-->

Kapolres Tapanuli Selatan Turun Langsung Ikut Perbaiki Jalan Rusak Batu Jomba Sipirok

HARIAN9 author photo


 TAPANULI SELATAN| H9
Kapolres Tapanuli Selatan AKBP. Roman Smaradhana Elhaj, SH,SIK,MH turun langsung ikut kerja bhakti di  lokasi jalan nasional yang rusak sepanjang 300 meter di Dusun Batu Jomba Desa Bulu Payung Kecamatan Sipirok Kabupaten Tapanuli Selatan, Minggu (21/3/2021).

Kerja bhakti yang melibatkan 200 personil gabungan dari Polres Tapanuli Selatan, Yon Detacemen C Brimobdasu Sipirok, personil TNI dari Kodim 0212/Tapsel diwakili Ramil Sipirok, personil Satpol PP, Dishub, Dinas PUPR dan BPBD Tapsel serta personil Balai Pengelolaan Jalan Nasional (BPJN), diwakili Dinas Binamarga UPT Padangsidimpuan, dibantu dua unit alat berat dari BPJN, komunitas truk, OKP dan masyarakat.

Turut juga hadir dalam kegiatan karya bhakti tersebut, Waka Polres Kompol. Rahman Takdir Harahap, Wadanyon Brimob Kompol M. Manullang, Kabag Ops Polres Tapanuli Selatan Kompol H. Abdi Abdullah, SH, Dan Ramil Sipirok Kapten Inf. Khodir Harahap, Kadishub Tapsel Drs. Aji Hatorangan, Kabid Binamarga I Dinas PUPR Tapsel Ir. Arwan Harahap.

Di sela-sela karya bhakti Kapolres Tapanuli Selatan AKBP. Roman Smaradhana Elhaj, SH,SIK,MH mengatakan, kegiatan ini sebagai kepedulian dari TNI-Polri dan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tapanuli Selatan untuk membantu melancarkan dan memperbaiki jalan Batu Jomba sementara, menunggu adanya perbaikan dari pemerintah mengingat status jalan Batu Jomba adalah Jalan Nasional dan tanggungjawab Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Balai Penanganan Jalan Nasional (BPJN).

" Kegiatan ini bertujuan untuk melancarkan arus lalu lintas di jalur lintas jalan Batu Jomba yang rusak dan menyebabkan kemacetan yang panjang, serta meningkatkan solidaritas anatara TNI-Polri dan Pemerintahan Daerah serta meningkatkan simpati masyarakat khususnya kepada TNI-Polri, sekaligus memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat sesuai dengan tujuan Kapolri menjadikan Polri yang Presisi, " ujar Kapolres.

Disebutkannya, akibat dari kerusakan jalan di desa Batu Jomba ini, sering menyebabkan kemacetan yang merugikan pengguna jalan dan menimbulkan tindak pidana pungli di sepanjang jalur lintas jalan Batu Jomba Kabupaten Tapanuli Selatan dan tidak jarang terjadi praktek pungutan liar (pungli) yang dimanfaatkan oleh oknum-oknum warga yang tidak bertanggungjawab, dengan memanfaatkan kondisi kemacetan.

" Bahwa kelancaran dan ketertiban arus lalu lintas menjadi tanggung jawab kita bersama, semua instansi pemerintahan, walaupun jalan ini statusnya sebagai jalan nasional, tetapi kita tidak bisa tinggal diam, karena akan mengganggu kelancaran lalu lintas dan berpotensi terhadap kerawanan Kamtibmas dan menjadi peluang pelaku kejahatan akibat minimnya pengawasan, " terangnya.

Kapolres Tapanuli Selatan menegaskan akan menindak segala jenis pungutan liar di jalan, khususnya di daerah jalan rusak Batu Jomba, karena perbuatan tersebut melanggar hukum dan menyusahkan pengguna jalan akibat kutipan 

" Saya minta masyarakat agar tidak memanfaatkan kondisi ini untuk mencari keuntungan dan kepada pengguna jakan juga untuk lebih berhati-hati untuk melintas jalur ini, karena sewaktu-waktu bisa menimbulkan kemacetan, " terang Kapolres.

Terpisah Kabag Ops Polres Tapanuli Selatan Kompol H. Abdi Abdullah mengatakan, kegiatan ini akan berlangsung secara kontinu, mengingat jalur Batu Jomba ini cukup padat kenderaan yang melintas dan kami harap, warga juga lebih pro aktif untuk ikut begotong royong secara suka ela agar jalur ini tidak menimbulkan kemacetan. 

" Diharapkan dengan karya bhakti Penerintah Daerah, TNi dan Polri serta masyarakat dapat menjadi perhatian pemerintah pusat untuk menuntaskan prmasalahan jalur lNtlinajalan nasional Batu Jomba ini, " terang Abdi (WD.014)
Komentar Anda

Berita Terkini