-->

BST Tahap III Dan IV Sudah Mulai Disalurkan Di Kabupaten Paluta

HARIAN9 author photo


PALUTA|H9
Bantuan Sosial Tunai (BST) bagi warga terdampak Covid-19 yang bersumber dari Kementerian Sosial untuk tahap Maret-April sudah mulai dibagikan di Kabupaten Padang Lawas Utara (Paluta) melalui kantor Pos.

Hal ini disampaikan oleh Kepala Dinas Sosial Kabupaten Paluta, Ongku Bangsawan Harahap melalui Kabid Pemberdayaan Sosial dan Penanganan Fakir Miskin Amrin Musaddat ST, Jumat (16/04).

“Penyalurannya sudah dimulai sejak hari Senin tanggal 12 April kemarin di sejumlah kantor pos,” ujarnya.

Dikatakannya,jumlah penerima BST warga terdampak Covid-19 di Paluta untuk tahap III dan IV atau bulan Maret-April sebanyak 5905 Kepala Keluarga sesuai dengan data dari pihak Kemensos RI.

Lanjutnya, jumlah ini berkurang setelah adanya verifikasi yang dilakukan langsung oleh pihak Kemensos RI serta masih adanya data penerima yang belum ter update yang mengakibatkan adanya masyarakat yang menerima pada tahap sebelumnya dan pada tahap ini tidak lagi atau belum ikut menerima bantuan.

“Jumlah penerima yang sudah terdata saat ini berbeda dengan penerima di tahap II bulan Februari kemarin. Karena ada verifikasi atau update data dan masih ada perbaikan data untuk gelombang selanjutnya sesuai dengan keterangan dari pihak Kemensos RI,” terangnya.

Tambahnya, masyarakat yang menerima BST ini adalah masyarakat yang tidak termasuk dalam Program Keluarga Harapan (PKH) maupun masuk dalam program bantuan pangan.

Dikatakannya, penerima BST ini merupakan masyarakat yang sudah terdaftar dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) yang sudah terverifikasi di Kemensos RI

“Mereka yang terdata menerima bantuan terdampak Covid-19 ini tidak termasuk masyarakat penerima PKH atau bantuan pangan. Datanya bersumber dari DTKS yang sudah diverifikasi oleh pihak Kemensos RI,” katanya.

Adapun tempat penyalurannya yakni Kecamatan Padang Bolak, Padang Bolak Julu, Padang Bolak Tenggara, Portibi, Halongonan Timur dan Halongonan untuk penyalurannya di Kantor Pos Gunungtua dijadwalkan tanggal 12-16 April.

Untuk Kecamatan Dolok dan Dolok Sigompulon penyalurannya di Kantor Pos Sipiongot yang dijadwalkan pada tanggal 12-15 April. Kecamatan Ujung Batu dan Simangambat penyalurannya dikantor Pos Binanga Tanggal 12 April. Kecamatan Batang Onang disalurkan melalui kantor Pos Sosopan tanggal 12April. Sedangkan untuk Kecamatan Hulu Sihapas disalurkan melalui kantor Pos Pargarutan tanggal 14 April.(WD009)

Komentar Anda

Berita Terkini