-->

Kapolres Tapanuli Selatan Pimpin Rakor Penanggulangan Karhutla

HARIAN9 author photo


 TAPSEL| H9
Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tapanuli Selatan (Tapsel) menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) penanggulangan Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla), bertempat di aula Pratidina Mapolres Tapsel, Jum'at (19/3/2021).

Rakor dengan tetap mengikuti Protokol Kesehatan (Prokes) Pemerintah, dipimpin Kapolres Tapanuli Selatan AKBP. Roman Smaradhana Elhaj, SH, S.Ik, MH, dihadiri Bupati Tapsel diwakili Asisten I Setdakab Tapsel Hamdan Zen Harahap, SH, Dandim 0212/Tapsel Letkol Inf Rooy Chandra Sihombing S.I.P, Danyon Brimob Detacemen C Tapsel, Kalak BPBD Tapsel H. Ilham Suhardi, SH, Kadis Satpol PP Tapsel Zulkifli Harahap, para Kapolsek, Danramil dan Camat se Tapsel.

Kapolres Tapanuli Selatan AKBP. Roman Smaradhana Elhaj, SH, S.Ik, MH, mengucapkan terima kasih kepada para peserta Rakor yang hadir dalam pertemuan tersebut dalam rangka mengantisipasi Karhutla dan bencana alam di wilayah hukum Polres Tapsel.

" Diharapakan, dengan kegiatan ini dapat menjadi sarana evaluasi dan koordinasi, khususnya terkait dengan pencegahan dan penanganan Karhutla serta melakukan tindakan pencegahan sebelum hal tersebut terjadi diwilayah kita, sehingga apa yang kita harapkan dapat berguna bagi pembangunan nasional dan perlindungan terhadap hutan dimasa yang akan datang, " kata Roman.

Disebutkannya, banyak masyarakat yang tidak mengetahui kemana harus melaporkan, apabila ada terjadi bencana baik banjir, kebakaran, longsor, dll, karena tidak adanya nomor kontak yang harus dihubungi. Untuk itu Kapolres berharap agar dapat menyiapkan satu nomor kontak Satuan Tugas (Satgas) yang dapat di hubungi.

" Apabila terjadi urgent dan apabila nomor kontak sudah disiapkan, kiranya nomor tersebut disosialisasikan atau diberitahukan hingga kepada seluruh aparat pemerintah terbawah yang ada di Kabupaten Tapsel, dan saya meminta para Camat agar membuat kegiatan prepemtif di wilayah masing-masing seperti membuat spanduk pencegahan pembakaran lahan dan kebersigan lingkungan, " ujar Kapolres.

Sementara Dandim 0212/Tapsel Letkol Inf Rooy Chandra Sihombing S.I.P menyampaikan, mengingat sebentar lagi akan memasuki musim kemarau yang diprediksi akan berlangsung pada awal bulan April, sehingga perlu upaya kita bersama dalam rangka melakukan pencegahannya

" Kegiatan ini merupakan langkah lanjutan kita untuk meminimalisir pencegahan Karhutla, sehingga dengan dilaksanakan Rakor ini kita dapat menemukan solusi dalam rangka mencegah Karhutla di tahun 2021 dan kirannya agar kita bersama-sama mensosialisasikan kepada masyarakat untuk tidak melakukan pembakaran pada musim kemarau nanti. Saya berharap agar tahun ini tidak terjadi musim kemarau yang berkepanjangan, sehingga mudah untuk kita mengatasinya, " ungkap Dandim

Dandim juga menyampaikan, permasalahan Karhutla dapat muncul dimana faktor cuaca panas menjadi pemicu terjadinya kebakaran, ditambah lagi pembukaan lahan dengan cara dibakar adalah penyebab utama permasalahan tersebut

" Kita harus tanggap terhadap titik api sekecil apapun karena apabila api sudah membesar maka akan sangat sulit untuk dipadamkan, Begitu juga dampak kerugian ekonomi akibat dari karhutla, " katanya.

Bupati Tapsel diwakili Asisten I Setdakab Tapsel Hamdan Zen Harahap, SH mengatakan, terkait penanganan bencana3, disamping membentuk sukarelawan disetiap Kecamatan, untuk mengantisipasi terjadinya Karhutla, Pemkab Tapsel juga aktif melakukan sosialisasi bahaya kebakaran kepada madyarakat.

" Kami juga aktif melakukan sosialisasi dan memberikan penyuluhan kepada masyarakat di Kabupaten Tapsel untuk antisipasi bencana khususnya kebakaran yang sering terjadi, " kata Hamdan Zen. (WD.014) 
Komentar Anda

Berita Terkini