Bangun Sanitasi di 10 Desa Wisata Danau Toba, Pertamina Diapresiasi Para Menteri

HARIAN9 author photo


 MEDAN| H9
Untuk mendukung Kawasan Danau Toba sebagai Destinasi Pariwasata  Super Prioritas, Pertamina membangun sanitasi di 10 desa wisata. Pembangunan sanitasi dilakukan berstandar internasional untuk menarik minat mancanegara sekaligus memberikan kenyamanan kepada turis yang berkunjung ke Kawasan Danau Toba. 

Pembangunan sanitasi yang dilakukan sebagai bagian Program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL)  Pertamina ini,  tersebar di Kabupaten Humbang Hasundutan (3 Desa Wisata), Kabupaten Toba (4 Desa Wisata)  dan  Kabupaten Tapanuli Utara (3 Desa  Wisata).  Serah Terima Program TJSL Pertamina  ini dilakukan di Danau Toba, Tapanuli Utara, Jumat,(16/4/2021).

Hadir dalam serah terima secara virtual Menko Kemaritiman dan Investas Luhut Binsar Pandjaitan,  Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno,  Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Abdul Halim Iskandar, Wamen I BUMN Pahala N Mansyuri, Komisaris Pertamina Condro Kirono dan Bupati Tapanuli Utara Nikson Nababan, dan memberikan apresiasi kepada Pertamina atas pelaksanaan program TJSL dalam bentuk  pembangunan Sanitasi di Kawasan Danau Toba. 

Pembangunan sanitasi di 10 desa wisata ini dilakukan melalui kolaborasi antara Pertamina dengan Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah dalam rangka penguatan pengembangan destinasi wisata super prioritas. 

Pertamina juga memberikan pendanaan kepada 56 UMKM yang menjadi mitra binaan Pertamina melalui skema program kemitraan di Kawasan Wisata Danau Toba. Selain itu, dalam konteks menyediakan energi di wilayah tersebut, Pertamina juga menghadirkan energi berkualitas dan ramah lingkungan di Desa Wisata Toba melalui pembangunan Pertashop di 9 lokasi. 

Direktur Sumber Daya Manusia Pertamina M. Erry Sugiharto yang juga hadir dalam serah terima bantuan mengatakan sebagai BUMN Energi Nasional, Pertamina tak hanya berperan dalam menjalankan bisnis namun turut berkontribusi pada public service dan sustainability, jelasnya.

Erry menambahkan, keterlibatan Pertamina dalam kolaborasi di Kawasan Wisata Danau Toba merupakan bagian dari mewujudkan tujuan SDGs poin 6  yaitu air bersih dan sanitasi layak kemudian SDGs 7 yakni akses energi bersih dan terjangkau serta SDGs 8 yaitu pekerjaan layak dan Pertumbuhan ekonomi berkelanjutan.

“Pertamina berkomitmen jalankan fungsinya melalui Program TJSL  di seluruh wilayah operasi di seluruh Indonesia. Pertamina juga senantiasa memprioritaskan keseimbangan kelestarian alam lingkungan dan masyarakat untuk mencapai pertumbuhan bisnis yang berkelanjutan sebagai bagian implementasi ESG,” imbuh Erry.(pp-04)

Komentar Anda

Berita Terkini