-->

Oknum Kades di Tapsel Bersama Seorang Temannya Ditangkap Kasus Sabu

HARIAN9 author photo

 

TAPSEL| H9
Oknum Kepala Desa (Kades) Sidadi II Kecamatan Batang Angkola Kabupaten Tapanuli Selatan S alias Katua bersama seorang temannya HT alias Jagur warga Desa Janji Manaon Kecamatan Batang Angkola Kabupaten Tapanuli Selatan, ditangkap jajaran Sat Resnarkoba Polres Tapanuli Selatan dalam kasus peredaran narkotika jenis sabu di wilayah Kecamatan Batang Angkola Kabupaten Tapanuli Selatan, Kamis (12/3/2021), sekira pukul 01.00 Wib.

Dalam penangkapan tersebut, petugas menyita barang bukti narkotika jenis sabu yang di bungkus dalam 3 bungkus plastik klip transparan ukuran sedang yang disimpan dalam satu buah kotak rokok Gudang Garam Merah yang terbuat dari plat seng, 3 bungkus plastik klip transparan ukuran besar berisi sabu yang disimpan dalam satu buah dompet warna hitam, satu buah mancis, satu buah buku tulis yang didalamnya berisikan utang maupun uang setoran dari para bandar sabu, satu buah pipet sedotan besar untuk sendok sabu dan uang tunai sebesar Rp.500 ribu. Kini keduanya telah ditetapkan sebagai tersangka oleh penyidik Sat Resnakoba Polres Tapanuli Selatan.

Informasi yang dihimpun di Mapolres Tapanuli Selatan, Senin (15/3/2021) menyebutkan, penangkapan oknum Kades beserta seorang warganya berdasarkan informasi dari masyarakat, bahwa di salah satu rumah warga di Desa Janji Manaon Kecamatan Batang Angkola Kabupaten Tapanuli Selatan,tepatnya di rumah tersangka HT alias Jagur sering dijadikan tempat untuk melakukam transaksi maupun mengkonsumsi narkotika jenis sabu.

Berdasarkan informasi tersebut personil Sat Resnarkoba Polres Tapanuli Selatan melaporkan informasi tersebut kepada Kasat Res Narkoba AKP. Edi Sudrajat, SH, yang ditindaklanjuti dengan memerintahkan 3 personil untuk melakukan penyelidikan ke tempat yang diinformasikan masyarakat.

Saat petugas tiba di Desa Janji Manaon, petugas langsung menuju rumah tersangka HT alias Jagur, yang mana setibanya di rumah tersebut, petugas didampingi Kepala Desa setempat langsung masuk ke dalam rumah tersangka dan menemukan tersangka sedang tidur di dalam kamar seorang diri.

Selanjutnya petugas melakukan penggeledahan rumah dan badan terhadap tersangka namun petugas tidak menemukan barang narkotika yang di cari. Tetapi disamping tempat tersangka tidur, petugas menemukan tas sandang warna biru dan saat ditanya petugas, tersangka mengakui bahwa tas tersebut adalah miliknya. Saat isi tas diperiksa yang disaksikan Kades Janji Manaon, petugas menemukan barang bukti narkitika jenis sabu berikut barang bukti lainnya.

Ketika dii lnterogasi petugas, tersangka mengaku dan membenarkan bahwa tas berikut isi di dalamnya adalah miliknya. Selanjutnya tersangka HT alias Jagur berikut barang bukti dibawa ke Mapolres Tapanuli Selatan untuk dilakukan pemeriksaan selanjutnya guna pengembangan.

Dari hasil pemeriksaan oleh penyidik bahwa barang bukti narkotika jenis sabu yang ditemukan pada tersangka adalah milik ataupun kepunyaan dari tersangka S alias Katua yang juga oknum Kades Desa Sidadi II Kecamatan Batang Angkola Kabupaten Tapanuli Selatan yang memiliki hubungan kerjasama dengan tersangka HT alias Jagur, yakni tersangka HT alis Jagur berperan sebagai orang yang menjualkan narkotika jenis sabu kepada para pembeli dan hasil penjualan di setorkan kepada tersangka S alias Katua selaku pemilik sabu.

Berdasarkan keterangan tersangka HT alias Jagur, petugas langsung bergerak membiru S alias Katua dan pada saat tersangka S alias Katua melintas di jalan raya Batang Angkola - Padangsidimpuan, petugas berselisih dengan salah satu mobil jenis Nissan Terrano yang ciri ciri dari mobil tersebut identik dengam mobil yang sering digunakan tersangka S alias Katua.

Selanjutnya petugas berbalik arah dan melakukan pengejaran terhadap mobil yang dicurigai. Tepat di jalan lintas Batang Angkola - Madina mobil yang ternyata dikendarai tersangka S alias Katua langsung dihentikan petugas dan selanjutnya petugas memboyong tersangka ke Mapolres Tapanuli Selatan untuk dilakukan pemeriksaan terhadap tersangka terkait kepemilikan narkotika jenis sabu yang ditemukan dari tersangka HT alias Jagur.

Kapolres Tapanuli Selatan AKBP. Roman Smaradhana Elhaj, SH,SIK,MH yang dikonfirmasi melalui Kasat Resnarkoba AKP. Edi Sudrajat, SH, membenarkan penangkapan ke dua tersangka dalam kasus berkerjsama dalam peredaran narkotika jenis sabu di wilayah Batang Angkola.

" Kita masih terus mendalami kasus tersebut, mengingat adanya keterlibatan oknum Kades dalam peredaran narkotika jenis sabu di wilayah Batang Angkola. Keduanya masih terus menjalani pemeriksaan, " ujar Kasat. (WD.014)
Komentar Anda

Berita Terkini