-->

Persiapan Satgas Pamtas Darat RI-PNG, Prajurit Yonif 123/Rajawali Jalani Pembekalan

HARIAN9 author photo


 PADANGSIDIMPUAN|H9
Dalam rangka kesiapan Satuan Tugas (Satgas) Pengamanan Perbatasan (Pamtas) Republik Indonesia-Papua New Guinea (RI-PNG) Sektor Selatan TA 2021, prajurit Yonif 123/Rajawali
menerima Pembekalan dari Kantor Bea dan Cukai TMP C Sibolga yang disampaikan oleh Bapak Irwan di Aula O.S. Rajagukguk Mako Yonif 123/Rajawali Kota Padangsidimpuan, kemarin.

Antusias prajurit terlihat dari interaksi tanya jawab yang dilontarkan oleh Prajurit Yonif 123/Rajawali kepada narasumber, yang diakhir kegiatan Wadanyonif 123/RW memberikan Cinderamata kepada Bapak Irwan selaku Narasumber dari KPPBC Sibolga, dengan tetap menerapkan Protokol Kesehatan untuk mencegah penularan Covid-19.

Irwan selaku Narasumber dari KPPBC Sibolga menyampaikan, Bea Cukai sebagai salah satu instansi yang bertugas di pos lintas batas negara dan tentunya harus bersinergi dengan TNI untuk menjaga dan memelihara keamanan di perbatasan baik orang maupun barang yang keluar masuk negara.

" Tugas dan fungsi bea cukai di perbatasan antara lain memeriksa barang bawaan pelintas batas di PLBN, dan patroli rutin perbatasan bersama instansi terkait lainnya, termasuk prajurit TNI. Kami berharap, sinergi ini dapat membangun situasi yang kondusif di perbatasan, " ucap Irwan.

Irwan menjelaskan peran penting sinergi antara TNI dan petugas bea dan cukai di pos lintas batas negara dan untuk mendapatkan pembebasan bea masuk dan pajak, setiap pelintas batas yang membawa barang impor wajib memiliki Kartu Identitas Lintas Batas (KLIB).

Wadanyonif 123/RW Mayor Inf Alex D. Surbakti dalam sambutannya menyampaikan, bahwa dalam rangka menunjang tugas perbatasan RI-PNG prajurit Yonif 123/RW harus dapat memahami tugas dan membangun sinergi antar instansi termasuk dari bea dan vukai, hal ini dikarenaan prajurit Yonif 123/RW akan melaksanakan tugas di batas Negara yang tentunya akan berhadapan dengan pengamanan lintas batas negara.  (WD.014)
Komentar Anda

Berita Terkini