-->

Padangsidimpuan Utara Kembali Juara Umum MTQN XX Tingkat Kota Padangsidimpuan

HARIAN9 author photo


PADANGSIDIMPUAN| H9
Sesuai keputusan dewan hakim, Kecamatan Padangsidimpuan Utara berhasil pertahankan juara umum Musabaqah Tilawatil Qur'an Nasional (MTQN) XX tingkat Kota Padangsidimpuan Tahun 2021 yang di tutup Walikota Padangsidimpuan Irsan Efendi Nasution, SH, di lapangan SMK Negeri 2, Kecamatan Padangsidimpuan Utara, Kota Padangsidimpuan, Sabtu (6/3/2021) malam.

Pada tahun sebelumnya juga, pada MTQN ke XIX tahun 2020 di Kecamatan Padangsidimpuan Selatan, Kecamatan Padangsidimpuan Utara juga meraih juara umum. Sedangkan untuk Juara Umum II pada MTQN XX ini, diraih Kecamatan Padangsidimpuan Selatan dan Juara umum III Kecamatan Padangsidimpuan Tenggara.

Atas raihan tersebut, Kecamatan Padangsidimpuan Utara berhak menerima piala bergilir serta uang pembinaan dari Walikota Padangsidompuan Irsan Efendi Nasition, SH, yang diserahkan kepada Camat Padangsidimpuan Utara H. Zulkifli Lubis, SH.

QPenutupan MTQN dihadiri Wakil Walikota Padangsidimpuan Ir. H. Arwin Siregar, MM, Kapolres Padangsidimpuan AKBP. Juliani Prihartini, SIK, MH, Dandim 0212/TS Letkol Inf. Rooy Chandra Sihombing, SIP,  Mewakili Danyon 123/RW, Sekda Kota Letnan Dalimunthe, Ketua MUI, Ketua IPHI, Wakil Ketua DPRD, Ketua TP-PKK, Ketua DWP, Kakan Kemenag, Pimpinan OPD dan Para dewan hakim, Camat se-Kota Padangsidimpuan.

Walikota Padangsidimpuan Irsan Efendi Nasution, SH, dalam sambutannya menyampaikan ucapan terima kasih dan apresiasi kepada semua pihak yang telah ikut berpartisipasi dan bekerja keras, sehingga kegiatan MTQN XX ini dapat berjalan dengan lancar dan sukses.

Selanjutnya kepada seluruh peserta yang telah berhasil meraih juara dalam MTQN ini, Irsan juga mengucapkan selamat dan ia berpesan, jangan cepat berpuas diri, teruslah giat berlatih, tingkatkan prestasi, karena setelah ini, kalian akan menghadapi tantangan yang lebih berat, yaitu MTQ tingkat Provinsi Sumatera Utara yang akan datang.

" Terima kasih kepada semua pihak yang turut mensukseskan acara ini, kita bersyukur walau ditengah pandemi dan keterbatasan semoga persembahan dan ikhtiar kita memuliakan Al-Qur'an dalam rangkaian kegiatan ini semoga kita semua mendapatkan barokah dan hidayah dari Allah SWT, " ucap Irsan.

Lebih lanjut dikatakan Irsan, Walau kegiatan MTQ sudah berakhir, tetapi bukan berarti semangat kita untuk membaca, menghayati dan mendalami serta mengamalkan Al-Qur'an pun meng Al-Quran kan diri kita dalam kehidupan sehari hari.

" Saya mengajak untuk menjadikan momen pelaksanaan MTQ ini sebagai jadi jembatan bagi pribadi kita masing masing mengubah haluan hidup menjadi insan yang menjungjung tinggi nilai nilai Al-Qur'an dalam kehidupan bermasyarakat, " harap Irsan 

Irsan juga mengucapkan selamat kepada Qori-Qoriah, Hafiz-Hafizhoh yang meraih juara semoga prestasi bisa dipertahankan dan ditingkatkan dan kepada yang belum juara jangan berkecil hati terus belajar, terus asah dan tingkatkan kemampuan semoga tahun tahun berikutnya dapat diraih

" Bagi peserta yang belum berhasil, jangan berkecil hati, kesempatan masih terbuka lebar. Jadikan hasil yang diperoleh hari ini, menjadi bahan evaluasi, untuk berbenah dan mempersiapkan diri pada MTQN yang akan datang ” ujar nya.

Sebelumnya Ketua DPRD Kota Padangsidimpuan Siwan Siswanto, SH mengatakan sudah sepatutnya kita bersyukur, pada malam ini kita dapat berkumpul kembali bersama-sama dengan para alim ulama, para penghafal AL-Quran, para pembaca Al-Quran, dan para peserta MTQ untuk menghadiri penutupan Tahun 2021 untuk meningkatkan pemahaman, penghayatan dan pengamalan isi yang tersirat dan tersurat dalam Al-Quran.

" Semangat untuk membaca dan menghayati kalam illahi, mendalami isi dan mengamalkan ajaran Al-Quran itu dalam kehidupan sehari-hari jangan hanya tumbuh dan layu untuk semusim, hal ini seharusnya dipandang sebagai kebutuhan bagi setiap muslim, " kata Siwan

Ia mrngharapkan, melalui MTQ dapat dijadikan sebagai sebuah wahana dalam rangka memacu pengembangan tilawah, hafalan serta pendalaman isi Al-Quran. Namun upaya yang dilakukan tidak boleh berhenti sampai disini. Kegiatan religius dan sarat dengan syiar islam ini akan menjadi sia-sia dan percuma apabila tidak meninggalkan bekas dan pengaruh ditengah masyarakat. 

" Untuk itu diperlukan perhatian, keterlibatan dan tanggungjawab seluruh komponen umat dan jajaran pemerintah, agar penyelenggaraan kegiatan MTQ ini memberi bekas dan pengaruh positif yang tampak dan dirasakan secara nyata dan terukur dalam perkembangan kehidupan masyarakat ke depan, " imbuhnya (WD.014)
Komentar Anda

Berita Terkini