-->

Calhaj Lansia Kabupaten Paluta Jalani Vaksinasi Covid-19

HARIAN9 author photo


PALUTA| H9
Dinas Kesehatan Kabupaten Padang Lawas Utara (Paluta) mulai melakukan vaksinasi Covid-19 kepada Calon Jamaah Haji (CJH) yang akan berangkat ke tanah suci pada musim haji 2021, Senin (05/04).

Pelaksanaan vaksinasi Covid-19 bagi Calhaj kategori lanjut usia ini dipusatkan di gedung serbaguna kantor Bupati Paluta.

Menurut Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Paluta dr Sri Prihatin Harahap MKes melalui Kabid P2P dr Afrida Henny Simamora, Calhaj yang menjalani vaksinasi Covid-19 ini merupakan Calhaj lanjut usia yakni usia 60 tahun keatas.

Dikatakannya, Vaksinasi Calhaj lanjut usia ini merupakan lanjutan vaksinasi tahap II termin kedua di kabupaten Paluta.

“Sesuai data dari pihak Kemenag, ada 161 Calhaj Lansia yang akan menjalani vaksinasi Covid-19 dosis pertama,” katanya.

Lanjutnya, 161 orang Calhaj lansia tersebut masuk dalam sasaran penerima vaksin tahap II termin kedua di kabupaten Paluta.

Ia menambahkan, bersama Calhaj lansia ini juga dilakukan penyuntikan vaksinasi Covid-19 terhadap pegawai dan staff OPD Kabupaten Paluta serta kalangan tenaga pendidik.

“Pelaksanaan vaksinasi tahap II termin kedua ini kita jadwalkan hingga tanggal 09 April mendatang,” ujarnya.

Afrida juga menyampaikan bahwa sebelumnya pihaknya melakukan penjemputan vaksin Covid-19 ke Dinkes Provsu beberapa waktu lalu sebanyak 180 vial Multi Doos.

Katanya, 180 vial Multi Doos vaksin Covid-19 tersebut ditargetkan untuk 1800 orang penerima dari kalangan Calhaj lansia bersama pegawai pelayan publik.

“Karena satu vial itu isinya sepuluh hingga sebelas dosis, jadi 180 vial Multi Doos vaksin tersebut kita targetkan untuk 1800 orang penerima termasuk kalangan pelayan publik atau tenaga pendidik,” jelasnya.

Ia menyampaikan, hari pertama vaksinasi Covid-19 ini untuk Calhaj lansia ini masih berjalan lancar dan belum ada penerima yang mengalami KIPI atau efek negatif lainnya.(WD009)

Komentar Anda

Berita Terkini