-->

Dukung Ketapang Nasional, Kejari Tapsel Panen Raya Jagung

HARIAN9 author photo

TAPSEL| H9

Dakam rangka mendukung Ketahanan Pangan (Ketapang) nasional, Kejaksaan Negeri (Kejari) Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel) di Sipiok, melaksanskan panen raya jagung, di kebun binaan Ikatan Adhyaksa Dharmakarini (IAD) Kejari Tapsel yang berlokasi di lingkungan III Kelurahan Pinang Nabaris, Kecamatan Sipirok, Selasa ( 9/3/2021).

 
Pada panen raya jagung tersebut diikuti Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Tapsel Ardian, SH, Ketua IAD Kejari Tapsel Ny.Aminah Ardian para Kepala Seksi (Kasi) dan pengurus IAD Kejari Tapsel.
 
Ketua IAD Kejari Tapsel Ny.Aminah Ardian di sela-sela kegiatan panen tersebut mengatakan kebun yang ditanami jagung tersebut adalah lahan milik masyarakat yang selama ini terlantar dan tidak di manfaatkan.
 
“ Kita menyewa lahan masyarakat tersebut seluas kurang lebih setengah hektar yang selama ini lahan tersebut diterlantarkan dan tidak di usahai. Artinya, lahan kosong tersebut kita manfaatkan dengan tanaman produktif, yang hasilnya bisa kita bagi kepada masyarakat untuk membantu peekonomian masyarakat di masa pandemic Covid-19 ini, “ ujar Ny. Aminah Ardian.
 
Lebih lanjut Ny. Aminah Ardian mengatakan kebun binaan IAD Kejari Tapsel ini dikerjakan oleh anggota IAD sendiri dan sekitar dilokasi kebun jagung, juga dibuat kolam ikan air tawar dan didampingi oleh Dinas Pertanian Kabupaten Tapsel melalui Petugas Penyuluh Lapangan (PPL) Kecamatan Sipirok.
 
“ Selain dibagi kepada masyarakat kurang mampu, hasil penjualan jagung dari kebun ini akan dimasulkan ke kas IAD, yang kemudian akan dipergunakan dalam pelaksanaan kegiatan IAD termasuk bantuan kepada warga yang kurang mampu akibat dampak Covid-19, “ terangnya.
 
Kajari Tapsel Ardian SH selaku Pembina IAD sangat mendukung kegiatan IAD dalam rangka mengimplementasikan program pemerintah dalam rangka Ketapang dimasa pandemi Covid-19 yang hingga saat ini masih menakutkan dan dengan adanya kebun jagung dan kolam ikan binaan IAD ini, nantinya bisa dipergunakam untuk membantu masyarakat yang kesulitan ekonomi akibat dampak pandemic Covid-19
 
“ Dengan adanya kebun jagung dan kolam ikan binaan IAD Kejari Tapsel ini, program kerja IAD dapat terlaksana dan apa yang telah dilaksanakan bisa berguna ditengah tengah masyarakat dan kinerja IAD tersebut bisa memotivasi masyarakat untuk memanfaatkan lahan kebun yang kosong, “ terang Ardian SH.
 
Halimatussadiah Harahap, PPL Pertanian Kecamatan Sipirok, Kabupaten Tapsel yang turut mendampingi program Ketapang IAD Kejari Tapsel ini mengatakan dari hasil panen jagung yang dilaksanakan tersebut dapat menghasilkan 700 kilogram jagung.
 
“ Dilihat dari hasil panen jagung yang diperoleh dari kebun binaan IAD Kejari Tapsel ini cukup membanggakan dan diharapkan IAD Kejari Tapsel juga bisa memanfaatkan lahan-lahan kosong lainnya bekerjasama dengan masyaakat. Kami akan eksis melakukan pendampingan, “ ucap Halimatussadiah Harahap. (WD.014)
 
Komentar Anda

Berita Terkini