-->

Gelar Paripurna, DPRD Palas PAW Anggota DPRD Demokrat Sisa Masa Jabatan Tahun 2019-2024

HARIAN9 author photo


PALAS| H9
Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Padang Lawas (Palas), gelar Rapat Paripurna dengan agenda utama Pengucapan Sumpah Pengganti Antar Waktu (PAW) Anggota DPRD sisa masa jabatan tahun 2019 -2024,  di Ruangan Paripurna DPRD Palas, Jalan Karya Pembangunan Kota Sobuhuan, Kabupaten Palas, Provinsi Sumatera Utara (Sumut) Tabu  (03/03/2021).

Rapat Paripurna tersebut dipimpin langsung oleh Ketua DPRD Kabupaten Palas Amran Pikal Siregar S.Sos.I, dan didampingi oleh Wakil Ketua DPRD H.Irsan Bangun Harahap, serta diikuti oleh anggota DPRD Kabupaten Palas.

Untuk diketahui Padeli Ashari Hasibuan SE menggantikan Drs.H.Jamaluddin Hasibuan MAP karena tersandung Korupsi Bansos saat menjadi Anggota DPRD Sumatera Utara tahun 2014-2019 lalu.

Hadir dalam rapat paripurna PAW, Mewakili Bupati Palas H.Ali Sutan Harahap (TSO) Sekda Palas Arpan Nasution S.Sos, Asisten, Staf Ahli Bupati, Sekwan H. Eddi Mirson Hasibuan S.Sos dan beberapa kepala OPD, para Camat.

Selain itu hadir juga Jajaran Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompinda) Kajari Palas yang diwakili oleh Kasi Bin Erwin SH, Kapolres Palas AKBP Jarot Yuspiq Andito SIk diwakili Kabag Sumda Kompol Jalanak, Dandim 0212/TS Letkol Rooy Chandra diwakili Danramil 10/Sosopan Kapten Inf Syaparuddin Hasibuan, Dansub Denpom Padangsidimpuan Lettu CPM Ongku Siregar, Ketua Pengadilan Agama, Ketua Pengadilan Negeri, Ketua dan komosionrr KPU Indra Syahbana Nasution MH, Ketua Bawaslu Rahmat Efendi Siregar SS diwakili Divisi Hukum Rafles Purba, OKP, Ormas, Tokoh Agama, Tokoh Pemuda dan Tokoh Adat Palas.

Ketua DPRD Amran Pikal Siregar mengambil sumpah Jabatan mewakili Gubernur Sumatera Utara, dan Ketua DPRD meminta segera belajar mengenai apa saja yang menjadi tugas, hak dan kewajiban anggota DPRD.

"Sebagai anggota dewan yang baru, tentunya saudara perlu segera menyesuaikan diri, mempelajari berbagai ketentuan dan tata tertib yang menjadi pedoman dalam melaksanakan tugas sebagai anggota dewan. Berdasarkan undang-undang 23 tahun 2014 tentang pemerintah daerah, DPRD mempunyai tugas membentuk Peraturan Daerah (Perda) bersama pemerintah daerah termasuk melaksanakan penyusunan APBD, serta menjalankan tugas pengawasan terhadap pelaksanaan Perda dan APBD. Anggota DPRD juga memiliki wewenang-wewenang lain yang diatur dalam perundang-undangan,” kata Amran Pikal Rabu (3/3/21) saat menutup pelaksanaan Pelantikan di Kantor DPRD.

Ketua DPRD menambahkan, diharapkan kepada Saudara Padeli Ashari Hasibuan SE mampu menjalin hubungan dan kerjasama yang baik dengan seluruh anggota DPRD dan mitra kerja (Eksekutif) dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat, menuju Palas Bercahaya, katanya.

"Dengan dilaksanakannya pengucapan sumpah maka saudara Fadeli Ashari Hasibuan sudah definitif sebagai anggota DPRD Palas" ucap Sekretatis Demokrat Kabupaten Palas, Yahya Nasution, S.Pd.I, ketika Ditanya Wartawan setelah usai acara PAW tersebut.

Masih kata Yahya, mewakili seluruh pengurus Partai Demakrat Palas, juga mengucapkan selamat kepada Fadeli, "Dengan lengkapnya kembali jumlah anggota dewan Kabupaten, kedepan DPRD harus semakin solid dalam menjalankan tugas dan fungsi,ujarnya.

"Semoga saudara Fadeli Ashari Hasibuan bisa mengemban amanah dengan sebaik–baiknya, mampu menjaga martabat, kehormatan, citra dan kredibilitas DPRD Palas. Serta mampu berkontribusi guna pembangunan di Kabupaten Palas," katanya saat ditanyai Harian9.com

Lebih lanjut Yahya menambahkan meskipun saat ini masih berada di tengah pandemi covid-19. Namun kegiatan ini merupakan bagian dari proses demokrasi yang harus dilalui sesuai mekanisme peraturan perundang–undangan yang berlaku.

"Saya berharap agar momentum ini dijadikan sebagai makna tersendiri dalam pelaksanaan fungsi-fungsi DPRD sebagai mitra dan sebagai unsur penyelenggara pemerintah daerah bisa dilaksanakan dengan baik," tutur Yahya Nasution, S.Pd.I. selaku Sekretaris Partai Demokrat Palas.  

Ia juga mengatakan, jabatan sebagai anggota DPRD merupakan amanah yang nantinya harus dijalankan dengan sungguh- sungguh demi tegaknya demokrasi tentunya mengutamakan kepentingan bangsa dan negara daripada kepentingan pribadi.

“kiranya, dalam menjalankan kewajiban akan bekerja dengan bersungguh-sungguh demi tegaknya kehidupan demokrasi serta mengutamakan kepentingan bangsa dan negara daripadakepentingan pribadi atau perseoranga , dan golongan,” sebut Yahya.

Diingatkannya, kita telah mengetahui bersama, bahwa sebagai anggota DPRD akan memperjuangkan aspirasi rakyat yang saya wakili untuk mewujudkan tujuan nasional demi kepentingan daerah dan negara.

“Insyaallah, dengan bantuan teman-teman di DPR yang sudah berpengalaman dan sebelumnya juga sudah pernah dilantik juga seperti PAW. Insyaallah kami bisa menjadi perwakilan bagi masyarakat di kabupaten Palas. Amin,” harapnya. (WD41)


Komentar Anda

Berita Terkini