-->

Kabupaten Tapsel Mulai Digagas Menjadi Wilayah Destinasi Wisata Kuliner Berskala Nasional

HARIAN9 author photo


 TAPSEL| H9
Jika dilihat dari berbagai potensi kuliner yang ada saat ini, bukan tak mungkin Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel) bisa diwujudkan menjadi salah satu destinasi wisata kuliner berskala nasional.

Hal itu disampaikan Bupati Tapanuli Selatan (Tapsel), H Dolly Putra Parlindungan Pasaribu, SPt, MM, disela Rapat Koordinasi (Rakor) pengembangan klaster UMKM bersama Kemenko Perekonomian RI dan Deputi Bidang Koordinasi Ekonomi Digital, Ketenagakerjaan, dan UMKM, di ruang rapat Sekretaris Daerah, Kantor Bupati Tapsel di Sipirok, Jum'at (23/4/2021).

Rakor dihadiri Sekdakab Tapsel Parulian Nasution, Kadis Pertanian Bismark Maratua, Kadis Pariwisata Abdul Saftar, Kadis Ketahan Pangan Efrida Yanti Pakpahan, Kadis Perdagangan dan Koperasi UKM Ahmad Raja Nasution, Kadis Ketenagakerjaan Arman Pasaribu, Kadis Perindustrian Zulfahmi, dan rombongan dari Kemenko Perekonomian RI.

Dolly menyebutkan, selain menjadi kawasan destinasi kuliner, Kabupaten Tapsel kedepannya juga berpeluang menjadi kawasan wisata olah raga, wisata alam dan petualangan yang dapat menyajikan ciri khas daerah Tapsel, dengan menjadikan kawasan yang ramah, bersih dan memanjakan wisatawan dengan memberikan fasilitas-fasilitas seperti hotel, restoran, dan lainnya dengan standar yang berlaku dalam dunia pariwisata. 

Untuk itu katanya, masyarakat perlu terus didorong agar semakin membuka diri, berjiwa melayani dan ramah kepada parawisatawan sesuai adat ketimuran, karena dengan budaya masyarakat yang bersumber dari kearifan lokal Dalihan Natolu. Tapsel akan semakin dirindukan masyarakat yang pernah berkunjung dan bagi yang belum pernah berkunjung akan merasakan keinginannya untuk berkunjung.

" Tapsel saat ini, merupakan tempat destinasi wisata yang patut di pertimbangkan, yang salah satunya destinasi kuliner dan saya ingin mewujudkannya. Kesan yang baik ini perlu terus ditumbuhkan agar setiap wisatawan yang mengunjungi Tapsel, akan mendapat pengalaman yang luar biasa dan bisa jadi akan menjadi corong terhadap keramahtamahan khas Tapsel, " ucapnya 

Menurutnya  bila dihubungkan dengan proyek nasional yang dicanangkan di Sumatera Utara yaitu Kaldera Toba, Tapsel bisa menjadi penyangga untuk transit para wisatawan lokal maupun mancanegara sehingga Tapsel sangat berpeluang untuk menembus pasar nasional. Maka dari itu untuk mendorong cita-cita tersebut, ia juga berharap kepada pemerintah atasan agar kiranya produk UMKM yang ada di Tapsel bisa masuk dalam katalog produk nasional.

"Jika masuk katalog produk nasional, dan juga ada program dari pusat yang bisa dipenuhi Kabupaten Tapsel, maka kami (Pemkab Tapsel) siap untuk mewujudkan destinasi wisata kuliner berskala nasional, " tegasnya.

Sementara, Kabid Pembiayaan dan Restrukturisasi Usaha pada Kemenko Perekonomian RI Dr Danang SWR, ST, MT menjelaskan, kegiatan ini dilaksanakan sesuai arahan Wakil Presiden RI pada rapat tindak lanjut pembahasan percepatan industri wisata, ekonomi kreatif, dan sentra-sentra Usaha Mikro dan Kecil (UMK). 

Kegiatan itu juga kata Danang, dalam rangka untuk mendorong percepatan kemajuan UMKM di wilayah destinasi pariwisata super prioritas, termasuk Toba di dalamnya dan ia mengatakan, seusai melaksanakan kunjungan di Kabupaten Tapsel, pihaknya akan kembali menggelar rapat koordinasi dengan menghadirkan lembaga Kementerian terkait untuk mengakomodir berbagai arahan atau saran yang diajukan saat mereka melaksanakan kunjungan.

" Kemenko Bidang Perekonomian dan Kemenko Bidang Kemaritiman dan Investasi sudah sepakat agar di perlukan kontribusi bersama dalam memajukan UMKM. Konsep pembinaan dan pengembangan UMKM, menurutnya dapat dilakukan melalui pendekatan klaster dengan mensinergikan program/kegiatan secara bersamaan dan berkesinambungan, " ujar Danang. (WD.014)
Komentar Anda

Berita Terkini