-->

Wabup Tutup Pelaksanaan STQH Ke III Tingkat Kabupaten Paluta

HARIAN9 author photo


PALUTA| H9
Wakil Bupati Paluta H Hariro Harahap SE MSi menutup secara resmi penyelenggaraan Seleksi Tilawatil Quran dan Hadist (STQH) ke III tingkat kabupaten Padang Lawas Utara (Paluta) yang digelar di lapangan SDN Batu Gana, Kecamatan Padang Bolak Julu, Selasa (23/03) malam.

Acara penutupan STQH ke III tingkat kabupaten Paluta tersebut turut dihadiri oleh Sekdakab Paluta H Burhan Harahap SH, Kakan Kemenag Drs H Permohonan Siregar, Kodim 0212 TS diwakili Pabung Mayor (ARM) Hasran Harahap, Ketua DPRD Paluta, ketua MUI Paluta H Mukti Ali Siregar, pimpinan OPD Paluta, Kapolsek Padang Bolak, sejumlah pimpinan Ponpes di Paluta, camat se Paluta, Ormas, OKP beserta undangan lainnya.

Pada acara penutupan tersebut, dewan hakim juga mengumumkan para peserta yang meraih juara. Dan pada pengumuman tersebut diketahui bahwa kafilah dari kecamatan Dolok secara kumulatif berhasil meraih gelar terbanyak dan dinyatakan menjadi juara umum pada STQH ke III tingkat kabupaten Paluta.

Dalam sambutan Wakil Bupati Paluta H Hariro Harahap SE MSi mengucapkan apresiasi dan terima kasih kepada semua pihak yang telah memberikan kontribusinya sehingga terlaksananya STQH ke III tingkat kabupaten Paluta yang berjalan dengan baik dan lancar sejak awal hingga selesai.

Katanya, semoga suasana yang kondusif, damai dan religius serta bebas konflik yang terwujud dalam penyelenggaraan STQH ini tetap terpelihara dan dikembangkan dalam menyongsong hari-hari mendatang.

“Kegiatan STQH ini tidak semata-mata untuk berlatih dan membaca Al Qur’an dan Hadist saja, tetapi substansinya adalah bagaimana kita mencintai dan menjaga kesucian AK Qur’an dengan pengamalan nilai-nilai yang terkandung didalamnya,” katanya.

Lanjutnya, STQH tahun ini juga diharapkan menjadi kesempatan terbaik untuk melakukan kaderisasi tunas-tunas baru karena bagaimanapun usia manusia bertambah sehingga harus ada generasi Qori-qoriah, hafiz-Hafidzah Al Qur’an dan Hadist yang handal yang akan menggantikan mereka yang senior dan bagi umat Islam menjadi suatu momen yang tepat untuk melakukan refleksi terhadap tugas spritual dan kemanusiaan yang telah dilakukan termasuk bagaimana meningkatkan pengabdian ditengah keluarga, bangsa dan negara.

Kepada peserta dan pendamping, dengan berakhirnya STQH ini bukan berarti berhenti untuk mempelajari Al Qur’an dan Hadist, namun harus memacu diri dengan meneladani dan mencontoh teman, senior dan para guru yang pernah berprestasi di tingkat propinsi, nasional bahkan internasional dalam hal prestasi yang diraih.

“Selamat kepada kafilah yang meraih peringkat juara, semoga prestasi yang diraih dapat dipertahankan dan semakin memotivasi untuk lebih giat berlatih sehingga mampu menorehkan prestasi dan mengharumkan kabupaten Paluta pada STQH ke-17 tingkat propinsi Sumut yang akan digelar bulan April mendatang,” harapnya.

Untuk kafilah yang belum berhasil meraih prestasi, ia berpesan agar tudak berkecil hati dan kegagalan ini hendaknya menjadi penyemangat untuk lebih giat berlatih sehingga pada STQH yang akan datang dapat meraih prestasi yang membanggakan.

Sebelumnya, dalam laporan panitia pelaksana STQH ke III tingkat kabupaten Paluta yang disampaikan oleh Asisten I Setdakab Paluta Saripuddin Harahap menyampaikan bahwa para peserta yang berhasil meraih juara ini nantinya akan menjadi utusan kabupaten Paluta untuk ikut bertanding pada pelaksanaab STQH tingkat provinsi Sumatera Utara yang dijadwalkan akan digelar di Pematang Siantar yang dijadwalkan pada 17 April mendatang.

“Untuk peserta yang meraih juara diberikan piagam penghargaan, piala dan sejumlah uang pembinaan serta akan kembali dibina dan dilatih dalam menghadapi STQH tingkat Provinsi nantinya,” ujarnya.

Pada kesempatan ini, ia juga mengucapkan terima kasih kepada panitia dan semua pihak yang telah berperan dan mendukung terselenggaranya STQH ke II tingkat kabupaten Paluta dengan baik.

Senada, Camat Padang Bolak Julu Rahmad Hidayat Harahap SSTP dalam sambutannya mengucapkan rasa syukur yang mendalam atas terlaksananya STQH ke III tingkat kabupaten Paluta dengan lancar, aman dan sukses.

Tak lupa ia mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada panitia, masyarakat serta seluruh stakeholder dan pemangku kebijakan atas kinerja dan kerjasamanya sehingga pelaksanaan STQH ke III tingkat kabupaten Paluta terlaksana dengan baik sejak awal hingga selesai.

Pantauan, setelah pengumuman oleh dewan hakim, Wabup Paluta H Hariro Harahap SE MSi beserta para undangan yang hadir menyerahkan piala dan piagam penghargaan serta sejumlah uang pembinaan kepada seluruh peserta yang berhasil meraih juara.(WD009)

Komentar Anda

Berita Terkini