yang utuh dan memuat 6 elemen antara lain perencanaan, pencegahan, penanggulangan, pemulihan pasca kebakaran, koordinasi serta kesiapsiagaan.

“Dalam pengendalian Karhutla, semua sektor baik pemerintah, swasta, LSM dan masyarakat harus terlibat serta mempunyai kesamaan persepsi dalam pengendalian Karhutla sehingga  gerak langkah pengendaliannya akan sama,” ujarnya.

Ia menambahkan, ada beberapa hal yang harus dikerjakan bersama diantaranya memprioritaskan upaya pencegahan agar jangan sampai terlambat, memperkuat kesiapsiagaan dengan pembentukan organisasi tim Pengendalian Karhutla mulai dari tingkat desa, kelurahan, kecamatan dan kabupaten.

Selanjutnya, memperkuat infrastruktur dan teknologi dalam pengendalian Karhutla, semua unsur/sektor harus terlibat baik pemerintah, swasta, LSM, dunia usaha, masyarakat dalam pengendalian Karhutla serta menegakkan langkah hukum bagi pelaku pembakaran hutan dan lahan.

“Semoga kebakaran hutan dan lahan tidak terjadi di daerah kita ini,” ucap Bupati menutup arahannya.

Terpisah, kepala BPBD Paluta Khairul Harahap menyebutkan bahwa apel kesiapsiagaan in sebagai upaya pencegahan dini kebakaran hutan dan lahan di wilayah Kabupaten Paluta serta melihat kondisi kesiapsiagaan personil maupun peralatan dalam pencegahan Karhutla.

Katanya, selain melakukan apel kesiapsiagaan pihaknya juga terus melakukan koordinasi dengan semua pihak dalam hal pengendalian Karhutla.

“Kita terus berkoordinasi dengan semua pihak serta terus melakukan upaya untuk pembentukan posko pengendalian dan pencegahan Karhutla yang berjenjang mulai dari tingkat desa, kecamatan hingga kabupaten,” terangnya.

Pantauan, Bupati Paluta Andar Amin Harahap SSTP MSi didampingi Forkompida melakukan pengecekan terhadap kesiagaan personil pasukan peserta apel kesiapsiagaan serta pengecekan kesiapan dan kekuatan sarana prasarana pendukung untuk pengendalian Karhutla di kabupaten Paluta.

Usai pelaksanaan apel kesiapsiagaan, Bupati Paluta Andar Amin Harahap SSTP juga melakukan penandatangan surat edaran tentang langkah-langkah untuk pengendalian Karhutla yang akan disampaikan dan disosialisasikan kepada masyarakat melalui pemerintah kecamatan dan pemerintah desa setempat diseluruh wilayah kabupaten Paluta.(WD-009)

Komentar Anda

Berita Terkini