-->

Bupati Resmi Buka STQH PerdanaTingkat Kabupaten Palas

HARIAN9 author photo


PALAS| H9
Seleksi Musabaqah Tilawatil Qur’an Hadist (MTQH) Perdana Tingkat Kabupaten Padang Lawas (Palas) Tahun 2021, secara resmi dibuka oleh Bupati Palas, H. Ali Sutan Harahap bertempat di Lapangan Panyabungan Kecamatan Hutaraja Tinggi, Kabupaten Padang Lawas, Provinsi Sumatera Utara (Sumut), Rabu (03/03/2021) malam.

Nampak kegiatan tersebut selain dihadiri oleh Bupati Palas dan Wakil Bupati Palas  H. Ahmad Zarnawi Pasaribu, CHt, MM, M.Si, Sekda  Arpan Nasution S. Sos. Turut juga Kapolres Padanglawas AKBP Jarot Yusviq Andito SIK, Dandim 0212/Tapsel Letkol Inf Rooy Chandra Sihombing S.I.P,  Ketua DPRD Palas Amran Pikal Siregar S. Sos, i dan Kakan Kemenag Palas, Kepala SKPD, dan tamu undangan dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat.

Adapun tema yang diusung dalam STQH tersebut yaitu “Budayakan Membaca Alqur’an Setiap Hari Seraya Bedo’a Mudah Mudahan Wabah Covid -19 Cepat Berlalu” dengan waktu pelaksanaan dari tanggal 03 hingga 06 Maret 2021.

Sementara untuk pasukan pengibaran bendera pada perhelatan STQH perdana itu, terdiri dari 6 orang sekolah SMKN 1 Huragi an SMA N 1 Huragi  yang ada di Kecamatan Hutaraja Tinggi, yakni Dinda Sharifah, Intan Kumalasari, Farid Pamungkas, dan Thabrani Nasution Murid dari SMKN 1 Huragi, sedangkan Krisna Amalia dan Ari Andrian merupakan murid dari SMA N 1 Huragi.

Keenam orang pasukan pengibaran bendera ini, yang dilatih oleh Serma Humala Pontas Siregar personil Koramil 08/Barumun Kodim 0212/TS bekerja sama dengan Dinas Pemufa Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Palas.

Bupati Palas, H. Ali Sutan Harahap (TSO) dalam bimbingan dan arahannya, kegiatan STQ ini adalah salah satu sarana untuk menyatukan ummat Islam yang dapat mempererat hubungan ukhuwah islamiyah, sebagai salah satu upaya mewujudkan kualitas Qori dan Qoriah untuk meningkatkan pemahaman nilai-nilai dalam Al-Quran serta menghasilkan Tahfiz dan tahfizah yang berprestasi.

Bupati berharap, melalui perhelatan ini, meningkatkan SDM dibidang keagamaan, dan melahirkan bibit generasi yang dapat mengharumkan nama baik Palas dikancah tingkat provinsi dan nasional bahkan internasional.

Sebelumnya Ketua Pelaksana, Arpan Nasution, S.Sos selaku Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Palas dalam sambutannya atas nama tuan rumah mengucapkan selamat datang kepada kafilah dari seluruh Kabupaten Padang Lawas yang akan mengikuti STQH Perdana Tahun 2021.

Disebutkan bahwa ada sebanyak 272 peserta, terdiri dari 140 peserta putra dan 132 peserta putri, dengan 4 cabang lomba yang akan berpartisipasi dalam 5TQH perdana kali ini.

Dari 4 cabang perlombaan tersebut yakni 1. Cabang Mujawwad (Tilawah) 63 Orang, kategori Mujawad Alqur'an bertempat di arena utama., 2 Cabang Tahfis Al-qur'an 131 orang. Kategori Cabang Tahfiz 1-5 Juz bertempay di Mesjid Al Abror Panyabungan., 3. Cabang Tafsir Alqur'an 24 orang, kategori cabang tahfiz 10, 20, 30 dan tafsir alqur'an beryempat di mesjid Nurul Iman Panyabungan, dan yang ke empat (4). Cabang Hadiat 54 orang, kategari cabang bertempat di Aula Puskesmas Hutaraja Tinggi.

Untuk itu ia memberikan apresiasi terhadap seluruh pihak yang telah mendukung terkhusus Pemerintah Kabupaten Palas  sehingga pelaksanaan STQH perdana ini dapat terwujud yang sebelumnya bernama MTQ

“Terlebih STQH di tahun ini akan berbeda di banding tahun-tahun sebelumnya, mengingat ini pertama kali kita mengadakan STQH di tengah pandemi Covid-19, oleh karena itu protokol kesehatan akan kita perhatikan dengan ketat,” imbuhnya. Seraya menbahkan, Semoga rangkaian pelaksanaan STQH perdana tahun 2021 Tingkat Kabupaten Palas ini dapat terlaksana dengan lancar hingga usai,” harapnya. (WD41)

Komentar Anda

Berita Terkini