-->

Walikota Buka MTQN Ke-XX Tingkat Kota Padangsidimpuan

HARIAN9 author photo


PADANGSIDIMPUAN| H9
Walikota Padangsidimpuan Irsan Efendi Nasution, SH secara resmi membuka Musabaqoh Tilawatil Qur'an Nasional (MTQN) ke XX tingkat Kota Padangsidimpuan di SMK Negeri 2, Kecamatan Padangsidimpuan Utara, Kota Padangsidimpuan, belum lama ini. 

Pembukaan MTQN yang dilaksanakan dengan menerapkan Protokol Kesehatan (Prokes) Covid-19, ditandai pemukulan bedug oleh Walikota Padangsidimpuan secara bergantian bersama Forkopimda, diiringi kumandang azan Muazzin.
 
Hadir pada acara tersebut, Wakil Walikota Padangsidimpuan Ir. H Arwin Siregar, MM, Sekda Kota Padangsidimpuan Letnan Dalimunthe, SKM, M.Kes, Kapolres Padangsidimpuan AKBP. Juliani Prihartini, SIK, MH, mewakili Dandim 0212/TS, Danyon 123/RW, Kepala Kejaksaan Negeri, Ketua Pengadilan, Kakan Kementerian Agama Kota Padangsidimpuan Drs. Saripuddin Siregar, MM, Ketua MUI, Ketua Tim Penggerak PKK Derliana Irsan dan lainnya, serta jumlah peserta dan undangan yang hadir benar-benar dibatasi, hanya beberapa perwakilan.
 
Dalam sambutannya Walikota Irsan Efendi Nasution mengatakan, Al Qur'an sebagai rujukan sepanjang masa bagi umat Islam yakni dengan meneladani firman Allah SWT yang terkandung di dalamnya, sebagai kunci sukses dunia dan akhirat dan tiada keraguan di dalam firman-firman tersebut.
 
“ MTQN merupakan satu ikhtiar dalam menyebarkan syiar Islam. Semoga MTQN ini terselenggara dengan sukses, dengan harapan pandemi Covid-19 juga segera berlalu, “ harap Irsan.
 
Kakan Kementerian Agama Kota Padangsidimpuan Drs. Saripuddin Siregar, MM menyampaikan, MTQ juga sebagai ajang seleksi atau penilaian bagi para kafilah terbaik. Kemudian akan mewakili kota ini di seleksi Tilawatil Qur'an (STQ) tingkat Provinsi pada April nanti di Kota Pematangsiantar.
 
Sementara Ketua DPRD Kota Padangsidimpuan Siwan Siswanto, SH mengatakan, MTQ memingkatkan pemahaman, penghayatan dan pengamalan Al Qur'an bagi pesertanya maupun masyarakat dan segenap pihak yang berpartisipasi di kegiatan ini.
 
“ Hari ini hari baik dan berkah. Karena di tempat ini kita berkumpul bersama para ulama dan penghafal Qur'an maupin Hadist. Untuk itu, mari kita syukuri dan maknai nikmat ini, “ ajak Siwan.
 
Sebelumnya Ketua Panitia Asisten 1 Setdakota Padangsidimpuan Iswan Nagabe Lubis melaporkan, MTQ ini diikuti 196 orang peserta dari enam kafilah, dengan rincian 33 dari kafilah Kecamatan Padangsidimpuan Utara (tuan rumah), Kafilah Kecamatan Padangsidimpuan Selatan 30 orang, Padangsidimpuan Tenggara 33, Padangsidimpuan Batunadua 34, Padangsidimpuan Hutaimbaru 35 dan Kafilah Kecamatan Padangsidimpuan Angkola Julu 31 orang.
 
“ Pada MTQ ke-XX ini ada tujuh cabang yang dilombakan. Yakni Tilawatil Qur'an, Hifzil, Fahmil, Syarhil, Hadist, Tafsir dan Khattil Qur'an. Adapun Dewan Hakim yang dilibatkan pada MTQ ini sebanyak 53 orang, “ lapor Iswan
 
Sementara Camat Padangsidimpuan Utara H. Zulkifli Lubis, SH sebagai tuan rumah mengatakan, lapangan SMK Negeri 2 tempat pelaksanaan MTQ ini berkapasitas 800 orang. Namun karena di tengah Pandemi Covid-19, jumlah yang hadir dibatasi hanya 300 orang.
 
“ MTQ ke-XX ini mengusung tema 'Mengawal Padangsidimpuan Berkarakter pada masa Pandemi dengan mengamalkan nilai-nilai Al-Qur'an’ dan panitia serta peserta MTQ ke-XX ini telah berkomiten untuk menerapkan Prokes yang ketat mulai dari pembukaan sampai penutupan,” terang Zulkifli. (WD.014)
 
Komentar Anda

Berita Terkini