-->

Tim Saber Pungli Palas Sidak Ke Disdukcapil

HARIAN9 author photo


 PALAS| H9
Ketua bersama Pengirus Saber Pungli Kabupaten Padang Lawas (Palas), Kompol JW Sijabat inspeksi Mendadak (Sidak) ke kantor Disdukcapil bersama Wakil Bupati drg. H. Ahmad Zarnawi Pasaribu, CHt, MM, M.Si, Inspektur Inspektorat Harjusri Fahri Siregar SSTP, Kasatpol PP Damkar Alhamidi Hasibuan S.Sos, Kasat Binmas Polres Palas Iptu Rahmat Saleh Nainggolan, SH. Rabu (17/03/2021).

Ketua Saber Pungli Padang Lawas (Palas) Kompol JW Sijabat menilai Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) masih kurang maksimal dalam upaya perbaikan pelayanan administrasi kependudukan khususnya pelayanan KTP Elektronik (KTP-el), KK, Akte Kelahiran dan Data Kependudukan lainnya.

Hal ini dibuktikan dengan masih cukup banyaknya laporan Masyarakat maupun konsultasi dan informasi tentang pelayanan KTP-el di Disdukcapil Palas, demikian disampaikan ketua saber pungli Palas, ketika betika pengarahan kepada pegawai disdukcapil palas.

Sebagian besar konsultasi yang masuk adalah terkait lamanya proses pencetakan KTP-el setelah dilakukan perekaman. Hal ini karena tidak jelasnya jangka waktu pelayanan pencetakan KTP-el setelah proses perekaman KTP-el dilakukan. Ujarnya.

Banyak masyarakat yang harus bolak-balik ke Kantor Disdukcapil Palas, hanya mendapatkan tanda pengambilan KTP-el yang harus berulangkali diganti tanggal pengambilannya karena ternyata KTP-el nya belum selesai dicetak”, ungkap JW Sijabat.

“Kami heran dengan lambannya upaya perbaikan yang dilakukan oleh Disdukcapil. Evaluasi internal sebaiknya dilakukan secara menyeluruh mulai dari evaluasi kompetensi pelaksana sampai dengan mekanisme/prosedur pelayanan, apakah sudah dilaksanakan atau belum oleh Pelaksana” jelasnya.

Lanjutnya, evaluasi internal tidak hanya cukup dengan melakukan pemecatan kepada oknum yang didapati sudah melakukan kesalahan dalam memberikan pelayanan. 

Namun evaluasi internal juga harus memiliki indikator yang jelas sehingga evaluasi yang dilakukan benar-benar menyelesaikan akar masalah sesungguhnya dari pelayanan KTP-el tersebut.

Terkait keluhan masyarakat terhadap pelayanan KTP-el Disdukcapil Palas sebenarnya bisa diselesaikan jika Disdukcapil Palas memiliki pendataan yang jelas dan terukur terkait proses perekaman, pencetakan dan pendistribusian KTP-el dan Data Kependudukan lainnya di wilayah Palas.

Pendataan tersebut meliputi jumlah masyarakat yang sudah merekam beserta status rekamannya termasuk ketersediaan blanko yang ada dalam jangka waktu tertentu. 

Sehingga akan dapat terukur berapa orang warga yang sudah bisa mendapatkan KTP-el serta kapan bisa diambil ketika disesuaikan dengan ketersediaan blanko.

Penjadwalan dapat dilakukan secara tertib sesuai urutan status KTP-el warga yang sudah berstatus “siap cetak”. Jadwal tersebut terpublikasikan dan terinformasikan kepada warga yang bersangkutan. 

Informasi dapat dikirimkan dengan memanfaatkan sarana sms/nomor pengaduan Disdukcapil. Dengan demikian, warga bisa memperoleh kepastian pelayanan.

“Warga datang ke Disdukcapil dengan tujuan yang jelas, untuk mendapatkan KTP-el yg sudah dicetak. Bukan sekedar untuk mendapatkan tanda pengambilan yang selalu diundur-undur tanggalnya. Selama belum ada pendataan dan penjadwalan," sebut Ketua saber pungli palas.

Selama itu pula warga belum bisa mendapatkan kepastian pelayanan. Kasihan warga yg memiliki tempat tinggal yang jauh. Wargapun memiliki aktivitas, mereka bekerja, mungkin kuliah. 

Berapa banyak waktu yang terbuang untuk mengantri atas sesuatu yang belum pasti, mulai sekarang kita harus benahi kinerja dan terapkan pelayanan prima agar masyarakat Nyaman, tegas Ketua Saber Pungli Palas, Kompol JW. Sijabat, yang juga merupakan  Wakapolres Palas saat ini. (WD41).

Komentar Anda

Berita Terkini