-->

Kapolres Padangsidimpuan Pimpin Rakor Penanggulangan Karhutla dan Bencana Alam

HARIAN9 author photo


PADANGSIDIMPUAN| H9
Kapolres Padangsidimpuan AKBP. Juliani Prihartini, SIK, MH, memimpin rapat koordinasi (Rakor) penanggulangan Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) dan bencana alam di wilayah hukum Polres Padangsidimpuan, di aula Endra Dharmalaksana Polres Padangsidimpuan, Kamis (4/3/2021).

Rakor dihadiri para, Kasat dan Kapoksek se jajaran Polres Padangsidimpuan, mewakili Dandim 0212/TS Kapten Inf. A. Pane, Danramil Kota 0212/TS Kapten Inf.B. Hutabarat, Kasatpol PP Padangsidimpuan Ir. Ali Ibrahim Dalimunthe, Kepala BPBD Padangsidimpuan Ir. Arpan Harapan Siregar, MT, Kadis Damkar Muhammad Yacub Efendi Harahap, Kadishub Padangsidimpuan Yusnal Daulay, SH, perwakilan Dinas Kesehatan Kombang dan para Camat se-Kota Padangsidimpuan, dengan tetap mengikuti Protokol Kesehatan Pemerintah.

Kapolres Padangsidimpuan AKBP. Juliani Prihartini, SIK, MH mengucapkan terima kasih kepada para peserta Rakor yang hadir dalam pertemuan tersebut dalam rangka Rakor penanggulangan Karhutla dan bencana alam di wilayah hukum Polres Padangsidimpuan.

" Banyak masyarakat yang tidak mengetahui nomor handphone yang dapat dihubungi apabila ada terjadi bencana baik banjir, kebakaran, longsor, dll. Untuk itu saya berharap agar dapat menyiapkan satu nomor kontak Satuan Tugas (Satgas) yang dapat di hubungi apabila terjadi urgent dan apabila nomor kontak sudah disiapkan, kiranya nomor tersebut disosialisasikan atau diberitahukan kepada seluruh aparat pemerintah terbawah yang ada di Kota Padangsidimpuan, " ujar Kapolres.

Kapolres juga meminta para Camat agar membuat kegiatan prepemtif di wilayah masing-masing seperti membuat spanduk pencegahan pembakaran lahan dan kebersigan lingkingan. 

" Demikian juga Dinas agar menyiapkan mesin pompa penghisap air untuk dapat mempermudah mengisi air Damkar atau mempermudah pekerjaan apabila disuatu tempat yang tidak dapat di jangkau mobil dan membuat pelatihan serta simulasi gabungan dari beberapa instansi terkait dalam mengantisipasi Karhutla dan bencana alam, " katanya

Pasi Teritotlrial Kodim 0212/ TS Kapten Inf. A. Pane, mewakili Dandim 0212/TS menyampaikan perlunya dibuat struktur penanggulangan bencana Kota Padangsidimpuan dan perlunya koordinasi antar instansi terkait pemenuhan Sarana Prasarana (Sarpras) dan perlunya dilakukan pelatihan gabungan penanggulangan bencana. 

" Kiranya dibuat pemetaan wilayah bencana di Kota Padsngsidimpuan. Terksit personil, TNI khususnya Batalyon 123/RW mempunyai pleton reaksi cepat bencana yang siap dipergunakan, " terang Kapten A. Pane.

Kepala BPBD Kota Padangsidimpuan Arpan Harapan Siregar menyampaikan,
BPBD siap membantu Damkar terkait Sarpras penanganan bencana, disamping membentuk sukarelawan disetiap Kecamatan untuk mengantisipasi terjadinya kebakaran dan penyediaan tempat tong air pemadam di Terminal Batunadua dan di Terminal Pijorkoling.

" Kami juga aktif melakukan sosialisasi dan menberkan kepada masyarakat Kota Padangsidimpuan untuk antisipasi bencana khususnya kebakaran yang sering terjadi, " kata Arpan. (WD.014)
Komentar Anda

Berita Terkini