-->

Kutip Rp10jt Pembuatan RAB & SPJ Dana Desa, Camat di Kabupaten Madina Buka Suara

HARIAN9 author photo


MADINA| H9
Beredar sepucuk surat pernyataan yang berisi pihak camat di kabupaten Mandailing Natal (Madina) Sumatera Utara kutip uang sebesar Rp10.000.000 (Rp10Jt) untuk pembuatan surat pertanggung jawaban (SPJ) pembelanjaan anggaran dana desa.

Begini isi surat pernyataan kepala desa sikapas, "bahwa benar saya membuat pernyataan tentang pembuatan rencana anggaran belanjaan desa (RABdes) dan surat pertanggung jaban (SPJ)  untuk anggaran tahun 2019 dengan membayar uang sebanyak  Rp10jt kepada pihak camat bathan. Demikian surat pernyataan ini saya perbuat dengan akal sehat jasmani dan rohani tampa ada unsur paksaan dari pihak manapun.

Tulisnya dalam surat itu yang ditanda tangani di batahan pada tanggal 25,09,2020 yang lalu dengan matera 6000. Dan di tanda tangani dua orang saksi lainnya.

Terpisah, Dedi Saputra Hasibuan ketua DPD LSM Tri Sakt Madina menanggapi kejanggalan dalam isi surat tersebut jika itu benar pihaknya akan membawa permasalan ini kepenegak hukum.

"Menurut pernyataan ini benar ada dugaan pungli yang berjama'ah dipenggunaan dana desa dikecamatan batahan madina, permaalahan ini akan kita bawa kemeja penegak hukum." kata Dedi Saputra Hasibuan kepada media harian9.com, Minggu (11/04/2021).

Seterusnya ditempat yang berbeda, saat dikonfirmasi Camat tersebut membantah adanya pungli dikecamatan yang ia pimpin bahkan ia tidak tahu kenapa surat pernyataan itu beredar kembali. Bahkan saat ditanya apa dasar hukumnya untuk membuat suatu pungutan yang tertera dalam surat itu dirinya mengaku tidak tahu.

"Tidak ada pungutan baik perintah secara resmi atau kebijakan, tidak tahu, tapi itu tidak beredar tapi diedarkan kembali." katanya. (Sy9)


Komentar Anda

Berita Terkini