-->

Wabup Buka Pelatihan TKSK, Dinsos Palas

HARIAN9 author photo


PALAS| H9
Kegiatan Pelatihan Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK) Pengendalian Gugus Tugas Sosial di Kecamatan, Rabu (17/03/2021) di Aula Dinsos Kabupaten Padang Lawas, Provinsi Sumatera Utara (Sumut). Secara Resmi dibuka Wakil Bupati Padang Lawas (Palas) drg. H. Ahmad Zarnawi Pasaribu, CHt, MM, M.Si.

Selain Wabup, Hadir didalam kegiatan pembukaan pelatihan TKSK tersebut, Asisten I Panguhum Nasution, Kepala Inspektorat, Inspektur Harjusli Fahri Siregar, SSTP, Kasat Pol PP dan Damkar, Alhamidi Hasibuan, Kasubag Protokoler, Alianda Lubis, MM dan Sekretaris Karang Taruna, Abdul Hakim Hasibuan, serta lainnya.

Sedangkan untuk Narasumber pada kegiatan itu, Kabid Pemberdayaan Sosial Dinsos Pemerintah Provinsi Sumut, Rais Kari AP, MM dan kasi Pemberdayaan sosial Dinsos Sumut, Herman Sarjana Putra Zakir, SH

Pelaksanaan kegiatan tersebut, Sesuai dengan UU 11Tahun 2009 tentang kesejateraan sosial pasal 12 menyebutkan bahwa perberdayaan  sosial dimaksud untuk meningkatkan peran serta pontensi SDM peningkatan, kesejahteraan sosial, kata Wabup Zarnawi.

Berbagai instrumen pelayanan sosial dalam masyarakat. Pemerintah daerah belum cukup mampu mengatasi berbagai permasalahan sosial ditengah masyarakat. Ujar Wabup

Dengan adanya pelatihan ini. Wabup berharap, TKSK yang mengikuti pelatihan ini dapat mengimplementasikan kinerja dengan kerja keras, kerja cerdas dan kerja tuntas dalam mewujudkan langkah nyata ditengah masyarakat, harapnya.

Wabup Zarnawi juga mengatakan, pemerintah perlu membuat kelembagaan sosial masyarakat untuk menjadi mitra kerja pemerintah dan pemangku kepentingan dengan membentuk TKSK.

“Tugas TKSK terkait monitoring ,menghimpun data, memfasilitasi segala bentuk informasi sehingga verifikasi dan validasi data bisa berjalan dengan baik sampai proses finalisasi ,”kata Wabup Zarnawi .

Selain itu, dilanjut Wabup, tugas umum TKSK melakukan pemerataan sosial berupa data penyandang masalah kesejahteraan sosial (PMKS) dan potensi sumber kesejahteraan sosial atau data infornasi lainnya yang diperlukan dalam penyelengaraan kesejahteraan sosial, sebut  Zarnawi.

Sebelumnya Plt Dinas Sosial Kabupaten Padang Lawas, Ahmad Fauzan Nasution, SH.I, M.Pd.I, didampingi Kabid pemberdayaan Sosial, Parlindungan Hasibuan, S.Pd.I, dan Mawardhani Daulay, kabid, Linjamsos, mengatakan, orentasi pelatihan TKSK Kecamatan, tujuan kegiatan ini mewujudkan program pemerintah daerah dalam mewujudkan masyarakat Padanglawas Bercahaya.

Meningkatkan koordinasi dan kompetensi dan kafasitas TKSK sebanyak 17 orang yang baru saja direkrut pada Bulan Ferbuari 2021.

Narasumber Dinsos Kabupaten Palas, Dinsos Provsu dan Kementerian Sosial pelaksanaan akan dilakukan zoom metting.

Kegiatan yang dilaksanakan meliputi registrasi peserta, opening serimoni, materi pelatihan dan closing serimoni.

“Hasil yang dicapai pada kegiatan diharap meningkatakan kinerja TKSK kabupaten Palas secara koordinasi, fasilitasi, adminstrasi dan secara teknis,”harapnya.(WD41)

Komentar Anda

Berita Terkini