-->

Polres Tapanuli Selatan Luncurkan Aplikasi Siskomyanmas

HARIAN9 author photo


TAPSEL| H9
Kepolisian Resor (Polres) Tapanuli Selatan meluncurkan inovasi baru berupa aplikasi berbasis IT bernama 'Siskomyanmas' (Sistem Komunikasi Layanan Masyarakat) Polres Tapanuli Selatan, untuk memantau tugas-tugas personil dan pelayanan masyarakat di wilayah hukum Polres Tapanuli Selatan.

Kapolres Tapanuli Selatan AKBP. Roman Smaradhana Elhaj, SH, SIK, MH, didampingi Ps. Kasubbag Humasy Polres Tapanuli Selatan Iptu. Amron Simanullang, SH, Jum'at (19/3/2021) mengatakan peluncuran aplikasi 'Siskomyanmas', dikembangkan dengan memiliki 3 aplikasi yang dapat digunakan smartphone dan desktrop komputer.

Untuk aplikasi smartphone pengguna harus memiliki smartphone dengan sistim operasi android 6.0, atau android versi terbaru. " Aplikasi ini tidak dapat digunakan untuk smartphone dengan sistim operasi IOS (Iphone atai Ipad) ujar Amron.

Sementara model aplikasi 'Siskomyanmas' ini terdiri dari 3 aplikasi yakni, aplikasi web base, aplikasi android personil polisi dan aplikasi android masyarakat. Untuk operator yang digunakan operator sebagai fungsi monitoring control semua fitur yang ada di aplikasi personil polisi dan masyarakat.

" Dalam aplikasi ini, memiliki beberapa fitur diantaranya, monitoring panic button dan pengaduan, laporan kejahatan, laporan kecelakaan, laporan kebakaran, pendaftaran Surat Ijin Mengemudi (SIM), Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK), Surat Keterangan Bebas Narkoba (SKBN), menginput Surat Pemberitahuan Perkembangan Hasil Penyidikan (SP2HP) dan mengatur akses pengguna, " terangnya.

" Polres Tapanuli Selatan telah meluncurkan suatu inovasi baru berupa aplikasi berbasis IT yaitu aplikasi yang kita namakan 'Siskomyanmas'. Aplikasi ini dapat diunduh dari play store melalui android. Dengan aplikasi tersebut, warga di wilayah hukum Polres Tapanuli Selatan bisa mendeteksi berbagai informasi dan pelayanan yang dibutuhkan, " ucap Roman

Dia berharap, pelayanan sistem aplikasi ini dapat membawa perubahan yang lebih baik pada pihak kepolisian dan masyarakat di wikayah hukum Polres Tapanuli Selatan. Menurutnya, dengan sistem ini masyarakat semakin terlayani.

" Ini salah satu program Bapak Kapolri
Jenderal Listyo Sigit Prabowo yang mengusung jargon Presisi yaitu prediktif, responsibilitas, transparansi, berkeadilan, sehingga  pelayanan publik semakin meningkat. Ketika masyarakat memerlukan bantuan dan pelayanan, polisi harus cepat dan datang ke TKP cepat. Masyarakat tak perlu repot ke kantor polisi, cukup klik layanan aplikasi sistem Android, polisi datang dengan cepat, " Roman. (WD.014)
Komentar Anda

Berita Terkini