-->

Forum Kemitraan Polisi dan Masyarakat Desa Sekip Dibentuk

HARIAN9 author photo


 DELISERDANG| H9

Kepala Desa Sekip , Kecamatan Lubuk Pakam , Kabupaten Deliserdang Sumardi  didampingi Kanit Binmas Polsek Lubuk Pakam Iptu Efendi M., Bhabinkamtibmas Desa Sekip Aiptu H Sitorus membentuk pengurus Forum Kemitraan Polisi dan Masyarakat ( FKPM) Desa Sekip di Kantor Desa Sekip Kecamatan Lubuk Pakam ,Kamis ( (25/03/2021).

Dalam musyawarah pembentukan di tunjuk sebagai Ketua FKPM Desa Sekip ,Zulham Sembiring , Wakil Ketua  OK, Alamsyah SPd, Sekertaris Hadiwijaya,Wakil Sekretaris Sumardi Ucok, Bendahara Hotman ,Komunikasi dan Informasi Gunawan , Pemberdayaan Perempuan ,Ayu Andira dan Bina sosial  Sunarmin serta seluruh pengurus sebanyak 16 orang .

Dalam arahannya Kepala Desa Sekip Sumardi menyebutkan kalau keamanan dan ketertiban masyarakat merupakan tanggung jawab bersama antara masyarakat dan pemerintah dalam hal ini Kepolisian.Untuk meningkatkan peran aktif masyarakat dalam bidang keamanan dan ketertiban perlu dibentuk suatu wadah alternatif untuk bersinergi dengan Kepolisian yang bernama FKDM mengingat Surat Keputusan Kapolri no.Skrp/734/X/2005 tanggal 13 Oktober 2015.Tentang Kebijakan dan Strategi Penerapan Model Perpolisian masyarakat dalam penyelenggaraan tugas Polri.

" Kita berharap dengan dibentuknya Struktur Kepengurusan FKPM Desa Sekip dapat dijalankan sesuai fungsinya menciptakan lingkungan aman tertib dan nyaman di Lingkungan Masyarakat ," kata Sumardi.

Sementara itu Kanit Binmas Polsek Lubuk Pakam ,Iptu Effendi M didampingi Babinkamtibmas Desa Sekip menyebutkan bahwa diharapkan FKDM yang sudah dibentuk dapat bersama sama menjalankan fungsinya ditengah masyarakat .

" FKPM ini berfungsi sebagai penyelesaian awal masalah masyarakat yang tidak tergolong khusus ( problem solving ) diharapkan bisa menyelesaikan persoalan masyarakat secara musyawarah sebelum sampai ke ranah proses hukum Kepolisian " sebut Effendi
 
Sementara itu Ketua FKPM Desa Sekip Zulkarnaen Sembiring ,berharap struktur kepengurusan yang sudah ditetapkan dapat bertanggungjawab menjalankan tugas fungsinya .

Selain itu pada pihak Kepolisian sebagai mitra ,kami berharap diberikan kartu pengenal sebagai mitra kerja Polri dalam menjaga kamtibmas di Desa sekip.

"kami tentunya tidak mengenal seluruh masyarakat diDesa Sekip dengan 16 Dusun ,5200 KK dengan jumlah penduduk kurang lebih 22 ribu jiwa , tentunya tanda pengenal kami sebagai FKPM untuk menjaga pertanyaan warga Tetang identitas diri kita dan kewenangan untuk menengai problem dan masalah yang terjadi di masyarakat," kata Zulham. 

Kedepan setelah terbentuknya FKPM ini ,kami punya wacana akan mengundang masyarakat tokoh agama tokoh masyarakat dan tokoh pemuda untuk bersama sama mendukung program terwujudnya masyarakat Desa Sekip yang aman dan nyaman .

"Harapan kedepan semuanya dapat berkesinambungan ,bersama sama kita menjaga wilayah yang kondusif .Berbagai fenomena saat ini berlangsung di masyarakat bersama sama kita atasi seperti Narkoba ,KDRT dan lainnya ," tandas Zulham .

Kegiatan pembentukan FKPM Desa Sekip berjalan lancar dengan diskusi dan hal hal yang menjadi rencana penerapan kedepan. WD-40
Komentar Anda

Berita Terkini