-->

Letakkan Batu Pertama Pembangunan Masjid IAIN Padangsidimpuan, Ini Kata Walikota...

HARIAN9 author photo


PADANGSIDIMPUAN|H9
Walikota Padangsidimpuan Irsan Efendi Nasution, SH bersama Rektor Universitas Islam Negeri (UIN) Sumatera Utara (Sumut) Prof Syahrin Harahap dan Rektor Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Padangsidimpuan Prof. Ibrahim Siregar melakukan peletakkan baru pertama pembangunan masjid IAIN Padangsidimpuan, di komplek IAIN Padangsidimpuan, Kamis, (12/3/2021).

Pada peletakan batu pertama dihadiri Ketua DPRD Kota Padangsidimpuan Siwan Siswanto, SH, para Wakil Rektor, Dosen, para staf IAIN Padangsidimpuan, mahasiswa, pejabat Pemko Padangsidimpuan dan undangan lainnya. 

Rektor UIN Sumut Prof Syahrin Harahap berharap pembangunan mesjid IAIN Padangsidimpuan dapat berjalan lancar dan selesai dengan waktu yang direncanakan agar dapat segera dimanfaatkan oleh mahasiswa dan masyarakat sekitar kampus.

" Saya berharap kepada panitia untuk terus berkoordinasi agar pembangunan mesjid ini bisa selesai tepat waktu, mengingat mahasiswa IAIN yang cukup banyak, sehingga membutuhkan sarana tempat ibadah yang memadai, " ijar Prof. Syahrin

Rektor IAIN Padangsidimpuan Prof Ibrahim Siregar mengatakan, pembangunan masjid ini juga perlu dukungan dari semua pihak dan jelas ini juga bagian yang tidak terpisahkan dari fasilitas kampus yang ada, semua pembangunan ini segera terealisasikan dan selesai tepat waktunya.

" Saya berkeinginan bahwa pembangunan masjid IAIN Padangsidimpuan ini dapat menampung seluruh mahasiswa yang sedang menampah pendidikan di kampus tercinta ini dan masyarakat sekitar juga nantinya dapat memanfaatkan kondisi keberadaan masjid ini, " ujar Rektor.

Sementara Wali Kota Padangsidimpuan Irsan Efendi Nasution, SH mengatakan, pembangunan masjid ini merupakan representatif kemajuan dalam peradaban Islam di Kota Padangsidimpuan dan terkhusus di wilayah Tapanuli Bagian Selatan (Tabagsel). 

Irsan juga menyampaikan, tidak saja atas nama pemerintah, kemungkinan atas nama keluarga juga kami akan memberikan sumbangan untuk pembangunan masjid yang ada di seputaran IAIN Padangsidimpuan.

" Atas nama pemerintah Daerah Kota Padangsidimpuan akan melakukan upaya dalam mewujudkan masjid IAIN Padangsidimpuan tersebut dan tidak hanya Pemkot Padangsidimpuan saja, akan tetapi seluruh pemerintah yang ada di Tabagsel juga melakukan hal yang serupa dalam mewujudkan hal ini, " ucap Irsan. 

Sedangkan Ketua Panitia Pembangunan mesjid H.Ratonggi Hasibuan, MA melaporkan, mesjid yang dibangun di komplek kampus IAIN Padangsidimpuan akan menekan biaya Rp.20 milyar, yang sumber dananya berasal dari donasi civitas akademika, dari donatur dan masyarakat/ummat, karena pembangunan masjid di kampus tidak bisa dari APBN dan rencana selesai secepatnya.

" Areal mesjid seluas 3600 meter persegi dengan ukuran mesjid 30 meter X 30 meter dan bisa nenampung 3000 orang jamaah, Sementara fasilitas mesjid terdiri dari 2 lantai untuk sholat, ruang pertemuan keagamaan dan laboratorium keagamaan, perpustakaan dan kamar mandi tempat wudhu, " papar Ratonggi. (WD.014)

Komentar Anda

Berita Terkini