-->

Hingga Saat Ini, BPJS Kesehatan Berlakukan Ketentuan Rujukan Berjenjang

HARIAN9 author photo


MEDAN| H9
BPJS Kesehatan Medan menegaskan, saat ini masih berlaku ketentuan rujukan berjenjang terhadap pasien Jaminan Kesehatan Nasional Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS). 

Namun, untuk pasien dengan kebutuhan khusus, misal kemo atau radioterapi bisa langsung rujuk ke kelas B atau bahkan A kalau memang kebutuhan pasien tidak tersedia di RS kelas C.

Kepala BPJS Kesehatan Medan dr. Sari Quratulainy mengatakan di Medan ada 3 rayon rujukan sesuai wilayah yang membagi Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) dan RS kelas c dalam 3 wilayah.  

"Tapi untuk RS kelas B termasuk Pirngadi bisa dirujuk dari sluruh FKTP di kota Medan (tidak dibagi dalam.3 rayon). Tapi secara sistem rujukan dari FKTP membaca kebutuhan pasien berdasarkan diagnosa dan jenis spesialisasi yang diinput. Misal rujuk ke poli obgyn  akan terbaca ke RS kelas C yang ada di rayonnya dulu. Rujukan ke RS kelas B akan terbuka kalau kapasitas di RS kelas c > 30 persen, supaya nggak numpuk di kelas C," katanya, Sabtu (20/3/2021).

Dia juga mengakui dalam rapat dengan Pemko Medan ada memang dicetuskan minta semua PBI ke RS dr. Pirngadi. 

"Tapi jelas jawaban Pak Wakil Wali Kota RS harus perbaiki dulu layanan. Permintaan tentang semua PBI harus ke RS Pirngadi belum ada jawaban, baik dari BPJS dan juga belum dibahas lebih lanjut," ujarnya.

Berkaitan dengan itu, Wakil Wali Kota, Aulia mengharapkan pihak RSUD Dr. Pirngadi terus meningkatkan pelayanan. 

"Tolong di-upgrade sistem pelayanan. Layani pasien dengan baik, dengan bahasa yang santun," ujarnya. (PP04)

Komentar Anda

Berita Terkini