Bersama Unsur Forkopimda, Bupati Sergai Tinjau Pelaksanaan Ibadah Jumat Agung Umat Kristiani

HARIAN9 author photo

 

SERDANG BEDAGAI | H9

Bupati Serdang Bedagai (Sergai) H. Darma Wijaya bersama unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) melakukan peninjaun pelaksanaan Ibadah Jumat Agung Umat Kristiani di beberapa tempat ibadah, Jumat (2/4/2021).

Adapun rute perjalanan yang dilalui Bupati Sergai bersama unsur Forkopimda adalah dengan terlebih dahulu berkumpul di Kantor Bupati Sergai.

Kemudian di Kecamatan Sei Rampah peninjauan Ibadah Jumat Agung dilakukan di Gereja HKBP Resort Sei Rampah Pangkalan Budiman, selanjutnya bergerak menuju GKPI Pangkalan Budiman, dengan masing- masing gereja menggelar ibadah pukul 10.00 WIB.

Usai peninjauan di Kecamatan Sei Rampah, rombongan menyambangi Gereja HKBP Desa Kotagaluh jalan Melati Kecamatan Perbaungan, dilanjutkan menuju GKPS Kelurahan Simpangtiga Pekan dan jalan Kabupaten Perbaungan.

Sembari melakukan peninjauan Ibadah Jumat Agung, Bupati Sergai H Darma Wijaya dan unsur Forkopimda juga melakukan pemantauan penerapan Protokol Kesehatan (Protkes) dengan membagikan masker dan handsanitizer kepada jemaat/umat Kristiani di Gereja masing-masing serta masyarakat pengguna jalan di sekitar Simpang Pantai Cermin Kel Simpangtiga Pekan Kecamatan Perbaungan

Bupati menyebut, kegiatan hari ini merupakan bentuk kebersamaan dan kepedulian Pemkab Sergai serta unsur Forkopimda dalam menjaga kondusivitas Kabupaten Sergai.

“Kita tentu ingin agar Tanah Bertuah Negeri Beradat tetap terjaga kondusivitasnya. Hal ini bisa diwujudkan salah satunya dengan menjaga kerukunan antar umat bergama, suku, ras dan antargolongan,” ucap Darma Wijaya.

Selain itu, lanjut Darma Wijaya, umat beragama di Sergai juga dijamin haknya untuk menjalankan ibadah, seperti yang terlihat hari ini di mana kita umat Kristiani dapat menunaikan Ibadah Jumat Agung di gereja masing-masing dengan aman dan damai.

“Sejak lama Kabupaten Sergai dikenal sebagai daerah yang menjunjung tinggi toleransi. Sinergitas antar umat benar-benar terjaga di sini. Walaupun akhir-akhir ini kebhinekaan mendapat sedikit tantangan di luar sana, namun Insya Allah masyarakat Kabupaten Sergai sudah dewasa dalam melihat pluralitas yang ada. Bukan sebagai pemecah, keberagaman justru merupakan aset dan kekuatan yang jika dikelola dengan baik bisa menjadi unsur penting pembangunan daerah,” katanya lagi.

Tak lupa, Bupati mengingatkan agar tiap jemaat menjalankan protokol kesehatan dengan disiplin. “Pandemi belum selesai. Namun pelan-pelan adaptasi kebiasaan baru membuat kita sudah mulai bisa beraktivitas, salah satunya menjalankan ibadah, walau dalam prosesnya ada ketentuan dan aturan yang mesti kita taati dalam bentuk protokol kesehatan,” papar Darma Wijaya.

Sementara itu Kapolres Sergai AKBP Robin Simatupang, SH, M.Hum menyatakan kekagumannya terhadap kerukunan umat beragama di Sergai. Hal ini ia sampaikan setelah melihat bagaimana semua komponen masyarakat dan kelompok-kelompok pemuda turut serta melakukan pengamanan di gereja-gereja. 

“Ini hal yang luar biasa. Kebersamaan, kerukunan umat beragama di Sergai dapat berjalan kondusif berkat toleransi masyarakat Sergai. Dan ini sejalan dengan visi Bupati-Wakil Bupati Sergai, terutama pada poin religius dimana kerukunan umat beragama bisa terpelihara,” tutur Kapolres.

Setelah meninjau pelaksanaan ibadah Jumat Agung, Bupati Sergai Darma Wijaya didampingi Kapolres Sergai dan Kajari Sergai Donny Setyawan, SH memberikan masker bagi pengguna jalan di Simpang Tiga Pantai Cermin, Perbaungan, Sergai. 

Kegiatan ini merupakan aksi untuk mengingatkan kembali agar masyarakat tetap menggunakan masker, utamanya dalam aktivitas luar rumah. Kegiatan ini juga merupakan upaya masif yang dilakukan untuk menekan laju dan memutus mata rantai pandemi Covid-19 yang hingga kini belum berakhir di Kabupaten Sergai. 

Seluruh agenda hari ini dihadiri juga oleh pihak-pihak lintas sektor dan bidang di antaranya Ketua FKUB Sergai Drs. H. M. Irfan Elfuadi Lubis, Kakan Kemenag Sergai H. Zulkifli Sitorus, MA, perwakilan MUI Sergai, mewakili Dandim 0204/DS, Jajaran Kepala OPD dan para Camat.(WD023) 


Komentar Anda

Berita Terkini